Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Sinjai, Begini Penjelasan Kadinkes

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, Mars. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun telah dimulai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sejak Desember 2021 lalu.

Penyuntikan dengan vaksin sinovac tersebut menargetkan 26,5 juta anak, yang tersebar hingga di daerah.

Di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan sendiri, vaksinasi bagi anak usia tersebut belum dilaksanakan, sebab cakupan vaksinasi bagi lansia belum mencapai 60 persen.

"Iya vaksin anak usia 6-11 tahun belum kita laksanakan. Nanti setelah vaksinasi bagi lansia mencapai 60 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr Emmy Kartahara Malik, Kamis (6/1/2022).

Ia menjelaskan bahwa capaian 60 persen vaksinasi bagi lansia adalah salah satu syarat pelaksanaan vaksin bagi anak-anak.

"Kita di Sinjai, cakupan vaksinasi bagi lansia masih dikisaran 42 persen," ungkapnya.

Sedangkan khusus di Sulawesi Selatan, kata Emmy, baru sekitar lima kabupaten yang saat ini telah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi bagi anak-anak.

"Percepatan vaksinasi dosis pertama maupun kedua yang sebelumnya kita gelar bagi masyarakat umum, juga masih terus berjalan. Perintah Presiden kita harus memenuhi target 100 persen untuk dosis 1, sementara untuk saat ini baru 69.9 persen,” ujarnya.

Disinggung soal vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum, sejauh ini kata dia, baru petugas kesehatan yang telah mendapat dosis vaksinnya. Pasalnya, belum ada instruksi untuk pelaksanaan secara umum.

“Vaksin ketiga ini tentunya akan kita lakukan jika sudah diperintahkan,” tutupnya. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga