Wawancarai Kursi Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Tanyakan Hal Menohok Ini

Jakarta, Akuratnews.com - Monolog presenter Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa viral di media sosial sejak tiga hari ini.

Aksi monolog itu dilakukan Najwa untuk menanyakan perkembangan penanganan Covid-19 kepada Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

Video monolog bertajuk #MataNajwaMenantiTerawan yang berdurasi 4 menit 22 detik ini diunggah di kanal Youtube Najwa Shihab, Senin (28/9).

Selama pandemi, Mata Najwa memang kerap sekali mengundang sejumlah pejabat dari berbagai level. Bahkan Mata Najwa juga berbincang secara eksklusif dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penanganan Covid-19 beberapa lalu.

Menurut Najwa, Menteri Kesehatan adalah orang yang tepat dalam memberikan penjelasan tentang situasi pandemi saat ini.

Dalam unggahan video tersebut, disebutkan bahwa Mata Najwa sering sekali menerima permintaan dan titipan pertanyaan untuk disampaikan kepada Menteri Kesehatan, tentang penanganan Covid-19.

Dengan alasan itu, Narasi TV berulang kali, bahkan hampir tiap minggu meminta kehadiran Menteri Kesehatan, Terawan. Undangan itu, kata Najwa bukan tantangan atau sejenisnya, melainkan untuk menyampaikan harapan tentang info dan kebijakan penanganan pandemi, yang bisa diperoleh langsung dari pemegang kewenangan.

Dalam video ini tidak dijelaskan alasan Terawan tidak hadir memenuhi undangan tersebut. Najwa pun mewawacarai kursi kosong. Kursi yang seharusnya menjadi tempat duduk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Aksi monolog Najwa Shihab ini dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang sangat menusuk dan menohok. Dari mulai kehadiran Terawan yang jarang muncul di depan publik untuk penjelasan selama pandemi, klarifikasi tentang usulan tidak melakukan karantina wilayah, hingga menyinggung alasan Menkes yang belum mundur seperti menteri-menteri di belahan dunia lain yang merasa gagal menangani Covid-19.

“Apakah penanganan kita lebih baik? Publik meminta kebesaran Menkes mundur, siap Pak? Atau bagaimana anda bisa meyakinkan publik, masih layak menjalankan atau menduduki posisi yang berat ini?” tanya Najwa pada kursi kosong, yang tentu saja tidak medapat jawaban.

Video ini diakhiri dengan narasi Najwa yang mengatakan bahwa pandemi ini memang tak bisa diselesaikan sendirian. Tetapi dalam narasinya, mereka berharap Menkes Terawan memberikan gambaran dan kejelasan tentang kebijakan pandemi Covid-19.

Dengan tegas Najwa mengakhiri video itu dengan berkata, “Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto waktu dan tempat dipersilakan.”

Setelah video ini diunggah pada kanal Youtube Najwa Shihab, tagar #MataNajwaMenantiTerawan menjadi trending di Twitter, bahkan sampai Selasa (29/9) video ini masih menjadi trending di Youtube.

Bicara soal undangan buat Terawan, Najwa menegaskan, undangan itu sudah disampaikan jauh sebelum dibuatnya video Mata Najwa edisi Menanti Terawan.

"Hampir tiap minggu selalu kirim undangan. Tiap episode soal pandemi," kata Najwa, Selasa (29/9).

Najwa mengatakan, undangan yang ia sampaikan tidak selalu direspons pihak Menkes. Sekalinya dijawab, pihak Menkes mengaku tidak bisa hadir dengan alasan padatnya jadwal.

"Pernah menjawab bahwa tidak bisa karena jadwal, dan kemudian kami selalu menawarkan agar wawancara diatur menyesuaikan waktu dengan agenda Pak Terawan," ujar Najwa.

Namun, setelah menawarkan wawancara menyesuaikan jadwal Menkes Terawan, kembali tidak ada jawaban lanjutan dari pihak Menkes.

"Tapi, tiap minggu kami selalu kirim undangan untuk mengingatkan," sambung Najwa.

Najwa pun mengungkap alasannya ingin mengundang Menkes Terawan. Menurutnya, kehadiran pejabat seperti Terawan sangat diperlukan untuk memberi penjelasan kepada publik terkait situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Tak ada yang lebih otoritatif selain menteri untuk membahasakan kebijakan-kebijakan itu kepada publik, termasuk soal penanganan pandemi," kata Najwa.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga