Yudi Nirmansyah Ditunjuk KPU Jabat Ketua KIP Abdya

(Ilistrasi) KPU RI

AKURATNEWS, Abdya | Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menunjuk Yudi Nirmansyah sebagai Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya menggantikan Sanusi yang dipecat DKPP-RI gegara kasus judi.

Pengangkatan Yudi Nirmansyah untuk duduk di KIP Abdya ini ditetapkan langsung oleh Ketua KPU-RI Ilham Saputra melalui Surat Keputusan KPU-RI bernomor 39 Tahun 2022 tentang Penetapan Ketua KIP Abdya.

“Alhamdulillah, mohon doa dan dukungannya dari kawan-kawan," ujar Yudi Nirmansyah, dilansir dari serambinews.com, Rabu (23/2).

Yudi mengatakan permintaan tersebut dicetus lantaran Lembaganya saat ini tengah fokus melakukan pendataan untuk persiapan Pemilu tahun 2024. Untuk kesuksesan hajat itu maka diperlukan dukungan dan kerjasama baik dari semua pihak.

Sebagai informasi, sebelumnya Ketua KIP Abdya periode 2018-2023 dijabat oleh Sanusi. Tampuk kekuasaan Sanusi ini kemudian dicopot oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) RI karena persoalan jeratan hukum. Sanusi dinilai telah melanggar kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu.

Kasus itu bermula, pada Kamis (9/9/2021) lalu Sanusi beserta rekan-rekannya diciduk Polisi karena kedapatan melakukan kegiatan judi di tengah kebun sawit warga.

Kasus ini pun kemudian viral dan gaduh di ranah publik hingga putusan sidang keluar mendakwa Sanusi dengan hukuman cambuk sebanyak 17 kali. Ganjaran ini dijatuhkan oleh Majelis Hakim merujuk pada Pasal 19 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang hukum Jinayat.

Penulis:

Baca Juga