Upss… Kudeta Myanmar Terekam Instruktur Senam

Naypidaw, Akuratnews.com - Kudeta militer yang terjadi di Myanmar secara tak sengaja terekam seorang wanita Myanmar. Video tersebut menunjukan kesibukan militer negara itu saat melancarkan kudeta.

Wanita bernama Khing Hnin Wai ini adalah instruktur pendidikan olahraga yang tinggal di Pyinmana, Myanmar. Ia kerap merekam aktivitasnya berolahraga, termasuk pada Senin (1/2) pagi ketika kendaraan militer mulai berlomba-lomba menuju Parlemen untuk melakukan kudeta.

Video selama tiga menit itu kemudian viral di media sosial. Gerakan Khing Hnin Wai yang memompa kardio bersanding dengan militer Myanmar yang dengan cepat datang untuk merebut kendali dari pemerintahan sipil di negara itu.

Namun, Khing Hnin Wai tetap asyik berolahraga saat kendaraan militer melaju menuju jalan parlemen Myanmar yang diblokade di belakangnya.

Reaksi mulai berdatangan dari seluruh media sosial ketika dunia menyaksikan aksi Khing Hnin Wai berolahraga dengan latar belakang krisis demokrasi di Myanmar. Video ini mendapatkan lebih dari 40.000 suara positif di Reddit.

Pengguna Reddit General_Valentine menerjemahkan postingan Khing Hnin Wai di Facebooknya yang ia tulis terkait insiden tersebut. Postingan itu memiliki lebih dari 1.000 komentar dan hampir 9.000 dibagikan.

"Nah, musik/lagu dan latarnya pasti saling melengkapi. Sebelum saya tahu tentang berita ini di pagi hari, saya melakukan hal yang biasa saya lakukan dan merekam video untuk sebuah kompetisi. Saya kira video ini sekarang adalah kenang-kenangan kecil saya! Saat saya menari, helikopter melaju kencang, mobil melaju ke vroom-vroom. Dengan semua senjata, saya pikir seseorang sedang membidik saya dari kejauhan. Kepala polisi hanya tersenyum dan melihat saya, bahkan bertanya kepada saya jika saya akan pulang dan mengucapkan selamat tinggal. Harap jangan mengcopy dan paste video saya!" seperti dilansir dari Newsweek, Selasa (2/2).

Beberapa reaksi dari netizen mempertanyakan keaslian video tersebut, namun Khing Hnin Wai memiliki sejumlah video latihan lain yang diposting di laman Facebook-nya yang diambil di lokasi yang sama, menindaklanjuti postingan yang dia terbitkan pada hari Senin.

Khing Hnin Wai mengatakan, di postingan kedua bahwa video itu untuk kompetisi, dan dia tidak melanjutkan tariannya sebagai 'lelucon' atau dalam upaya untuk menjadi 'selebriti'. Dia menambahkan, awalnya tidak berpikir video itu akan menjadi viral.

Latihan normal yang dilakukan Khing Hnin Wai kontras dengan gangguan yang disebabkan kudeta di negara tersebut. Sinyal televisi terputus secara nasional, dan telepon serta akses internet hilang di Ibu Kota negara Asia Tenggara itu, Naypyidaw, seperti dilaporkan Associated Press. Naypyidaw sendiri berjarak sekitar 10 mil dari Pyinmana, atau sekitar 20 menit berkendara.

Newsweek telah menghubungi Khing Hnin Wai untuk memberikan komentar tetapi tidak mendapat kabar tepat waktu untuk publikasi.

Kudeta militer di Myanmar adalah krisis internasional pertama Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengeluarkan pernyataan bahwa AS menentang militer yang menghalangi transisi demokrasi Myanmar. Namun, menurut Associated Press, militer Myanmar mengklaim tindakannya legal.

Militer Myanmar, yang juga dikenal sebagai Tatmadaw, telah mempermasalahkan hasil pemilu pada bulan November lalu. Mereka mengklaim ada kecurangan dalam pemilu. Namun tidak ada bukti dugaan kecurangan yang diajukan.

Komisi pemilihan Myanmar pada hari Kamis menolak tuduhan militer terkait kecurangan pemilu, dengan mengatakan tidak ada kesalahan yang cukup besar untuk mempengaruhi kredibilitas pemungutan suara.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga