Laga Uji Coba Timnas U-19

Versus Bulgaria U-19 Jadi Laga Perdana Jack Brown?

Zagreb, Akuratnews.com - Besok, Timnas Indonesia U-19 akan berlaga uji coba perdana di Kroasia versus Bulgaria U-19 di stadion Sveti Martin na Muri, Kroasia.

Laga ini merupakan lanjutan agenda pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 yang berbarengan dengan mini turnamen bersama Bulgaria U-19, Arab Saudi U-19 dan Kroasia U-19.

Lalu akan ada Timnas U-19 Qatar, Bosnia-Herzegovina, dan Dinamo Zagreb yang akan menjadi lawan tim Garuda Muda selepas mini turnamen tersebut.

Dari daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong saat ini, mayoritas berisi pemain lama yang menjadi andalan timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini.

Perubahan terjadi di posisi penjaga gawang. Dua penjaga gawang andalan Fakhri Husaini, Ernando Ari Sutaryadi dan Muhammad Risky Sudirman, tak ikut serta ke Kroasia.

Sebagai gantinya, pelatih Shin Tae-yong memanggil Muhammad Adi Satryo, Erlangga Setyo, dan Yofandani Damai Putra.

Adi Satryo kemungkinan akan menjadi pilihan utama, meski peluang Erlangga Setyo juga cukup terbuka.

Adapun di lini bertahan, Shin Tae-yong kemungkinan bakal memakai empat bek jika meninjau daftar pemain yang dibawa.

Di pos bek kanan, Bagas Kaffa berpeluang besar mempertahankan posisinya di timnas Indonesia U-19.

Satu tempat di posisi bek tengah sejatinya bakal diisi oleh Elkan Baggott, namun sang pemain belum juga bergabung dengan timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Walhasil, pilihan Shin Tae-yong kemungkinan bakal jatuh kepada Rizky Ridho dan Komang Teguh Trisnanda.

Di posisi bek kiri, Yudha Febrian yang menjadi andalan Fakhri Husaini mendapatkan penantang dalam diri Pratama Arhan.

Arhan memang sering dipanggil Shin Tae-yong, dan bahkan sempat mengikuti TC Timnas Indonesia senior. Oleh karenanya, pemain PSIS Semarang itu berpeluang menjadi starter saat melawan Bulgaria U-19.

Di lini tengah terjadi persaingan yang lebih ketat. Belum diketahui apakah Shin Tae-yong bakal memainkan tiga atau empat gelandang.

Nama-nama gelandang langganan timnas Indonesia U-19 seperti Brylian Aldama, David Maulana, dan Beckham Putra Nugraha berpeluang menjadi pilihan utama. Ada pula Andre Oktaviansyah dan Braif Fatari yang bisa menjadi tim kedua.

Di sektor penyerang, dari komposisi pemain timnas Indonesia U-19 saat ini, kemungkinan akan memakai penyerang sayap dalam skema tiga striker.

Debutan anyar, Jack Brown akan bertarung dengan Mochamad Supriadi dan Khairul Imam Zakiri memperebutkan posisi sayap kiri. Kalau diturunkan di laga ini, penampilan Jack Brown bakal menjadi laga perdananya di Timnas U-19.

Sedangkan Witan Sulaeman, Andi Irfan, Sandi Arta, dan Irfan Jauhari bersaing untuk mengisi tempat di sayap kanan.

Hal berbeda terjadi di sektor penyerang tengah, timnas Indonesia U-19 hanya punya pemain nomor 9 murni setelah mencoret dua pemain, Serdy Ephyfano dan Ahmad Afhridzal.

Hanya Saddam Emiruddin Gaffar dan penyerang debutan, Mohammad Bahril, yang diprediksi bakal memperebutkan posisi tersebut.

Rencananya, laga ini akan disiarkan NET dan Mola TV, Sabtu (5/8) pukul 21.30 WIB.

Berikut prediksi line up Timnas U-19 menghadapi Timnas U-19 Bulgaria yang baru saja menelan kekekalahan dari Timnas U-19 Kroasia di laga perdana:

(4-3-3): Muhammad Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Mochamad Supriadi, Witan Sulaeman, Saddam Gaffar.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga