Berpotensi Erupsi Magmatik

Waspada, Status Gunung Slamet Naik Level

Gunung Selamet naik level 2. (Foto dok. Akuratnews.com)

Pemalang, Akuratnews.com - Sejak Bulan Juli hingga saat ini aktifitas vulkanik Gunung Slamet cukup tinggi, keadaan tersebut meningkat dari status normal atau level 1 menjadi waspada atau level 2.

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana (PVMBG) peningkatan status aktifitas vulkanik tersebut berlaku sejak Jum’at (9/8/2019) kemarin.

Kepala PVMBG Kasbani dalam keterangan tertulisnya menuturkan, bahwa Gunung Slamet berpotensi erupsi berupa erupsi magmatik. Namun, bisa jadi diawali dengan erupsi freatik. Terakhir kali gunung ini erupsi pada tahun 2014 lalu.

“Atas peningkatan status kali ini, ancaman bahayanya masih sejauh 2 kilometer. Kalau ada eskalasi peningkatan aktivitas tentu akan kami evaluasi kembali apakah mengalami peningkatan atau tidak dan akan kami informasikan kembali,” lanjut Kasbani, Sabtu (10/9/2019).

Kasbani merekomendasikan dan juga menghimbau kepada warga masyarakat yang berada di wilayah yang berdekatan dengan Gunung Slamet diantaranya Banyumas, Brebes, Tegal,Pemalang dan Purbalingga agar tidak mendekat kawah pada radius 2 Kilometer.*

Penulis: Yusfi WS

Baca Juga