Cara Membuat Huruf Putus Putus di Word Menggunakan Font, Mudah!

Solaeman Nur Rahman

Cara Membuat Huruf Putus Putus di Word Menggunakan Font dengan Mudah

Apakah kamu tahu bahwa ternyata word dapat dengan mudah digunakan untuk membuat huruf putus-putus. Cara membuat huruf putus-putus di word tentu bisa dilakukan dengan langkah yang sangatlah mudah.

Kamu bisa mengetahui langkah-langkahnya yang perlu dilakukan ketika ingin menggunakan word untuk membuat huruf putus-putus sesuai apa yang dibutuhkan. Pada biasanya seseorang menggunakan untuk kebutuhan tertentu, seperti untuk media belajar anak TK atau PAUD.

Apa Itu Huruf Putus-Putus dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa Itu Huruf Putus-Putus dan Apa Saja Manfaatnya?

Bagi yang belum mengetahui apa itu huruf putus-putus, ini merupakan font putus-putus yang dapat berupa titik-titik atau strip (-) yang berkumpul, sehingga membentuk sebuah huruf, simbol, ataupun angka. Pada biasanya font putus-putus ini digunakan untuk membuat sebuah desain lembar kerja.

Khususnya untuk anak TK, desain T-shirt yang unik maupun desain poster. Namun hal yang paling sering dilakukan yaitu untuk buku TK. Hal ini dijadikan sebagai alat yang berguna untuk memudahkan para peserta didik dalam belajar menulis huruf A sampai Z.

Selain itu juga bisa menulis angka sampai menggambar bentuk. Cara membuat huruf putus-putus di word tanpa aplikasi juga bisa dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah. Untuk itu, kamu bisa mengetahui informasi selengkapnya seperti apa yang dijelaskan di ulasan berikut.

Rekomendasi Huruf Putus-Putus di Word

Membuat hirif putus-putus yang ada di Microsoft Word tentu harus menentukan pilihan dari segi font yang akan digunakan. Seperti yang diketahui bahwa masing-masing font pastinya akan memiliki tampilan yang tidak sama.

Oleh karena itu, disarankan bagi kamu agar tepat dalam menentukan pilihan. Tenang saja, berikut ini ada banyak sekali pilihan huruf putus-putus yang bisa membantu kamu di antaranya seperti berikut:

Baca Juga:  4 Cara Membuat Barcode di Word yang Bisa di Scan

1. Raleway Dots

Raleway Dots

Untuk font yang pertama ini adalah versi putus-putus dari font populer Raleway. Untuk font itu sendiri memiliki lisensi SIL Open Font Lisensi. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah menggunakannya secara gratis, meskipun untuk kegiatan komersial.

2. UKIJ Elipbe Chekitlik

UKIJ Elipbe Chekitlik

Bagi yang belum mengetahui, ini adalah sebuah font yang berasal dari Family Font UKIJ Elipbe yang merupakan hasil karya desainer Turki. Kamu bisa dengan mudah membuat huruf putus-putus dari A sampai Z dengan lengkap, menggunakan versi kapital sampai latin bersambung.

Hal ini memang sama seperti font yang pertama, karena kamu bisa menggunakannya secara gratis. Baik itu untuk kebutuhan komersial atau personal. Kamu menggunakan font ini melalui word karena cara membuat huruf putus-putus di word menggunakan font ini dapat dikatakan sangatlah mudah.

3. Budmo Jiggler Font

Budmo Jiggler Font

Untuk tampilan font yang ketiga ini dapat dikatakan cukup berbeda dibandingkan dengan font putus-putus yang lainnya. Font-font ini banyak digunakan untuk melakukan pembuatan worksheet stiker dot seperti worship edukasi untuk batita.

Hal ini sudah memiliki lisensi Free For Commercial Use. Sementara cara membuat huruf putus-putus di word 2010 melalui font ini bisa kamu gunakan gratis 100% tanpa ada biaya sama sekali.

4. Codystar Font

Codystar Font

Cody Star Font sudah memiliki lisensi SIL Open Font Licence dan OFL atau Free For Commercial Use. Kamu bisa menggunakan font ini untuk melakukan pembuatan web gratis, poster, logo maupun melakukan desain buku untuk anak-anak.

5. Teleindicadores 1

Teleindikadores 1

Cara membuat huruf putus-putus di word menggunakan font yang satu ini pastinya kamu bisa dengan mudah membuat huruf dari A sampai Z. Bisa juga membuat angka putus-putus.

Perlu diketahui bahwa fony Teleindikadores 1 ini sudah memiliki lisensi publik domain. Sehingga kamu bisa menggunakannya dengan bebas dan tenang, karena bisa dinikmati secara gratis.

Baca Juga:  2 Cara Membuat Garis Tebal di Word Manual dan Otomatis

6. Score Board Font

Score Board Font

Untuk font score Board itu sendiri sangat cocok digunakan untuk melakukan desain poster. Bisa juga digunakan untuk membuat desain promosi. Biasanya font yang menggunakan Score Board ini memiliki sifat freeware, personal dan komersial use.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan font ini jika sekiranya beberapa font yang sudah dijelaskan di atas dianggap kurang sesuai dengan yang kamu harapkan.

Cara Membuat Huruf Putus-Putus di Word

Memang tidak sulit bagi kamu untuk membuat huruf menggunakan kesan yang putus-putus. Melalui penulisan huruf inilah, maka kamu bisa memberikan tampilan yang berbeda sesuai apa yang kamu inginkan. Tenang saja, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

  • Di langkah pertama, kamu dapat mengatur keyboard Arabic pada komputer maupun laptop yang ingin kamu gunakan.
  • Kemudian masuklah ke control panel.
  • Lalu pilih region and language.
  • Selanjutnya, pada saat kamu sudah berada pada tampilan region dan language, silahkan pilih keyboard and languages.
  • Jika sudah, langsung saja pilih change keyboard.
  • Pilih add.
  • Kemudian pilih Arabic atau Saudi Arabia, klik Arabic (101) dan Arabic (102).
Kemudian pilih Arabic atau Saudi Arabia, klik Arabic (101) dan Arabic (102).
  • Jika sudah, tinggal klik tombol oke.
  • Selanjutnya silakan lakukan pengecekan pada pojok kanan bawah, lebih tepatnya di bagian pilihan keyboard.
  • Untuk keyboard Arabic seharusnya sudah muncul menggunakan kode AR atau Arabic, IN (Indonesia) dan EN (English).
  • Lalu silahkan kamu pasang font KFGVC alfabet dotted atau Arabic putus-putus.
  • Bisa juga menggunakan font trace-font-for kids atau latin putus-putus.
  • Jika sekiranya belum memilikinya, maka kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu dan silahkan ekstrak filenya.
  • Langkah berikutnya, kamu tinggal membuka font KFGQPC.
  • Lalu tunggulah beberapa saat hingga proses penginstalan selesai.
  • Silahkan lakukan hal yang sama ke bagian font trace font for kids.
  • Jika sudah, kamu tinggal membuka aplikasi Microsoft word.
  • Setelah itu lakukan pengecekan apakah font yang kamu install tersebut telah terpasang di Microsoft word atau belum.
  • Untuk melakukan pengujian, kamu dapat membuat tabel. Caranya dengan masuk ke menu insert, pilih tabel lalu tentukan tipe maupun jenis tabel sesuai yang kamu inginkan.
  • Sekarang, kamu dapat melakukan pengecekan font di word.
  • Caranya tinggal masuk ke home maupun beranda.
  • Pilih font, kemudian carilah font sesuai yang telah terinstall.
  • Kamu dapat menentukan pilihan apakah ingin menggunakan KFGHPC alfabet dotted ataupun font trace font for kids.
  • Selanjutnya tinggal kamu menyesuaikan ukuran font sesuai apa yang kamu inginkan.
  • Di langkah ini, seharusnya langkah cara membuat huruf putus-putus di word sudah berhasil.
  • Proses selesai.
Baca Juga:  5 Cara Membuat Tabel Landscape di Word dengan Hasil Rapi

Mengapa Harus Menggunakan Huruf Putus-Putus di Word?

Mengapa Harus Menggunakan Huruf Putus-Putus di Word?

Bagi yang kurang memahami mengapa harus menggunakan huruf putus-putus di word, maka ini adalah salah satu teknik untuk memudahkan para anak-anak yang baru saja memasuki usia sekolah. Seperti PAUD, TK, Playgroup atau yang lainnya.

Kemampuan dalam menulis memang menjadi hal yang sangat penting untuk anak-anak. Selain itu, cara membuat huruf putus-putus di word secara tidak langsung juga mempermudah orang tua dalam mengajari anak menulis.

Tentu saja kamu sebagai orang tua harus mengajarkan teknik belajar yang menyenangkan. Kamu bisa dengan mudah mengajak anak untuk menirukan bagaimana cara menulis huruf yang ada di gambar. Bisa juga mengajarkan anak menggambar melalui huruf putus-putus yang sudah dibuat.

Dengan bantuan word, maka tidak sulit bagi kamu untuk membuat garis putus-putus. Baik itu dari abjad, gambar, angka atau yang lainnya. Anak akan merasa senang ketika mengikuti titik-titik di bagian gambar. Anak bisa mengikuti titik-titik tanpa mengalami kesulitan.

Berdasarkan dari cara membuat huruf putus-putus di word, maka tidak sulit bagi kamu untuk mengajarkan anak untuk hobi menulis dan menggambar dengan cara yang menyenangkan.

Pada dasarnya memang teknik penggunaan huruf putus-putus ini digunakan para pendidik TK dan PAUD untuk memudahkan murid belajar tanpa rasa bosan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait