Walikota Jaktim Buka Festival Cakung

Walikota Jakarta Timur, M Anwar (akuratnews.com)

Jakarta, akuratnews.com - Walikota Jakarta Timur, M Anwar membuka pelaksanaan Festival Cakung Tahun 2019 di jln KRT Radjiman Widyoningrat, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/19).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasudin UKM Kota Administrasi Jakarta Timur, Camat Cakung, Wakapolsek Cakung, Danramil, Kepala KUA, Tokoh Agama, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya ketua penyelenggara Festival Camat Cakung, Ahmad Salahudin menyampaikan dasar kegiatan pelaksanaan adalah Peraturan Gubernur No.28 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun

Menurut Camat, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk pelestarian seni budaya betawi dan sebagai ajang membuka kesempatan bagi peserta untuk memunculkan ide, kreatifitas dan inovasi-inovasi baru seiring perkembangan waktu.

"Meningkatkan solidaritas yang kokoh antara tokoh betawi, seniman dan budayawan betawi dengan masyarakat, meningkatkan potensi wilayah masyarakat cakung dalam bidang ekonomi, kesenian dan kebudayaan," jelas Ahmad.

Kemudian, kata Ahmad festival cakung ini sebagai salah satu destinasi wisata yang memberikan hiburan dan edukasi bagi warga Kecamatan Cakung dan sekitarnya

Ahmad juga menjelaskan bahwa sumber dana berasal dari dokumen pelaksanaan anggaran APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019.

Pelaksanaan Festival Cakung, lanjut Ahmad dilaksanakan pada tanggal 14 September sd 15 September 2019 di Situ Rawabadung Kel. Jatinegara.

"Adapun jenis kegiatan berupa lomba masak koblok, pentas seni silat, bazar, kegiatan pelayanan PTSP, kegiatan pelayanan kependudukan, penyebaran ikan di situ rawabadung, pertunjukan lenong kompak, pemutaran film Juned jagoan cakung, hiburan organ tunggal dan band," ungkapnya.

Sementara Walikota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar mengatakan Festival Cakung mempunyai potensi dan manfaat yang banyak.

"Festival ini berkumpulnya para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta komponen lainnya sehingga dapat menghidupkan perekonomian masyarakat cakung melalui bazar," kata M Anwar.

"Selama ini yang saya ketahui, sepanjang jalan radjiman adalah kesemrawutan jalannya karena banyak adanya pasar dan pedagang kaki lima yang menggunakan jalan serta bahu jalan, semoga setelah ini ada penataan yang baik," lanjutnya.

Dengan berkumpulnya para tokoh agama dan masyarakat, M Anwar berharap dapat terwujudnya kegiatan mari mengaji, karena dirinya ingin mewujudkan Jakarta Timur yang islami.

"Saya menjabat sebagai Walikota kurang lebih satu tahun dan sudah banyak memperoleh penghargaan dan terus akan menerima penghargaan," jelasnya.

"Saya juga berharap kepada ormas yang di Jakarta Timur seperti Forkabi, FBR dan lainnya bisa kompak untuk membangun wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur," tutupnya.

Penulis: Hengki. L
Editor: Redaksi

Baca Juga