Wooww! Dana Triliunan Untuk Pengembangan Wisata Premium Labuan Bajo

Labuan Bajo
Labuan Bajo

Manggarai Barat, Akuratnews.com - Presiden RI Joko Widodo telah menetapkan Labuan Bajo sebagai satu dari lima objek wisata "Super Premium" di Indonesia. Berdasarkan data dinas pariwisata Kabupaten Manggarai Barat via Antara, anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk mewujudkan program "Super Premium" itu terbilang sangat fantastis yaitu senilai Rp 1,7 Triliun.

Dana tersebut disalurkan melalui lima Kementerian, terdiri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp 979,3 M, Kementerian Perhubungan (KEMENHUB) senilai Rp 435,0 M, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PAREKRAF) senilai Rp 244,7 M, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) senila Rp 29,2 M, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) senilai Rp 21,7 M.

Informasi yang diperoleh Akuratnews.com, diketahui jadwal pengembangan tahap I kawasan wisata premium yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat itu, akan dimulai Februari 2020 meliputi penataan lima zona tepi laut.

Penataan lima zona tepi laut yang dimaksud, terdiri dari zona A yaitu pembangunan lintasan pejalan kaki dan merana pandang di Bukit Pramuka. Pembangunan zona B di Kampung Air yaitu penataan ruang terbuka dengan tema "Tangga Bajo" sehingga semua sudut Labuan Bajo dapat diakses.

Pembangunan zona C yaitu penataan Dermaga di sekitar kawasan pelabuhan peti kemas Labuan Bajo. Pembangunan zona D yaitu penyelarasan area trotoar di pantai Marina. Pembangunan zona E yaitu pengembangan kawasan wisata kuliner di Kampung Ujung.

Sedangkan pembangunan pada tahap II juga sebanyak lima titik. Pembangunan terdiri dari penataan area komersial di puncak waringin dengan estimasi anggaran senilai Rp 22 Miliar, penataan Goa Batu Cermin dengan total estimasi senilai Rp 35 Miliar, penataan kawasan Pulau Rinca dengan estimasi senilai Rp 52 Miliar, peningkatan kualitas dermaga di Pulau Rinca dengan estimasi senilai Rp 56 Miliar.

Berdasarkan data dinas pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo sejak Tahun 2016 sampai Tahun 2019 sebanyak 543,474 kali kunjungan.

Pada kesempatan kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, belum lama ini Presiden Joko Widodo berharap para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo akan semakin meningkat. Dengan demikian, menurut Jokowi pendapatan asli daerah bisa mencapai 100% setiap tahun.

"Kalau turis semakin banyak ke sini, belanja banyak di sini maka pendapatan asli daerah bisa bisa meningkat sampai 100 persen", kata Presiden.

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga