Ziarah Kubur Saat Idul Fitri Dilarang, Dedi Mulyadi: Ganti Saja Jadi Wisata Ziarah Kubur

AKURATNEWS - Kebijakan pelarangan ziarah kubur di Idul Fitri tahun ini dipertanyakan anggota DPR, Dedi Mulyadi.

Hal ini diungkapkan Dedi, beberapa saat sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H pagi ini.

"Hari ini saya merasa bingung dengan sebuah kebijakan. Tempat pariwisata dibuka, ziarah kubur dilarang. Pertanyaan saya adalah, mana yang lebih menimbulkan resiko penyebaran Covid-19, di tempat pariwisatakah atau tempat ziarah kuburkah?" tanya Dedi seperti dilansir dari channel YouTube dan Facebooknya, Kamis (13/5).

Dikatakannya, sepengetahuan dan pengalaman yang dialaminya sampai saat ini, orang berdesak-desakan justru saat masuk di pintu area wisata.

"Orang berkerumun dalam jumlah banyak di area wisata, tapi belum pernah saya lihat orang berdesak-desakan masuk ke area pemakaman," tandasnya.

Kebingungan Ketua DPD Golkar Jawa Barat ini menimbulkan pertanyaan baginya, bisakah istilah ziarah kubur diganti dengan istilah wisata ziarah kubur?

"Bisa jadi cara pandang saya ini keliru, tapi saya mengajukan sebuah pertanyaan, ziarah kubur ditambah satu kata (jadi) wisata ziarah kubur, apa itu masih diperbolehkan atau tidak?" tanya Dedi.

Ia berharap pandangan ini memberikan kontribusi bagi semua pihak untuk berpikir logis dalam setiap hal.

"Agar kita memiliki konsistensi yang sama untuk mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Pernyataan Dedi ini langsung menuai dukungan netizen. Rata-rata mereka sepakat dengan apa yang dikatakan mantan bupati Purwakarta ini.

"Pak hj dedi aja yang paham secara politik, masih bingung dengan kebijakan tsb, apa lagi masyarakat ya hehehe.. Tapi ide nya pak hj bagus, wisata ziarah ke makam..." cuit akun Kafi Akbar Maulana.

"Jangan salahkan warga yg gk memahami pemerintah, alhamdulillah bapak pun sepemikiran dengan warga," cuit akun Kartina Damayanti.

"Dan semoga mudik juga bisa di ganti nama menjadi wisata silaturahmi ya pak haji," cuit akun Ramlan Taufik.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga