Yonif Divif-3/Kostrad Bangun Masjid Sementara di Balaroa

Palu, Akuratnews.com - Satgas Divisi Infanteri-3/Kostrad bangun Masjid sementara bagi warga pengungsian korban gempa dan tsunami di Perumnas Balaroa, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

"Meski bersifat sementara, sarana Ibadah tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga beribadah dengan khusyuk," kata Dansatgas PRC PB Divif 3 Kostrad, Kolonel Inf Josep Tanada Sidabutar, dalam keterangan resminya yang diterima, Sabtu (13/10/18).

Selaku Dansatgas PRC PB Divif 3 Kostrad, kami turut prihatin atas apa yang dialami saudara-saudara kita disini. Segalanya harus dimulai dari nol akibat gempa dan tsunami.

"Demikian juga halnya dengan sarana ibadah, ini merupakan hal yang menurut kami juga tidak kalah pentingnya bagi warga. Oleh karenanya, bersama dengan warga semuanya bahu-membahu membangun mesjid ini," tuturnya.

Josep mengungkapkan, bahwa masjid darurat ini dibangun dengan materialnya sederhana, yaitu menggunakan kayu, bambu dan terpal.

“Masjid darurat ini bisa menampung ratusan jamaah agar warga yang menjadi korban gempa tetap bisa menjalankan kewajibannya di tengah kondisi bencana,” harapnya.

Ia berharap, keberadaan masjid darurat serbaguna yang sedang dibangun tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya

ditempat yang berbeda Danbrigif 3/Kostrad juga mengirimkan timnya untuk membuat Mandi Cuci Kakus (MCK) di daerah pengungsian wilayah Perumnas Bolaroa.

MCK menjadi masalah bagi para pengungsi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya. Sebab urusan MCK yang tidak baik sangat berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti diare dan penyakit kulit.

“Banyaknya pengungsi yang tinggal di tenda darurat tersebut, sehingga rentan terhadap berbagai wabah penyakit yang menular dari faktor lingkungan,” pungkasnya. (Yan)

Penulis:

Baca Juga