Usia Matang Budi Luhur Tegaskan Hadirkan Inovator Berbudiluhur

Jakarta, Akuratnews.com - Bukan sekedar membawa negeri ini menciptakan para lulusan dan inovator dari seluruh negeri, jiwa kebudiluhuran pun turut beriringan erat demi menjaga Marwah demi manfaat sebuah inovasi yang dihasilkan. Bukan sekedar pintar, tetapi jiwa-jiwa yang penuh kepedulian wajib dimiliki oleh seluruh lulusan Universitas Budi Luhur (UBL) beserta seluruh program belajar mengajar di bawah yayasan Budi Luhur Cakti, agar dapat dibawa kemanapun mereka berkarya setelah dilepas dengan predikat kelulusan.

Tepatnya 1 April 2019, UBL memasuki usia 40 tahun, usia yang jika diintegrasikan menjadi usia yang cukup dewasa cenderung matang, beragam prestasi membanggakan telah diraih UBL hingga ke dunia internasional, yang tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh warga Budi luhur hingga ke tingkat bawah.

Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro, kepada redaksi akuratnews.com, memaparkan bagiamana di usia ke 40, Budi Luhur tetap berada dalam jalur hadir untuk kesejahteraan umat. Sesuai dengan tema di usia tersebut "Berbakti untuk bangsa dan negara dan Tuhan Yang Maha Esa" UBL menegaskan akan terus hadir menghadirkan para inovator yang memiliki jiwa berbudi luhur.

"Tema yang terpampang bukan suatu hal yang sulit untuk diterapkan di UBL. Semua itu merupakan hal yang telah diterapkan dalam keseharian kita (UBL) selama 39 tahun. Selama perjalanan itu, di dalam diri, Tuhan sudah menjiwai dalam perjalanan kami termasuk poin-poin dalam akademik kami ingin mencapai juga," paparnya di Direktur Coffe UBL, Jakarta (29/3).

Pria yang akrab dipanggil Aang, ini menjelaskan ada visi yang ditambahkan dalam visi UBL yakni, Cerdas berbudi luhur untuk kesejahteraan umat. Bagi UBL kuncinya jangan berpuas diri sampai berapapun banyak yang perlu dicapai.

"Setidaknya berbagi untuk bangsa dan negara kami lakukan semaksimal mungkin. Penekanan  kita jelas, berbudi luhur, cerdas. Kalau tidak bermanfaat bagi orang lain menjadi tidak berguna. Jadi akan dibawa misi dan dicantumkan (tagline). Kalau dulu sekedar penjelasan tetapi sekarang sudah menempel kepada kami, jadi memang harus menempel," tambahnya.

Inovasi dan KKN Hantar UBL ke Tingkat Lebih Tinggi 

Seperti diketahui Kemenristekdikti telah mempercayakan UBL menjadi koordinator beberapa program pengabdian masyarakat. Diantaranya mengkoordinir lebih 100 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam program Citarum Harum, Koordinator PTS wilayah LL Dikti III program Pemulihan Bencana Palu dan Anyer.

Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto, menyampaikan selain tugas yang dipercayakan oleh Kemenristekdikti,  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mempercayakan bersama 1 PTS dan 2 PTN lain menjadi konseptor Eco Campus.

"Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi berbasis IT, Universitas Budi Luhur juga melakukan pengembangan riset dan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," imbuh Rektor.

Berbicara mengenai target ke depan, Aang, mengatakan UBL harus menguasai e learning dalam Program Pendidikan Jarak Jauh (PPJJ), bahkan dirasa ini akan menjadi kebutuhan bangsa Indonesia, ke depannya.

"Target kami ke depan, Budi luhur harus menguasai e learning. Dalam jangka waktu 10 tahun kita harus menguasai bahkan untuk Indonesia. Kita bukan bicara mimpi akan terlaksana jika memang kita ingin maju. Selain itu Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan menjadi jantungnya kami. Kami akan memperkuat di program pengabdian masyarakat. Itu target Budi luhur," tegasnya.

Penulis:
Editor: irawan

Baca Juga