Visi Pasangan Arhawi-Hardin Laomo Jadikan Wakatobi Sebagai Ekowisata Dunia

Wakatobi, Akuratnews.com - Calon Bupati dan wakil Bupati Wakatobi H. Arhawi - Hardin Laomo, akan menjadikan Wakatobi sebagai pusat destinasi Ekowisata Dunia. Hal tersebut dituangkan dalam Visi pasangan calon HALO ini.

Sebagai suatu wilayah yang berada diujung Tenggara pulau Sulawesi, Kabupaten Wakatobi memiliki potensi keunggulan Komparatif berupa keragaman sumber daya Hayati Laut terkaya dan terindah, yang bersinergi dengan kekayaan hayati daratnya yang tersebar dimasing-masing Pulau.

Dengan segala potensi tersebut, pasangan nomor urut satu (1) ini menargetkan Kabupaten Wakatobi sebagai pusat pengembangan wisata masa depan dunia yang mengintegrasikan aktivitas industri Pariwisata dengan sektor pembangunan lainya.

Prinsip pelestarian sumberdaya sebagai suatu atraksi dan daya tarik wisata yang dikelola secara arif dan bijaksana untuk keberlangsungan hidup manusia secara berkelanjutan sehingga memberikan nilai tambah secara ekonomi, sosial dan ekologi untuk menjamin kehidupan hari ini dan kehidupan yang akan datang melalui tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien serta mengakselerasikan pengembangan infrastruktur Yang berpegang teguh pada prinsip pemanfaatan sumber daya alam secara lestari.

Untuk mencapai cita-cita yang dirumuskan dalam Visi tersebut, ada tujuh Misi yang akan dilakukam oleh Pasangan HALO menuju pembangunan Kabupaten Wakatobi dimasa 2021-2026 mendatang.

Pertama, memantapkan pengembangan kualitas sumber daya manusia, mencakup upaya-upaya terkait pendidikan, kesehatan serta Upaya pengembangan pendidikan sesuai kebutuhan potensi daerah yang mendukung sektor pariwisata.

Kedua, memantapkan pembangunan ekonomi dalam mendukung pariwisata, mencakup upaya peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, memantapkan industri pariwisata berbasis masyarakat, mencakup Upaya pengembangan ekowisata berbasis masyarakat dan lembaga lainnya.

Keempat, mengoptimalkan kualitas pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam yang mencakup upaya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara terpadu dan lestari.

Kelima, memantapkan kualitas dan pemanfaatan infrastruktur, di mana upaya-upaya penyediaan, peningkatn kualitas, pemeliharaan dan pemanfaatan infrastruktur wilayah.

Keenam, Menetapkan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang berkualitas mencakup tata kelola pemerintahan, peningkatan kualitas SDM Aparatur, dan penerapan sistem teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketujuh, memantapkan kerjasama regional nasional dan internasional, mencakup pemantapan dan tindak lanjut kerja sama dengan lembaga-lembaga regional, nasional dan internasional.

Untuk mampu menjalankan Misinya, Pasangan HALO akan mengoptimalkan kualitas layanan Pendidikan, dan kesehatan secara merata dan terjangkau bagi masyarakat, dengan sasaran meningkatnya akses dan kualitas layanan Pendidikan formal dan non formal serta meningkatnya akses dan kualitas layanan Kesehatan.

Baca Juga