Waspada! 200 Aplikasi Berbahaya Ditemukan di Google PlayStore

Waspada! 200 Aplikasi Berbahaya Ditemukan di Google PlayStore/Ilustrasi
Waspada! 200 Aplikasi Berbahaya Ditemukan di Google PlayStore/Ilustrasi

AKURATNEWS - Sekitar 200 aplikasi berbahaya yang sudah terdeteksi mengandung malware FaceStealer beredar di Google PlayStore.

Malware FaceStealer tersebut dapat mencuri data pengguna, termasuk kredensial atau kata sandi (password) akun Facebook.

Malware atau malicious software merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang biasanya dibuat untuk melakukan aksi kriminal.

Ratusan aplikasi berbahaya itu menyamar sebagai aplikasi pengeditan foto, kamera, Virtual Private Network (VPN), fitness, penambang mata uang kripto (cryptocurrency mining), dan lainnya.

Dalam situsnya, Trend Micro merinci 7 dari 200 aplikasi mengandung malware FaceStealer yang bisa mencuri password Facebook, sebagai berikut:

1. Daily Fitness OL

2. Enjoy Photo Editor

3. Panorama Camera

4. Photo Gaming Puzzle

5. Swarm Photo

6. Business Meta Manager

7. Cryptomining Farm Your own Coin

Trend Micro melaporkan, lebih dari 200 aplikasi di Play Store yang terdeteksi mengandung malware FaceStealer telah dihapus Google dari toko aplikasinya.

Ketika ingin menggunakan aplikasi, pengguna diwajibkan untuk login ke akun Facebook mereka melalui jendela yang sudah disiapkan hacker.

Namun secara tidak sadar, proses login tersebut justru memberikan hak akses kepada hacker yang bertanggung jawab atas FaceStealer untuk mengambil alih kendali akun Facebook korban.***

Penulis: Azril Ramadhansyah
Editor: Ahyar

Baca Juga