Xanana Gusmao Sampaikan Duka Mendalam Warga Timor Leste untuk Keluarga BJ. Habibie

Xanana Gusmao bersama rombongan mengunjungi rumah Almarhum BJ Habibie untuk menyampaikan duka mendalam Rakyat Timor Leste kepada Keluarga Habibie. (foto Eddy Suroso/Akuratnews.com)

Jakarta, Akuratnews.com - Pemerintah Timor Leste menyampaikan pernyataan duka cita atas wafatnya Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. Pernyataan tersebut di sampaikan langsung mantan presiden Timor Leste Xanana Gusmao.

Xanana Gusmao mengatakan, dirinya datang mewakili pemerintah timor leste dan menyampaikan belasungkawa yang sebesar besarnya untuk keluarga.

"Rakyat Timor Leste menganggap pak Habibie sebagai seorang inspiratio dalam sains dan Teknologi, tidak hanya itu BJ Habibie juga orang yang paling berjasa dengan kemerdekan Timor leste." Kata Xanana Gusmao, di kediaman BJ Habibi, Jalan Patra Jakarta Selatan.

Banyak kenangan yang di ceritakan Xanana Gusmao, tentang Habibie. Waktu tahun 1999 saat dirinya di tahan di Cipinang, dirinya mengatakan waktu itu sangat senang dan hati terasa gembira mendengar kabar BJ Habibie mengumumkan kepada Rakyat Timor Leste untuk memilih.

Setelah Kemerdekaan Timor Leste, Xanana
melakukan pertemuan persahabatan dengan BJ Habibie, bicara tentang masa depan, pembicara informal secara persahabatan. "Beliau menyampaikan pesannya, untuk memperhatikan pendidikan, sekarang lebih memfokuskan teknologi dan sains." Kata Xanana Gusmao.

Xanana Gusmao, juga menceritakan sebelumnya Pernah berencana mengudang BJ Habibie pada 30 Agustus untuk meresmikan jembatan bernama BJ Habibie di Timor Leste.

Untuk diketahui Xanana Gusmao datang ke rumah Almarhum BJ Habibie di Jl. Patra Kuningan Jakarta Selatan sekitar jam 20:30 WIB.

Xanana Gusmao di damping Duta Besar Timur Leste Alberto XP Carlos mengadakan pertemuan tertutup bersama keluarga BJ Habibie yang di wakili dua putra BJ Habibie Ilham Akbar Habibie & Thareq Kemal Habibie. (*)

Penulis: Eddy Suroso
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga