Versus Tim Piala Dunia U-20, Garuda Muda Wajib Bangkit

Hanoi, Akuratnews.com - Malam ini, Timnas Indonesia U-23 akan melawan tuan rumah Vietnam di laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi.

Skuad asuhan Indra Sjafrie ini wajib bangkit pada laga kedua setelah kalah telak 0-4 dari Thailand di laga perdana. Pasalnya, Garuda Muda kini terpuruk di peringkat ketiga Grup K.

Puncak klasemen dikuasai Vietnam yang pada laga sebelumnya berhasil melumat Brunei Darussalam dengan skor 6-0. Vietnam unggul produktivitas gol atas Thailand yang sama-sama mengemas tiga poin.

Situasi ini membuat Indonesia wajib menang atas Vietnam jika ingin menjaga asa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 tahun depan. Hasil seri atau bahkan kalah bakal jadi tiket pulang ke Jakarta.

Skuad Timnas U-23 Vietnam yang dilatih Park Hang-Seo ini jebolan turnamen prestisius Piala Dunia U-20 tahun 2017 dan Piala Asia U-23 tahun 2018. Saat itu, Vietnam menjadi runner-up alias peringkat kedua.

Beberapa nama, seperti kiper Bui Tien Dung, bek Huynh Tan Sinh, bek Bui Tien Dung, dan gelandang Nguyen Quang Hai.

Nama-nama itu di atas tidak dibawa ke Piala AFF U-22 tahun 2019 di Kamboja. Saat itu, Vietnam gagal melaju ke final usai ditaklukkan Indonesia di babak empat besar dengan skor 1-0.

Dengan komposisi seperti ini, Vietnam sukses menghancurkan Brunei Darussalam dengan skor 6-0 pada pertandingan perdana mereka di kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Jumat lalu

Belum lagi Garuda Muda akan bermain di bawah tekanan para pendukung tuan rumah. Hal ini mengharuskan Egy Maulana cs harus fokus sejak pertandingan dimulai.

Penulis: Rianz

Baca Juga