Nasib Tenaga Kerja Harian Lepas

Upah Telat Dibayar, Utang TKHL Numpuk! Siapa Tanggung Jawab?

Tenaga Kerja Harian Lepas (TKHL) Dinas LHK. (Foto ilustrasi).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Telatnya pembayaran gaji tenaga kerja harian lepas (TKHL) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo masih menjadi persoalan krusial. Pembayaran gaji yang semestinya bisa diterima awal bulan, kerapkali mengalami keterlambatan hingga pertengahan bulan.

Sejumlah pejabat yang dikonfirmasi untuk dapat membantu nasib TKHL ini, terkesan kurang serius menanggapinya.

"April 2019, saya baru terima upah tanggal 19. Lalu, Mei ini, saya masih belum juga terima bayaran, apa mau diserahkan seperti halnya bulan April lalu?" kata seorang TKHL di lingkungan DLHK Sidoarjo yang minta namanya dirahasiakan (Nama ada pada redaksi) pada Akuratnews.com, Sabtu kemarin (11/5/2019).

Akibat upah bulanan tak kunjung diberikan, terpaksa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dia mencari pinjaman. "Awalnya, ngutang lancar, lama-kelamaan utang numpuk, lalu ditagih, tak bisa melunasi, ya apa mau dikata?" keluhnya.

Ditambahkan, bulan April 2019 lalu, upah bulanan diberikan sekitar tanggal 19 April. Dan Mei ini, hingga kini, gaji yang diharapkan itu juga belum diterimanya. "Entah, kapan cairnya, karena tak ada kabar yang jelas," Ujar pria yang sudah jadi TKHL puluhan tahun ini tersenyum kecut.

Kebutuhan sehari-hari menjadi batu sandungan yang meskipun bisa diatasi namun cukup mengharu-biru bagi nasib tenaga kerja harian lepas. Lantas siapakah yang harus bertanggung jawab mengatasi persoalan ini?

Akuratnews mencoba mengkonfirmasi sejumlah pihak yang terkait langsung dengan persoalan upah TKHL di Dinas LHK ini. Namun amat disayangkan, ketika Kepala Dinas LHK Sidoarjo, Sigit Setyawan dikonfirmasi via pesan whatsaap (WA) mengenai persoalan telatnya upah bulanan TKHL itu, ia masih belum menanggapi.  Demikian halnya dengan Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini.

Untuk diketahui, Akuratnews menghubungi Sekda Achmad Zaini, karena adanya permintaan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin agar persoalan ini bisa langsung ditanyakan ke Sekda Pak Zaini. "Bisa konfirmasi ke Sekda Pak Zaini masalah tersebut," pinta Cak Nur, sapaan akrab Wabup ini. Namun sejauh ini belum ada tanggapan.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga