Wakil Ketua DPRD Dorong Bupati Morut Segera Bentuk Perusda

Wakil Ketua DPRD Morowali Utara, Muhammad Safri mendorong pemerintah daerah untuk segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).
Wakil Ketua DPRD Morowali Utara, Muhammad Safri mendorong pemerintah daerah untuk segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

AKURATNEWS - Wakil Ketua DPRD Morowali Utara, Muhammad Safri mendorong pemerintah daerah untuk segera membentuk Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Pembentukan Perusda tersebut dimaksudkan agar dapat menggarap besarnya potensi sejumlah sektor di Morowali Utara yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak Pendapat Asli Daerah (PAD).

"Kita mendorong Bupati untuk segera membentuk Perusda mengingat sudah ada payung hukum yakni Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2020. Kehadiran Perusda ini nantinya diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian daerah sekaligus menjadi tulang punggung Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujar Safri saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 16 September 2021.

Safri mengatakan Morowali Utara memiliki potensi yang besar untuk maju. Olehnya itu, kehadiran Perusda sangat penting sebagai salah satu pionir dalam aktivitas usaha guna mendukung pertumbuhan ekonomi di Bumi Tepo Asa Aroa.

"Ini penting, jika dikelola dengan baik dan cermat maka Perusda akan berkontribusi besar tidak hanya sebagai sumber pendapat daerah tetapi juga membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja, serta mengurangi pengangguran sekaligus mempermudah akses kebutuhan masyarakat," beber Safri.

Mantan aktivis PMII itu menambahkan di masa pandemi seperti saat ini pemerintah daerah harus merumuskan langkah-langkah inovatif dan kreatif, guna menggali potensi-potensi pendapatan daerah di Morowali Utara dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan pendapatan daerah.

"Salah satu tolak ukur keberhasilan kepala daerah dalam melaksanakan kewenangan otonomi adalah kemampuan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sumber-sumber PAD yang ada," tutup Safri.***

Penulis: Wardi Bania
Editor: Zulfahmi Siregar

Baca Juga