Yuk… Kompak Galang dan Salurkan Bantuan di Gerakan Rp1.000 Untuk Indonesia

Jakarta, Akuratnews.com - Situasi wabah Corona menyebabkan banyak ini warga masyarakat terpaksa kehilangan pekerjaan. Himbauan untuk tetap di rumah, bekerja dan belajar dari rumah dan menghindari kerumunan sangat berpengaruh pada sendi ekonomi para pekerja harian.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Gerakan Rp1.000 Untuk Indonesia yang didukung sejumlah  artis, pelaku seni dan jurnalis ini mengajak setiap anak bangsa ikut menanggulangi bencana wabah Corona.

Gerakan ini diinisiasi Muhato Hatta, Kris Tjandra, Carl Ideas dan Harry Koko Santosa. Mereka meluncurkan bersama meluncurkan Gerakan Rp1.000 untuk Indonesia, di Jakarta, Jumat (3/4).

Peluncuran gerakan ini ditandai pengumuman nomor rekening bank penyaluran donasi dari masyarakat, yakni BNI No. Rek 320.420.520.2, atas nama ‘Gerakan 1000 Untuk Indonesia’. Sementara untuk rekening di bank lainnya akan menyusul.

“Sampai Jumat, pukul 15.30 WIB dana yang terkumpul di rekening BNI sebesar Rp53.871.620 dan akan dilakukan update setiap hari,” ujar Kris Tjandra dalam teleconference, Jumat (3/4).

Sementara Carl Ideas mengingatkan bahwa Gerakan Rp1.000 untuk Indonesia bukan semata-mata hanya nilai seribu rupiah saja, melainkan lebih pada semangat kepeduliannya.

“Kita tunjukkan kepada dunia, bahwa kita adalah bangsa yang kompak. Kekompakan ini perlu kita keluarkan dalam wujud ‘Gerakan Rp1.000 untuk Indonesia’,” ujar Carl.

Pengumpulan dana ini nantinya akan disalurkan pada penanggulangan yang bersifat prefentif dan kuratif, berupa penyediaan Alat Perlindungan Diri (APD), nutrisi para tenaga medis yang menangani pasien Corona, maupun pasien yang ada di ruang isolasi.

“Demikian pula penyediaan desinfektan di 1.000 lokasi di seluruh Indonesia, namun kita masih melihat perkembangan selanjutnya, mengikuti arahan BNPB,” ujar Kris Tjandra.

“Sekarang tinggal bagaimana saudara-saudara kita yang terdampak secara ekonomi. Misalnya, ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang harus memenuhi kebutuhan keluarganya. Hal ini akan kita bantu tangani bekerja sama dengan Bulog,” imbuh Kris.

Sehari setelah diluncurkan, salah satu musisi yang tergabung dalam gerakan ini yakni Rebecca Reijman langsung bergerak membantu meringankan beban tetangganya yang terdampak wabah Corona.

Sejak bergabung di Gerakan Rp1.000 Untuk Indonesia, Becca, sapaan akrab Rebecca melelang barang kesayangannya di media sosial.

“Saya lelang dua lukisan karya saya dan satu tas merek Yves Saint Laurent,” ujar pelantun tembang 'Tanpamu' ini, Sabtu (4/4).

Dari hasil lelang sebesar Rp10 juta, sepenuhnya disalurkan menjadi 66 paket sembako yang dibagikan kepada tetangganya di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (4/4).

“Saya berusaha bantu sebisa saya, meski sedikit,” jelas Becca.

Guna menghindari kerumunan, Becca membagikan sembako door to door. Ia dibantu ketua RT dan polisi setempat.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga