Usulan Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, Megawati : Kemana Bahasa Kita?

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, menyinggung perihal isu yang menyarankan diadakannya debat bakal calon Presiden dalam bahasa Inggris.

Menurutnya, kita harus membudayakan bangsa sendiri, entah itu bahasa ataupun budaya Indonesia. "Saya pikir, kemana lah bahasa kita? Apa kalau bisa bahasa Inggris itu istimewa? tidaklah," tegas Mega saat menghadiri acara peragaan busana atribut kampanye PDIP di Kantor DPP PDIP, Jl. Jenderal Diponegoro, Menteng, Kamis (20/9/2018).

"Mengapa kita malu untuk menjadi diri kita sendiri, mengapa kita mau menjadi 'imitasi' orang lain?" tambahnya.

Megawati mencontohkan, penyanyi internasional sekelas Anggun C. Sasmi saja tetap terlihat menggunakan bahasa Jawa. "Seperti Anggun itu, dia punya debut internasional. Tinggal di Prancis, bisa bahasa Prancis, tapi dia tetap tak meninggalkan Jawa-nya," ujarnya yang disambut tepuk tangan kader PDIP.

Selain itu, melihat fenomena anak muda saat ini, Megawati mengungkapkan kekhawatirannya. Kata dia, banyak anak muda Indonesia yang terlalu menyukai dan mencontoh budaya asing, sehingga terlihat kurang menghargai budaya Indonesia yang beraneka ragam.

"Anak muda saya bilang, kamu boleh menyukai Michael Jackson, kamu boleh menyukai hiphop, break dance atau apalah, tapi yok belajar nari dong. Indonesia." tukasnya.

"Saya hanya khawatir. Sekarang ini orang asing belajar gamelan, menari tarian Indonesia. Orang Indonesia belajar yang tadi saya sebutkan, tapi tidak belajar kesenian kita, budaya kita. Jadi mungkin yang disini kebawa kesana dan yang disana kebawa kesini. Jadi kita mau jadi apa ya, saya sendiri tidak tau," sambungnya. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga