Warga Binaan Rutan Cilodong Kenakan Kostum Pahlawan

Depok, Akuratnews.com - Sebanyak 1.472 orang warga binaan di Rutan Kelas II B Cilodong Kota Depok ikut memeriahkan hari Pahlawan. Pada moment itu, sejumlah warga binaan tampak mengenakan kostum pahlawan yang sedang perjuangkan kemerdekaan dilengkapi senjata api dan bambu runcing mainan.

Acara peringatan hari pahlawan yang di gelar secara serentak di Lapas dan Rutan di Indonesia ini juga bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat kepahlawanan pada para warga binaan.

"Acara peringatan hari pahlawan ini sekaligus juga untuk menumbuh kembangkan semangat 1.472 warga binaan," kata Kepala Rutan Kelas IIB Cilodong, Bawono Ika Sutomo, Sabtu (10/11/2018).

Dirinya mengatakan, momentum ini sangat baik untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan para warga binaan meski saat ini dalam kondisi jalani masa pidana atau pun sedang menanti proses persidangan.

Bawono juga mengimbau agar narapidana yang sedang menjalani masa hukumannya dan terdakwa yang menanti vonis hakim tak kehilangan harapan selama berada di Rutan.

"Masih ada waktu bagi setiap orang untuk memperbaiki diri agar tak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan. Jangan patah semangat, masa depan masih panjang. Kami juga tugasnya memberikan motivasi kepada mereka supaya memberikan yang terbaik dan bermanfaat bagi dirinya masing-masing," ujarnya.

Dilengkapi dengan kostum tempur dengan sejumlah ornamen coretan di wajah hingga pakaian yang seolah terkoyak dengan berlumur darah bagaikan pahlawan perang, moment perayaan hari pahlawan juga di isi dengan lomba pembacaan puisi hasil karya sendiri warga binaan Rutan.

Perayaan hari pahlawan yang digelar di dalam Rutan Cilodong dengan tema 'the gathering of heroes' juga tidak luput dari mekanisme pengamanan ketat dari para petugas Rutan.

Beberapa tahapan pemeriksaan juga dilakukan para petugas Rutan pada kurang lebih sebanyak 500 orang. Keluarga dari para warga binaan juga diberikan kesempatan untuk berkunjung saat itu.

"Makanan yang sudah dibawa ke dalam untuk dimakan bersama sudah diperiksa beberapa kali oleh petugas. Hari ini memang spesial karena bertepatan dengan hari Pahlawan. Warga binaan enggak cuman bertemu dengan keluarganya tapi bisa makan bareng," jelas Bawono.

Bersamaan dengan itu, suasana ceria, senang dan bahagia tampak terlihat pada sejumlah warga binaan yang mendapat kunjungan dari keluarga masing-masing. Di monent itu warga binaan diberikan kesempatan berkumpul dan makan bersama para keluarganya di dalam Rutan. (Eko)

Penulis:

Baca Juga