YARA Minta Aparat Hukum Tertibkan Eksploitasi Galian C Ilegal di Abdya

Ketua YARA Abdya, Suhaimi, SH di salah satu lokasi Galian C

AKURATNEWS, Abdya -  Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Suhaimi, SH meminta aparat penegak hukum di wilayah setempat menertibkan aktifitas penambangan galian C tanpa izin/illegal.

Suhaimi menilai, dampak dari eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) tersebut telah merusak lingkungan. Keuntungan dari kegiatan Ilegal itu hanya dirasakan kelompok tertentu, tidak ada feedback untuk masyarakat.

“Kita menduga hampir semua proyek galian yang beroperasi di Abdya saat ini berjalan tanpa izin. Pasalnya, tidak ada pemasukan untuk daerah dan Negara. Penambangan Ilegal ini jelas merusak lingkungan dan hanya menyengsarakan masyarakat. Banyak badan jalan di desa yang sudah mulai rusak karena setiap hari dilalui truk pengangkut galian C,” kata Suhaimi, Jumat (3/9).

Oleh karena itu, Ia berharap kepada aparat penegak hukum dan Instansi terkait dapat segera menindaklanjuti permasalah tersebut, agar kerusakan lingkungan tidak semakin memburuk.

Suhaimi juga mengingatkan kepada para pengusaha galian C di wilayah itu agar tidak melakukan penambangan, sebelum kelengkapan perizinannya terpenuhi sesuai dengan ketentuan.

“Bagi pengusaha galian yang belum mengantongi izin, sebaiknya stop. Urus terlebih dahulu perizinannya, agar selamat dari jeratan hukum dan pemantik polemik di kemudian hari,” tandas Suhaimi.

Penulis:

Baca Juga