Yuk Kenali Manfaat Luar Biasa dari Daun Suruhan

Manfaat Luar Biasa dari Daun Suruhan
Manfaat Luar Biasa dari Daun Suruhan

AKURATNEWS - Selama ini daun suruhan kerap dianggap sebagai tanaman liar biasa, bahkan kerap dijadikan mainan anak-anak.

Daun suruhan memang salah satu tanaman yang banyak tumbuh begitu saja di sekitar rumah dan daerah tertentu.

Namun, siapa sangka ternyata daun suruhan menyimpan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Daun suruhan memiliki banyak manfaat, beberapa diantaranya adalah mencegah penyakit jantung, Mengurangi peradangan hingga menurunkan risiko diabetes.

Tak hanya itu, penelitian awal menunjukkan manfaat daun suruhan bagi kesehatan sangat banyak, mulai dari sebagai obat jerawat, mengatasi asma, hingga menetralisir racun ular.

Penyebutan nama tanaman ini sendiri beraneka ragam, tergantung daerah masing-masing.

Tanaman ini mungkin juga dikenal sebagai daun tumpangan air, sladanan, saladaan, rangu-rangu, ketumpangan ayer, ataupun gofu doroho.

Lalu apa saja manfaat daun suruhan untuk kesehatan tubuh kita? mari kita simak:

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun suruhan yang paling diunggulkan adalah dapat mencegah terjadinya penyakit kronis, terutama kanker dan penyakit jantung.

Pasalnya, daun ini mengandung antioksidan yang terutama paling banyak ditemukan pada ekstrak daun suruhan kering.

Antioksidan pada daun suruhan dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah.

Kolesterol jahat ini dapat mengakibatkan Anda menderita tekanan darah tinggi alias hipertensi yang kemudian bisa berkembang menjadi penyakit jantung lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

2. Mengurangi peradangan

Manfaat daun suruhan yang satu ini didapat berdasarkan penelitian dengan menyuntikkan ekstrak daun ke tikus yang menderita edema kaki.

Hasilnya, ekstrak daun ini dapat membantu mengobati sakit akibat peradangan pada kaki tikus dapat berkurang.

3. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah studi mengungkap bahwa menyuntikkan ekstrak daun suruhan ke tikus yang menderita diabetes dapat menurunkan kadar gula darahnya.

Di saat yang sama, tikus tersebut juga menunjukkan penurunan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

4. Membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh

Tidak semua bakteri terpengaruh oleh ekstrak daun suruhan. Bakteri yang dapat mati oleh suntikan ekstrak daun suruhan di antaranya adalah Trichophyton mentagrophytes, bakteri Gram positif dan Gram negatif.

Meski lemah, manfaat daun suruhan sebagai pembunuh bakteri jahat juga ditemukan pada Aspergillus flavus dan Candida albicans.***

Penulis: Irfan Yulianto
Editor: Wahyu Wicaksono

Baca Juga