Upaya Mengurangi Angka Pengangguran, Pemkab Sidoarjo Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Wabup Sidoarjo/pelaksana tugas dan wewenang Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin (membelakangi kamera) saat memberikan sambutan di depan para undangan dan ratusan peserta pelatihan kewirausahaan yang dibuka di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo.
Wabup Sidoarjo/pelaksana tugas dan wewenang Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin (membelakangi kamera) saat memberikan sambutan di depan para undangan dan ratusan peserta pelatihan kewirausahaan yang dibuka di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Ketidakseimbangan antara pencari kerja dan ketersediaan lapangan kerja, berakibat terjadinya pengangguran dan kemiskinan yang berdampak terhadap pembangunan sosial ekonomi, sehingga kehidupan masyarakat pun kian tak menentu.

Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Sidoarjo/pelaksana tugas dan wewenang Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin dalam sambutannya, saat membuka pelatihan kewirausahaan bertema "Peningkatan Potensi Pemuda Bidang Kewirausahaan - Mencetak Entrepeneur Muda dan Berbakat di Sidoarjo," digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, bertempat di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo Senin (17/2/2020).

"Nah, sebagai salah satu upaya menanggulangi pengangguran itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memberikan pelatihan ketrampilan untuk mengembangkan kewirausahaan masyarakat. Dengan menggalakkan semangat kewirausahaan masyarakat, setidaknya bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Makanya, saya berpesan kepada para peserta, agar serius dan sungguh-sungguh mengikuti semua tahapan dan proses dalam pelatihan, karena ini dasar Saudara menjadi wirausaha," tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Disporapar Sidoarjo, H. Djoko Supriyadi menjelaskan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, diadakan selama dua hari, Senin dan Selasa (17-18/2/2020), diikuti seratus pemuda terpilih dari berbagai organisasi kepemudaan di Sidoarjo dan menempati Gedung Indoor Tennis GOR, Sidoarjo.

"Materi pelatihan, yakni mengolah makanan berbentuk roti, mengingat sentra kuliner yang digandrungi masyarakat, seperti warung kopi atau kafe yang banyak bermunculan di setiap sudut Sidoarjo, selain menyediakan minuman, juga makanan berupa jajanan. Melihat potensi dan peluang tersebut, kemudian Disporapar Sidoarjo menggelar pelatihan membuat makanan yang layak dipasarkan kepada masyarakat," terangnya.

Dalam pelatihan itu, Disporapar Sidoarjo mengundang sejumlah narasumber, yaitu Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, H. Gunawan, Asosiasi Jasa Boga Jawa Timur dan Karya Indah Baking dan Workshop.

Baca Juga