Meski Masih Menunggu Pengumuman Resmi KPU

Zulkifli Hasan Ucapkan Selamat Atas Keunggulan 01

Jakarta, Akuratnews.com - Pengumuman hasil resmi rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Sejumlah tokoh sudah memberi ucapan selamat pada pasangan calon nomor urut 01. Pasalnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf masih mengungguli Prabowo-Sandi.

Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat Zulkifli Hasan mengucapkan selamat atas keunggulan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 01, Jokowi-Ma'ruf dalam perhitungan rekapitulasi suara KPU. Meski demikian, dia masih menunggu pengumuman resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan dalam acara Tasyakuran Milad ke 91 Persatuan Tarbiyah Islamiyah, di Hotel Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat.

"Sampaikan salam saya pada Pak Kyai, sampaikan salam saya ke dia (Ma'ruf Amin), ucapan selamat pada Pak Kyai dan Pak Jokowi. Tetapi itu nunggu pengumuman resmi, Tapi kalau dilihat tanda-tandanya kan sudah kelihatan," kata Zulkifli, dalam acara bertajuk "Tasyakuran Milad ke 91 Persatuan Tarbiyah Islamiyah," di Hotel Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat, Minggu (19/5/2019).

Penghitungan suara sementara Pilpres 2019 dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU) pada Minggu pukul 12.00 WIB, menampatkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Ma'ruf meraih 76.586.372 suara atau 55,76%, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat 60.769.570 suara atau 44,24%. Suara yang masuk sudah mencapai 89,64% dari total suara hasil pencoblosan.

Zulkifli berharap pada presiden yang terpilih dapat menyatukan kembali perpecahan yang ada selama tahapan pemilu berlangsung. Indonesia memerlukan sosok yang dapat menjadi pemimpin sekaligus menjadi bapak bangsa.

"Yang paling penting yang menang itu, bisa menjalin kembali merah putih, bisa jadi bapak bangsa mempersatukan kita. Ini kan terlihat belahnya," ucapnya.

Zulkifli menilai dalam kondisi memanas, diperlukan upaya rekonsiliasi dari kedua belah pihak. Usai pengumuman resmi, Joko Widodo dan juga Prabowo Subianto diharapkan dapat bertemu untuk memulihkan hubungan yang lebih baik.

"Perlu adanya rekonsiliasi," ujar Zulkifli.

Sementara Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin mengapresiasi sikap Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan yang mengucapkan selamat atas keunggulan dirinya dalam hasil penghitungan suara sementara Pilpres 2019 dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU).

Menurut Ma'ruf, sebagai pemimpin yang bijak harus dapat menghormati terhadap apapun hasilnya. Dia menilai pemimpin tersebut mencerminkan sikap yang dewasa.

"Mestinya pemimpin, ya begitu. Artinya berikan pengakuan terhadap apa yang terjadi. Suka atau tidak suka. Ah, ini kita sangat menghargai sikap beliau. Negarawan, Dewasa," kata Ma'ruf, di Hotel Twin Plaza Slipi, Jakarta Barat, Minggu (19/5).

Kendati demikian, Ketua Umum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengimbau para tokoh kenegaraan dapat mencontoh sikap Zulkifli Hasan. Sebab, tugas dari tokoh kenegaraan itu dapat menjaga persatuan bangsa.

Lebih lanjut, Ma'ruf menyambut baik usulan para peserta pemilu dapat melangsungkan pertemuan untuk mendinginkan suasana pasaca pemilu. Dia akan menyampaikan usulan tersebut pada pasangannya, Joko Widodo.

"Itu bagus. Artinya para pemimpin-pemimpin bergandengan lagi. Itu bagus sekali," ujar Ma'ruf.

Penulis: Redaksi

Baca Juga