3 Cara Membuka Blokir WA dan Ciri-Ciri Nomor Anda Diblokir

Makin Rajin

3 Cara Membuka Blokir WA dan Ciri-Ciri Nomor Anda Diblokir

WhatsApp telah menjadi sarana komunikasi yang tak tergantikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, terkadang ada situasi di mana Anda mungkin perlu melakukan beberapa cara membuka blokir kontak WA tertentu. 

Lantas, apa yang harus Anda lakukan jika Anda ingin mengembalikan akses dan berkomunikasi kembali dengan kontak yang telah Anda blokir? Tenang saja, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuka blokir kontak di WhatsApp dengan mudah.

3 Cara Membuka Blokir WA yang Mudah

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka blokir WhatsApp. Silakan simak masing-masing panduan caranya di bawah ini.

1. Cara Membuka Blokir Kontak WA yang Kita Blokir

Setiap pengguna WhatsApp bisa dengan mudah memblokir kontak karena beberapa alasan tertentu. Selain itu, langkah ini juga bisa berguna untuk menghindari penipuan supaya tidak menghubungi Anda lagi. Jika Anda ingin membuka kembali kontak yang Anda blokir, silakan ikuti panduan berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian perhatikan pojok kanan atas layar HP Anda.
  2. Tekan ikon titik tiga vertikal untuk memunculkan pilihan menu seperti gambar di bawah ini.
  1. Tekan menu “Pengaturan” atau “Setting”.
  2. WhatsApp akan menampilkan pilihan menu lanjutan, kemudian pilih “Privasi” atau “Privacy”.
  1. Geser pilihan menu supaya Anda bisa menemukan opsi “Kontak Terblokir” atau “Blocked Contact”.
  1. Jika Anda sering memblokir kontak, maka Anda akan mendapati banyak kontak yang masuk dalam daftar blokir.
  2. Jika sudah menemukan kontak yang ingin Anda buka blokirannya, silakan klik “Unblock”.
Baca Juga:  Standar Ukuran ID Card (Panitia, KTP, Karyawan) Indonesia & Internasional

Apabila Anda telah unblock kontak, itu artinya Anda bisa mengirimkan pesan, melakukan panggilan telepon, atau bahkan video call lagi. Selain itu, kontak tersebut juga bisa menghubungi Anda secara normal. 

Jika Anda menggunakan WhatsApp Business, maka Anda bisa melakukan cara yang sama seperti di atas untuk membuka kontak yang Anda blokir. Mudah, bukan?

2. Cara Membuka Blokir Orang yang Memblokir WA Kita

Tutorial pada artikel ini tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang memblokir kontak, melainkan orang yang Anda blokir juga bisa membuka blokiran tersebut. Bagaimana caranya?

Mudah saja, membuka blokiran WA tanpa kehendak pemblokir bisa Anda lakukan dengan melakukan modifikasi nomor. Untuk melakukan modifikasi, Anda tidak perlu mengganti nomor WA dengan yang baru, sehingga kontak yang Anda simpan tetap aman.

Lantas, bagaimana cara memodifikasi nomor yang diblokir? Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama, bukalah aplikasi WhatsApp. Lalu, klik simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar HP Anda.
  2. Nantinya, Anda akan mendapati beberapa menu dan klik opsi “Setelan” atau “Setting”.
  3. Jika muncul kotak dialog berikutnya, klik opsi “Akun” atau “Account”.
  4. Kemudian, tekan menu “Ganti Nomor” atau “Change Number”.
  5. Silakan masukkan nomor WA Anda yang terbaru pada kolom yang tersedia.
  6. Setelah Anda selesai memasukkan nomor WA, berikan tambahan angka dari 0-9 di bagian akhir nomor WA Anda.
  7. Untuk lanjut ke proses berikutnya, klik tombol “Lanjut”.
  8. Silakan tunggu konfirmasi dari WhatsApp atas penggantian nomor tersebut. Biasanya, WA akan mengkonfirmasi Anda melalui panggilan telepon. 
  9. Setelah itu, masukkan kode verifikasi dengan benar.
  10. Apabila gagal, jangan tekan menu “Kirim Ulang SMS” karena nomor tersebut sudah Anda modifikasi. Jadi, silakan tunggu hingga WA akan menghubungi Anda lagi melalui sambungan telepon.
  11. Jika sudah, masukkan kembali kode verifikasi yang baru.
  12. Apabila berhasil masuk, maka Anda pun akan menerima notifikasi bahwa Anda berhasil mengganti nomor tersebut. Untuk memastikan apakah Anda berhasil membuka blokiran tersebut, cobalah untuk mengirimkan chat ke kontak yang memblokir Anda.
Baca Juga:  Cara Menghapus Video di Tiktok: 5 Langkah Mudah Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya, cara membuka blokir WA yang kedua ini lebih mengarah pada hack. Pasalnya, Anda harus melakukan modifikasi terlebih dahulu untuk bisa membuka nomor Anda yang diblokir orang lain. 

3. Cara Membuka WA yang Diblokir Tanpa Ganti Nomor

Jika Anda sudah beberapa kali mencoba cara kedua dengan memodifikasi nomor namun tetap tidak berhasil. Maka silakan coba cara berikut yang mana tidak mengharuskan Anda untuk memodifikasi atau mengganti nomor WA. Anda bisa menghapus akun WhatsApp kemudian membuat akun baru. Berikut ini tahapannya:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu temukan menu “Pengaturan” atau “Setting”. Menu tersebut bisa Anda temukan dengan klik ikon titik tiga yang berada di sudut kanan atas layar.
  2. Kemudian, klik menu “Account” atau “Akun”.
  3. Scroll down layar untuk menemukan menu “Delete My Account” atau “Hapus Akun Saya”.
  4. Berikutnya, WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan nomor dengan kode Internasional, yaitu menambahkan +62.
  5. Untuk mengakhiri penghapusan akun, klik opsi “Delete My Account” atau “Hapus Akun Saya”.

Dengan cara membuka blokir WA di atas, akun lama Anda sudah berhasil terhapus dan Anda pun bisa membuat akun baru dengan nomor yang sama. Ketika membuat akun baru, WhatsApp akan memberikan pilihan pada kotak dialog seperti masuk akun lama atau membuat akun baru. 

Nah, silakan pilih akun baru dan ikuti panduan dari WhatsApp hingga selesai. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan nomor yang sama untuk menghubungkan akun baru Anda.

Baca Juga:  Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung dengan Mudah

Ciri-ciri WA Anda Diblokir Orang Lain

Setelah mengetahui cara membuka blokir WA, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri ketika orang lain memblokir nomor Anda. Intip ciri-cirinya di bawah ini:

1. Centang Satu

Cara yang paling mudah adalah dengan mengirimkan pesan. Apabila pesan yang Anda kirim menunjukkan centang satu bahkan setelah beberapa minggu, bulan, dan tahun, maka kemungkinan besar nomor tersebut memblokir Anda. 

Pasalnya, tanda bahwa pesan Anda terkirim adalah memiliki tanda centang dua. Namun, jika tanda centang satu hanya berlangsung dalam hitungan jam atau hari, bisa jadi nomor tersebut sedang tidak aktif atau tidak tersambung dengan internet.

2. Foto Profil Kosong

Foto profil yang kosong juga bisa menjadi tanda bahwa nomor tersebut memblokir kontak Anda. Namun, Anda perlu memahami bahwa seseorang dapat memblokir nomor Anda tanpa sepengetahuan Anda, terutama jika mereka tidak memiliki foto profil terpasang. 

Maka dari itu, coba kirimkan pesan atau melakukan panggilan telepon. Jika pesan Anda mendapat centang satu atau Anda tidak bisa menghubunginya, maka kemungkinan besar orang itu memblokir Anda.

3. Tidak Bisa Bergabung ke Grup WA

Cara terakhir agar Anda tahu bahwa orang lain memblokir nomor Anda adalah dengan memasukkan nomor tersebut ke grup WA. Apabila Anda tidak bisa memasukkan nomor tersebut dengan alasan tidak ada kewenangan menambahkan nomor ke grup, biasanya hal ini karena Anda diblokir.

Sudah Tahu Cara Membuka Blokir WA?

Itulah cara membuka blokir WA yang bisa Anda coba. Anda juga bisa mencoba alternatif seperti memodifikasi nomor WA supaya bisa membuka blokiran tersebut. 

Pada kesimpulannya, fitur blokir di WhatsApp bisa Anda gunakan untuk menjaga privasi agar tidak mengganggu kenyamanan. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menghubungi Anda dan menghindari gangguan yang tidak diinginkan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait