Wabup Subandi: 2022, Pemkab Sidoarjo Prioritaskan Lima Program ini

Wabup Sidoarjo, H. Subandi (kiri) dan Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman saat rapat paripurna dewan.
Wabup Sidoarjo, H. Subandi (kiri) dan Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman saat rapat paripurna dewan.

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah merencanakan lima program pembangunan daerah berskala prioritas pada 2022 mendatang.

Lima program tersebut, adalah percepatan pemulihan dampak Covid-19 melalui upaya simultan terpadu bidang ekonomi dan kesehatan; pengentasan kemiskinan, pembukaan lapangan kerja melalui wirausaha dan peningkatan investasi; pemenuhan kualitas infrastruktur dasar secara merata dan berkualitas yang mendukung pengembangan wilayah dan pengembangan potensi lokal; peningkatan SDM yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing; serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang berbasis inovasi komuniti teknologi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi pada acara rapat paripurna dewan bertajuk "Nota Penjelasan Bupati Sidoarjo terhadap Raperda APBD 2022", bertempat di Gedung DPRD Sidoarjo, Rabu (8/9/2021).

"Lima program itu tertuang dalam RKPD 2022, yaitu pemulihan ekonomi, reformasi kesehatan dan sosial, serta percepatan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lalu, dipertajam menjadi program-program prioritas yang telah kita (eksekutif dan legislatif) sepakati bersama dalam KUA-PPAS 2022," jelasnya.

Kemudian, Wabup Subandi menambahkan, di tengah situasi pandemi Covid-19, Pemkab Sidoarjo berupaya mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas, karena UMKM merupakan tulang punggung ekonomi.

"Mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dengan peningkatan kualitas, kuantitas dan berkelas pasar. Termasuk, merambah plafon digital dan marketplace," lanjutnya.

Selain itu, sambung Wabup Subandi, Pemkab Sidoarjo pun segera merealisasikan program beasiswa bagi pelajar, mahasiswa dan anak yatim piatu korban Covid-19.

"Ada tiga jalur leading sector pelaksanaan beasiswa itu. Melalui jalur prestasi, tidak mampu dan prestasi keagamaan, seperti tanfidz dan baca kitab," terangnya.

Selanjutnya, Wabup Subandi berharap, guna terlaksananya implementasi kebijakan program Pemkab Sidoarjo itu, hendaknya selalu menjaga komitmen kebersamaan.

"Komitmen kebersamaan harus tetap terjaga, demi terlaksananya implementasi kebijakan program Pemkab Sidoarjo yang direncanakan itu. Tentunya, kebijakan ini telah disesuaikan dengan arah kebijakan Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat, agar konsekuensi arah pembangunan nasional terlaksana secara komperehensif dan berkesinambungan," ujar mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo ini.

Dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman, didampingi dua wakilnya, H. Bambang Riyoko dan H. Emir Firdaus, serta diikuti 26 anggota dewan itu, dihadiri Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli dan Pejabat OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo, Dan Sat TNI/Polri, Pimpinan Instansi Vertikal, serta Pimpinan Parpol, Ormas dan LSM.***

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Ahyar

Baca Juga