Upacara Puncak Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-70

Yogyakarta, akuratnews.com - Upacara peringatan Hari Bakti TNI AU ke-70, yang dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahyanto sebagai inspektur upacara berlangsung khidmat di Lapangan Dirgantara Akademi angkatan Udara (AAU), Yogyakarta. Sabtu (29/7)

Upacara ini dihadirii oleh Sesepuh dan senior TNI Angkatan Udara, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, Kapolda DIY Brigjend Pol Ahmad Dofiri, Komandan Korem 072/PMK Yogyakarta, Brigjen TNI Fajar Setyawan.

Kasau mengungkapkan, bahwa setiap tahun kita peringati Hari Bakti TNI AU, dan selalu disampaikankan lintasan sejarah pada 29 Juli 1947. Ada dua peristiwa penting, yaitu tentang tentang jiwa patriotisme dengan menorehkan tinta emas perjuangan Angkatan Udara kepada bangsa dan Negara Indonesia melalui keberhasilan dari serangan udara pertama.

"Peristiwa kedua, duka kita mendalam karna gugurnya putera terbaik bangsa dalam misi kemanusiaan. Dari peristiwa tersebut banyak nilai-nilai kepahlawanan yang tidak lekang oleh waktu," katanya

Menurutnya, semangat pengabdian yang tulus, rela berkorban untuk negara dan bangsa dan tidak pernah menyerah ditunjukan oleh para pelopor dan perintis TNI AU.

"Semangat tersebut menjadikan bukti nyata dari jiwa Patriot, Militan dan Loyal kepada ibu pertiwi," katanya.

Diakhir upacara Hari Bakti TNI AU ke-70, penghormatan terakhir juga ditunjukan para prajurit TNI AU kepada mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna dengan melakukan Defile Pasukan.

"Hari Bakti TNI AU ke-70, kita melepas sebanyak 36 perwira TNI AU Purnabakti, acara ini khusus. Karna yang Purnabakti itu ada mantan Kasau, kalau tidak ada mantan Kasau tidak pakai Defile-nya, hanya upacara biasa," jelas Hadi.

Setelah upacara selesai, Kasau melepas sebanyak 34 Perwira Tinggi TNI Angkatan Udara penerima penghargaan Lencana Swabhuwana Paksa dan Pisau Bhuwana Paksa sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi Wisuda Purnawira Pati TNI AU tahun 2017 di gedung Sabang Merauke Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta.

"Kami melepas dengan senang, karna apa yang sudah beliau-beliau sampaikan kepada generasi penerus akan kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, itulah pesan yang ingin saya sampaikan ketika melaksanakan Defile," ungkapnya

Dari Bumi Maguwo yang bersejarah ini, kata Hadi, para senior lahir dan mengawali karier sebagai perwira TNI Angkatan Udara, serta dari Bumi Maguwo ini pula para senior mengakhiri tugas dengan sempurna.

"Kami melepas para senior dengan bangga dan lapang dada. Ini merupakan suatu wujud penghormatan yang tulus karena para senior telah meletakkan fondasi yang berharga dalam pertumbuhan dan kemajuan TNI Angkatan Udara kedepan," ujar Kasau.

Ke-34 wisudawan tersebut diantaranya Mantan Kasau Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, mantan Kabasarnas Marsdya TNI (Purn) FHB. Sulistyo, serta Pati Bintang dua dan Bintang satu serta seorang Wara Marsma TNI (Purn) Eni Eko Kusdiastuti.

Hadir Pada acara tersebut para mantan Kasau diantaranya Masekal TNI (Purn) Rilo Pambudi, Masekal TNI (Purn) Hanafie Asnan, Marsekal TNI (Purn) Joko Suyanto, Masekal TNI (Purn) Herman Prayitno, Marsekal TNI (Purn) Imam Sufaat, dan Marsekal TNI (Purn) IB. Putu Dunia, serta para sesepuh TNI AU Lainnya. (Yandi)

Penulis:

Baca Juga