Wisuda Universtias Mercu Buana Tahun Akademik 2021-2022 Lahirkan Insan Kreatif, Kritis dan Kompetitif

AKURATNEWS.COM- Universitas Mercu Buana (UMB)menggelar  acara Wisuda Diploma LI, Sarjana LV, Magister XLII & Doktor IV, Periode III Tahun Akademik 2021/2022, pada 25 sampai 28 Juli 2022 di Auditorium Rektorat Kampus Meruya, Jakarta Barat. Pada wisuda kali ini UMB mengangkat thema “Menyambut Insan Kreatif, Kritis dan Kompetitif”.

Dalam wisuda kedua yang digelar selama tahun 2022 ini UMB mewisuda 2.461 wisudawan yang terdiri dari 33 program diploma, 2.146 program sarjana, 281 program magister, dan 1 program doktoral.

Dalam sambutannya Plt. Rektor UMB, Dr. Harwikarya, MT mengingatkan kepada para wisudawan agar selalu memegang nilai-nilai kreatif, kritis dan kompetitif.

“Kreatif berarti bagaimana seseorang mampu menggunakan daya imajinasinya untuk melihat sejumlah kemungkinan yang diperoleh atas interaksinya dengan ide atau gagasan terhadap lingkungannya. Kreativitas juga perlu diimbangi dengan sikap kritis yang dapat menuntun kita untuk terus mencari perspektif baru di tengah-tengah gelombang distruptif. Menjadi kompetitif berarti seorang sarjana harus membekali dirinya dengan sikap kreatif dan keterampilan berpikir kritis agar dapat memenangi persaingan di dunia kerja dan lingkungannya,” tegas Harwi, Selasa (26/7/2022).

“Kami berharap lulusan-lulusan UMB mampu berkiprah dan menjadi sumberdaya yang inoviatif, menjadi solusi di tengah masyarakat. Bukan sebaliknya menjadi beban problematika di lingkungannya.” Pesan Pembina Yayasan Menara Bhakti, yang menaungi UMB, Rindangsari Kurniawati, MA, di Jakarta pada (27/07/22).

Dalam pidatonya Plt Rektro UMB juga melaporkan capaian prestasi yang diraih UMB selama tahun kalender akademik 2021/2022 antara lain; Universitas Mercu Buana raih 5 penghargaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Perolehan Prestasi Nasional Terbanyak dalam Kompetisi yang Diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tahun 2021, Tiga Perguruan Tinggi dengan Peneriman/Pemenang Kompetisi Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemendikburistek tahun 2021, Apresiasi Host Seminar: Konsorsium Publikasi Ilmiah II Bidang Ilmu Tahun 2021, Penghargaan Top 10 Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik Tahun 2021 dan Penghargaan Kepada Perguruan Tinggi yang Menyelenggarakan Sentra Vaksin Covid 19.

Selanjutanya Universitas Mercu Buana juga berhasil menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Peringkat Satu di Indonesia Berdasarkan Analisis AD Scientific Index, dan Peringkat 4 PTS Terbaik di Indonesia, Peringkat 2 PS Terbaik di Jakarta versi Webometrics 2022.

Dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) Universitas Mercu Buana (UMB) mendapatkan empat penghargaan: Pengelolaan Kartu Indonesia Pintar Terbaik, 10 Besar Pemenang Program Penelitian Matching Fund dengan Pendanaan Terbesar tahun 2021, 10 Besar Perguruan Tinggi dengan Laporan Kerjasama Aktif dalam Kurun Waktu 3 Tahun Terakhir dan Pelaporan 100% PDDIKTI pada Kurun Waktu 5 Tahun Terakhir.

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Kepala LLDIKTI III, yang hadir memberikan sambutan mengapresiasi capaian prestasi yang diperoleh UMB selama ini. “UMB mendapatkan penghargaan pelaporan 100 % PD DIKTI (Pangkalan Data Direktorat Pendidikan Tinggi) pada 5 tahun berturut-turut. Karena itulah ditarik data oleh Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Universitas Mercu Buana menjadi universitas yang memperoleh salah satu program platinum yaitu program hibah PPKM-MBKM dari Kementerian,” tandas Paris.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga