Warga Sambut Meriah Kedatangan Bupati Andreas Agas di Lamba Leda

Warga Sambut Meriah Kedatangan Bupati Andreas Agas di Lamba Leda
Warga Sambut Meriah Kedatangan Bupati Andreas Agas di Lamba Leda

Sementara itu Kadis PUPR Yos Marto dalam laporannya mengatakan, pagu anggaran proyek pembangunan air minum Pamsimas ini sebesar Rp245.000.000 bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara).

Adapun fasilitas yang dibangun antara lain, kran umum sebanyak 4 unit, sarana CTPS (cuci tangan pakai sabun) sebanyak dua unit di Pustu Golo Pau dan Kantor Desa Golo Munga, satu buah bak satu buah broancup dan bak pengumpul di mata air untuk dua dusun pemanfaat; Dusun Watu Waja dan Dusun Ngendeng.

“Swadaya masyarakat Inkes Rp14.000.000 sedangkan swadaya dalam bentuk tenaga sebesar Rp56.000.000,” ungkapnya.

Kadis Yos menjelaskan, sampai dengan saat ini program Pamsimas Kabupaten Manggarai Timur itu sejak tahun 2014 hingga 2021 sudah sebanyak 98 desa dari total 159 desa dengan jumlah jiwa yang terlayani sebanyak 85.600 jiwa atau sebanyak 19.998 kepala keluarga (KK).

“Jadi program Pamsimas ini berbeda dengan program yang dikerjakan oleh kontraktor. Program pamsimas ini adalah program pemberdayaan, kalau dalam bahasa Manggarai; toing, teing, titong. Jadi dikasih anggaranya lalu ada keterlibatan masyarakat di dalamnya dalam bentuk tenaga kerja dan sumbangan materialnya,” kata Kadis Yos.

Sementara itu, Kepala Desa Golo Munga Hubertus Juni mengatakan, target program Pamsimas ini dinikmati oleh 161 kepala keluarga (KK) Desa Golo Munga dari total 386 KK. Untuk tahun 2021, pemerintah desa mengalokasikan sebanyak 123 KK sambungan rumah.

“Kami tidak berhenti di programnya, tetapi kami juga mendukung melalui Dana Desa tahun 2021 ini,” ujarnya.

Kades Huber juga mengucapkan terima kasih kepada fasilitator Pamsimas, Dinas PUPR dan Bupati Manggarai Timur. Ia juga berjanji terus bergandengan tangan dengan pihak Pamsimas agar program air minum bersih bisa terus berjalan dengan baik.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Yohannes Marto

Baca Juga