Kampanye #KenapaHarusVaksin

Vaksin Gratis Bukan Berarti Tak Berkualitas

Jakarta, Akuratnews.com - Walau angka cakupan imunisasi di DKI Jakarta sudah melampaui angka cakupan nasional, yakni 96 persen, namun Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta merasa perlu terus melakukan promosi pentingnya pemberian vaksin di segala usia.

Salah satu caranya melalui kampanye #KenapaHarusVaksin pada Pekan Imunisasi Dunia 2019 di Tingkat Provinsi DKI Jakarta yang digelar Sanofi Pasteur bekerjasama dengan WHO, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Ronald McDonald House Charities (RMHC).

“Dapat dipastikan, masyarakat yang sudah mendapat imunisasi akan memiliki kekebalan, sehingga tidak mudah terkena penyakit. Dengan adanya acara ini, selain jadi ajang promosi, juga menjadi ajang evaluasi kekurangan-kekurangan yang perlu kita lakukan ke depannya,” ujar Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov DKI Jakarta, Catur Laswanto di sela-sela peluncuran kampanye #KenapaHarusVaksin di area CFD, Sudirman, Minggu (28/4).

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti menjelaskan, pihaknya coba menepis anggapan sebagian warga yang karena gratis, lalu menganggap vaksin ini tidak berkualitas.

"Inilah yang jadi kendala, sehingga terus-menerus kami sosialisasikan. Kami selalu menjaga kualitas vaksin mulai dari tahap produksi hingga terkirim ke masyarakat agar tetap berkualitas,” ujar Widyastuti.

Pihaknya juga memastikan bahwa imunisasi di semua layanan kesehatan yang ada, diberikan secara gratis. Mulai dari Posyandu, Puskesmas hingga rumah sakit terdekat.

Seperti diketahui, pemberian vaksinasi mulai dari anak-anak hingga dewasa merupakan upaya pencegahan yang terbukti efektif dari sisi biaya dan bermanfaat untuk pemberian perlindungan komunitas.

Vaksinasi juga dibutuhkan orang dewasa hingga lanjut usia  sesuai rekomendasi WHO, Kemenkes dan Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga