Seputar Sidoarjo

Website Pemkab Sidoarjo Error? Anggaran Pemeliharaan Server Jadi Pertanyaan

Tampak tampilan portal www.sidoarjokab.go.id saat ini. (Foto dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Portal milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tak bisa diakses sama sekali oleh siapapun. Sehingga, layanan publikasi terkait aktivitas, komunikasi dan informasi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab pun terkendala.

Portal www.sidoarjokab.go.id yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo itu, tampilannya berubah tak seperti biasanya.

Hal itu diketahui ketika Akuratnews.com mengklik website tersebut, mendadak tampilan di layar telpon seluler android muncul tulisan "Halaman ini tidak berfungsi - www.sidoarjokab.go.id saat ini tidak dapat menangani permintaan ini - HTTP ERROR 500".

Begitu pula, saat mengklik salah satu menu www.sidoarjokab.go.id melalui mesin pencari "google" malah terpampang tulisan di layar, sebagai berikut: "404 Not Found - Please forward this error screen to portal.sidoarjokab.go.id'swebmaster - The server cannot find the request page: .... - cPannel@2016" (404 tak ditemukan - Adanya gangguan tampilan ini, silakan hubungi webmaster portal www.sidoarjokab.go.id - Server tidak dapat menemukan permintaan halaman: .... - cPannel@2016).

Menurut berbagai sumber yang dihimpun Akuratnews.com, munculnya tampilan pesan "HTTP error 500", karena ada yang tidak beres dengan portal itu. Dengan kata lain, adanya kesalahan yang terjadi pada server hosting.

Setelah ditelusuri, semestinya ketidakberesan portal www.sidoarjokab.go.id itu tak terjadi, mengingat triwulan pertama, Diskominfo telah menganggarkan dana sebesar Rp73.090.000,- berasal dari APBD 2019 untuk pemeliharaan server (c-pannel beserta instalasi dan setting).

Sedangkan, realisasi pengadaan kegiatan pemeliharaan itu direncanakan awal Februari hingga akhir Maret 2019 lalu.

Sementara itu, saat Akuratnews.com mengkonfirmasikan pada Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sidoarjo, Evi Rupitasari menyangkut persoalan tersebut, Selasa (2/7/2019), pihaknya cuma memberikan jawaban singkat, "Sepertinya lagi error mas ... nanti saya infokan (soal portal, red) ke Pak Rofik, terima kasih."

Tampak tampilan portal www.sidoarjokab.go.id saat ini. (Foto dok. Akuratnews.com)

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga