Wiranto Puji Pengungkapan Kasus 1 Ton Sabu

Kapolres Depok, Kombes Pol. Hery Heryawan saat penggerebekan Satu ton Sabu

Jakarta, Akuratnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar puncak peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional (HANI) di Plaza Tugu Api Pancasila, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (13/7/17).

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto yang mewakili Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja BNN dalam upaya pemberantasan dan pencegahan narkoba. Wiranto meminta BNN, Polri, dan TNI bersinergi dengan masyarakat dan pihak swasta dalam melakukan kegiatan pencegahan dan pemberantasan peredaran narkoba.

"Saya mewakili bapak Presiden Joko Widodo meminta maaf karena ketidakhadiran pak Jokowi. Beliau sedang ada kunjungan kerja di Indonesia Timur, dan menitipkan salam kepada peserta HANI 2017, dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pesan dari bapak Jokowi," ujar Wiranto di panggung utama Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta Timur pada Kamis (13/7/17) pagi.

Apresiasi disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada BNN dan instansi terkait dalam mengungkap dan menyita barang bukti 1 ton sabu di wilayah Banten malam tadi. "Sabu-sabu 1 gram bisa buat teler 5 orang. 1 ton itu artinya bisa menyelamatkan 5 juta masyarakat Indonesia, apresiasi tinggi dari bapak Presiden kepada seluruh petugas aparat," lanjut Wiranto

Wiranto menambahkan penegak hukum seperti BNN, Polri, TNI, Dirjen Lapas, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, harus tegas dan tidak ada kompromi terhadap bandar dan kurir narkoba.

"Pencegahan adalah langkah efektif untuk menjaga kesadaran individu. Mencegah lebih baik daripada mengobati, harus ada sinergi antara seluruh pihak terkait. Pemberantasan dan Rehabilitasi perlu dilakukan berkelanjutan. Saya atas nama Presiden mengucapkan terima kasih kepada BNN, dan apresiasi tertinggi bagi lembaga Pemda untuk memberantas bahaya narkoba," ucap Wiranto.

Peringatan HANI 2017 mengusung tema, "Listen First: Listening to Children and Youth is The First Step to Help Them Grow Healthy and Safe" atau "Mendengarkan Suara Hati anak-anak dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat dan Aman dari Penyalahgunaan Narkotika".

Acara ini dimeriahkan berbagai hiburan seperti Paduan Suara Maradika UI, aksi permainan alat musik dari para peserta rehabilitasi narkoba Lido, Bina Vokalia, dan akan ada aksi dari anjing pelacak dari unit K-9 milik BNN. (Lano)

Penulis:

Baca Juga