Usulan Disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri

Wagub DKI Diusulkan 4 Orang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, Akuratnews.com - Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan mengusulkan agar Wakil Gubernur DKI Jakarta dijabat lebih dari satu orang. Namun, usulan tersebut tidak dimasukkan dalam rapat tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur.

"Dalam tatib sih enggak (dimasukkan). Ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi, kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan ya kenapa tidak,” kata Pantas di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Pantas menyebut, usulan itu muncul karena berkaca pada masa pemerintahan Gubernur Sutiyoso. Ketika itu, posisi wagub diisi oleh empat orang yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

"Usulan itu muncul karena dalam kenyataannya sampai dengan Sutiyoso, Wagub DKI itu ada empat. Itu didukung oleh otonomi DKI yang ada di tingkat provinsi," katanya.

Berharap usulan tersebut dapat terwujud, Pantas akan menyampaikan rencana itu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersamaan dengan konsultasi tatib DPRD DKI periode 2019-2024.

Meski demikian, lanjut Pantas, untuk mewujudkan usulan tersebut yang harus dilakukan adalah merevisi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1999 tentang Propinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia Jakarta. Aturan yang berlaku saat ini, dengan satu gubernur berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 1999 itu.

"Jadi, karena yang membuat undang-undang kan DPR bersama presiden, jadi salah satu institusi pemerintahan yang dekat dengan presiden adalah Mendagri. Mendagri yang notabenenya menjadi institusi di atas provinsi. Maka usulan itu disampaikan ke situ," ujar Pantas.

Namun, ia menegaskan kembali bahwa hal tersebut hanya usulan pribadi, belum menjadi usulan resmi. "Namanya usulan kan ini belum resmi. Ini masih suara-suara yang berkembang di anggota yang memang sifatnya belum usulan resmi dari DPRD. Jadi ada gagasan-gagasan wacana pikiran," kata Pantas.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga