Wadah Informasi Perguruan Tinggi Digelar di Jakarta

Jakarta Education and Technology Exhibitions Campus Expo 2020, secara resmi dibuka di Istora Senayan Jakarta.

Jakarta, Akuratnews.com - Tidak kurang dari 100 Perguruan Tinggi hadir untuk mempromosikan kampus dan jurusannya kepada para siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan yang digelar di Istora Senayan Jakarta. Perguruan Tinggi swasta maupun negeri dari berbagai jurusan turut ambil bagian dalam ajang yang cukup menyedot keingintahuan para siswa SMA dan SMK yang berduyun-duyun datang untuk mencari informasi.

Event Director PT Marawa Komunika Utama Didi Riswardi dalam sambutannya mengatakan, berkat dukungan dan partisipasi dari pendukung acara peserta dengan maksimal mengikuti kegiatan ini. Diikuti oleh kurang lebih 100 perguruan tinggi yang ada di wilayah Jakarta dan beberapa Perguruan Tinggi Negeri serta lembaga pendidikan luar negeri, kegiatan ini dapat memberikan promosi yang baik bagi para perguruan tinggi yang mana nantinya bisa menginformasikan dan berbas kepada penerimaan siswa yang lebih banyak.

"Selamat berpromosi, mudah-mudahan kegiatan ini akan lebih baik untuk yang akan datang," ujarnya saat pembukaan pameran (11/2).

"Kami ucapkan terima kasih kepada lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah III Jakarta yang telah mendukung kegiatan Jakarta Education and Technology Exhibitions Campus Expo 2020, sehingga kami dapat menyelenggarakan kegiatan ini," tambahnya.

Dalam waktu yang sama,  Dr. M. Samsuri Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta, menyampaikan pada kesempatan ini LLPT Wilayah III Jakarta bekerjasama dengan PT Marawa, menyelenggarakan pameran pendidikan yang insya Allah akan terlaksana selama tiga hari. Dirinya menegaskan bagaimana pentingnya memperkenalkan perguruan tinggi perguruan tinggi di wilayah III Jakarta

"Kepada siswa-siswi yang mengunjungi secara langsung atau nanti yang membaca informasi informasi di pemberitaan dan media sosial, tentunya perlu dikenalkan kepada siswa-siswa salah satunya melalui acara pameran hari ini," imbuhnya.

"Kenapa ini harus kita perkenalkan, karena perguruan tinggi yang ada di wilayah III Jakarta ini cukup banyak. Total ada 312 perguruan tinggi swasta 6 perguruan tinggi negeri yang ada," tambahnya.

Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov. DKI Jakarta, Dadang Sholihin mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pihaknya menyambut baik penyelenggaraan acara ini yang berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 13 Februari di Istora Senayan untuk memberikan pelayanan informasi kepada para pelajar kelas 12 SMA/SMK atau SMA dan sederajat wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai informasi,  perguruan tinggi baik negeri maupun swasta menurut penelitian dari 917 Academy sekarang ada 309 Politeknik, 512 Sekolah Tinggi dan 28 Akademi komunitas. Sedangkan jumlah siswa-siswi SMA dan SMK di Indonesia berjumlah 9,9 juta.

"Jadi yang mau masuk perguruan tinggi dengan perguruan tinggi nya sangat jomplang sekali datanya yang akan lulus pada tahun 2020 berjumlah sekitar 3,3 juta yang ini sumbernya dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud," terangnya.

"Siswa-siswi untuk masuk perguruan tinggi begitu ketat sehingga setiap siswa perlu mempersiapkan diri untuk menempuh seleksi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta," katanya.

Dia menambahkan, dengan diselenggarakannya acara pameran pendidikan dan teknologi diharapkan memberikan manfaat antara lain membantu para pelajar kelas 12 dalam menerima informasi seputar perguruan tinggi dan jurusan sesuai dengan minat dan bakat.

"Motivasi para pelajar kelas 12 untuk mempersiapkan diri dalam ujian masuk perguruan tinggi. Terakhir penyelenggaraan pameran pendidikan dan teknologi ini, diharapkan juga dapat meningkatkan daya saing perguruan tinggi swasta lembaga pelatihan di Jakarta," pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga