Yayasan Tunas Muda Indonesia Distribusi 5000 Dosis Vaksin di Manggarai Timur

Yayasan Tunas Muda Indonesia Bersinergi dengan Pemda Manggarai Timur melalui Dinkes, distribusikan 5000 dosis vaksin kepada masyarakat di Desa Colo, Kecamatan Lamba Leda Timur, Rabu, 20 November 2021. || dok.YPMI.
Yayasan Tunas Muda Indonesia Bersinergi dengan Pemda Manggarai Timur melalui Dinkes, distribusikan 5000 dosis vaksin kepada masyarakat di Desa Colo, Kecamatan Lamba Leda Timur, Rabu, 20 November 2021. || dok.YPMI.

"Kami terus lakukan vaksinasi baik oleh Partai Golkar NTT dan YTMI kerjasama dengan Yellow Clinic sebagai gerakan kemanusiaan bantu masyarakat dan pemda NTT juga pemda tingkat ll se NTT,"  Melki Laka Lena.

AKURATNEWS - Yayasan Tunas Muda Indonesia (YTMI) mendistribusikan 5000 dosis vaksin di Manggarai Timur (Matim). Koordinator YTMI Matim, Petrus Channel Hasni Joma, menjelaskan, pendistribusian vaksin jenis Astrazeneca ini merupakan sinergitas lintas sektor antara YTMI dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui pihak Dinkes Matim.

Hal tersebut dijelaskan oleh Petrus Channel H. Joma saat ditemui disela-sela kegiatan vaksinasi masal di Desa Golol, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Rabu 10 November 2021.

Dalam kapasitasnya sebagai Koordinator Yellow Klinik, pemuda dengan sapaan akrab Chan Joma itu menerangkan bahwa vaksin tersebut merupakan berkad perjuangan dari Ketua DPD I Partai Golkar NTT Melki Laka Lena untuk mempercepat pecapaian target vaksinasi di Kabupaten Manggarai Timur.

"Sebelumnya, pada tanggal 15 Oktober lalu, pihak Kemenkes dari Jakarta menyalurkan vaksin sebanyak 5000 dosis melalui pihak Dinkes Manggarai Timur. Karena ada sedikit mis komunikasi sehingga sebagian vaksin didistribusikan oleh pihak Dinkes kepada masyarakat," jelas Chan Joma.

"Tapi itu tidak apa-apa. Pada intinya tujuan kita sama yaitu sama-sama berdiri di garis terdepan untuk berjuang melawan pandemi Covid-19 ini," kata Chan Joma.

Chan Joma menerangkan, sebanyak 5000 dosis vaksin tersebut telah didistribusikan menuju ke unit UPTD Puskesmas di wilayah Dinkes Matim, diantaranya UPTD Puskesmas Colol 1.000 dosis, UPTD Puskesmas Lawair 900 dosis, UPTD Puskesmas Bea Muring 490 dosis, UPTD Puskesmas Mano 494 dosis, UPTD Puskesmas Mukun 500 dosis, dan UPTD Puskesmas Sita 700 dosis.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD I Partai Golkar NTT, Melki Laka Lena, menyatakan komitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai sektor baik internal partai Golkar maupun instansi pemerintahan di tingkat Provinsi NTT sampai di Kabupaten/kota.

"Kami terus lakukan vaksinasi baik oleh Partai Golkar NTT dan YTMI kerjasama dengan Yellow Clinic sebagai gerakan kemanusiaan bantu masyarakat dan pemda NTT juga pemda tingkat ll se NTT," tulis Anggota DPR-RI Dapil NTT itu, via WhatsApp, kepada akuratnews.com, Rabu, 10 November 2021 malam.

Pantauan media, proses pelayanan vaksin yang dilaksanakan bertepatan dengan hari pahlawan Nasional 10 November 2021, di Rumah Adat Gendang Colol itu, melibatkan sejumlah tenaga kesehatan Dinkes Matim yang bertugas di wilayah UPTD Puskesmas Colol, dan para petugas dari Yellow Klinik.***

Penulis: Yohannes Marto

Baca Juga