‘Warkop DKI Reborn 3’ Kesandung Masalah Karya Cipta

Jakarta, Akuratnews.com - Merasa tak pernah dihubungi dan memberi izin penggunaan foto koleksi pribadinya untuk kepentingan film 'Warkop DKI Reborn 3', jurnalis senior Amazon Dalimunthe segera melayangkan somasi pada Falcon Pictures selaku rumah produksi film ini.

Dibeberkan Amazon, kronologis dugaan kasus pelanggaran Hak Cipta Foto Warkop DKI karyanya dimulai saat Kamis, 12 September 2019 sekitar pukul 18.45 WIB dirinya menonton film 'Warkop DKI Reborn 3' Blok M Square XXI, Jakarta Selatan.

"Di pembukaan film ditayangkan sejumlah foto foto Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro) di masa lalu. Dan salah satu foto Warkop DKI memakai jas merah yang ditayangkan ternyata adalah karya foto saya. Saya terkejut karena saya merasa tidak pernah memberi izin atau diminta izin atas penggunaan foto tersebut dari pihak produser Falcon Pictures," beber Amazon di Jakarta, Sabtu (28/9).

Atas dasar inilah maka dirinya pada 18 September menghubungi Frederica selaku produser Falcon Pictures via Whattapps (WA) memberitahukan hal tersebut.

"Tanggal 19 September, saya mengirimkan WA lagi untuk menanyakan tanggapannya karena sudah 1x24 jam. Dan pukul 10.39 WIB, Frederica membalas dengan mengatakan: Team akan bantu follow up perihal ini ya," ujar Amazon.

Sekitar pukul 16.00 WIB dihari yang sama, dirinya dihubungi oleh Ody Mulya Hidayat, produser Max Pictures dan mengaku siap memediasi masalah ini. Melalui saluran telepon, dirinya menjelaskan masalahnya, dan Oddy berjanji akan membantu menyelesaikan.

Keduanya pun bertemu di kantor Ody pada Senin (23/9). Ody Mulya menjanjikan akan menyampaikan masalah saya kepada Falcon Pictures termasuk tuntutan yang saya minta.

"Tanggal 24 September, saya berkomunikasi lewat WA dengan Ody. Dirinya menyebut tuntutan saya tidak bisa dipenuhi. Falcon Pictures pun dikatakannya tidak merasa bersalah atas penggunaan foto karya saya tersebut. Dan kami bersepakat menempuh jalur hukum untuk memperoleh kepastian hukum dan juga memenuhi rasa keadilan," tegas Amazon.

Oleh karena hal ini, maka dirinya lewat kuasa hukumnya, Pitra Romadoni segera melayangkan somasi kepada Falcon Pictures.

"Ada pengabaian terkait hak cipta karya seseorang disini. Ini yang kita permasalahkan. Dan itu diatur dalam UU Hak Cipta. Kita layangkan somasi dulu Senin dan tunggu tanggapan dari Falcon. Jika tidak ada respon, baru kita laporkan," ujar Fitra.

Amazon sendiri sudah menyiapkan bukti-bukti kuat terkait hak karya cipta foto tersebut. Salah satunya adalah klise asli foto Warkop DKI yang diambil gambarnya sekitar tahun 1983 ini.

"Alhamdulilah ketemu klisenya. Ini jadi bukti kuat karya foto saya ini," tandasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga