4 Cara Download Video di YouTube, Singkat dan Mudah!

Makin Rajin

4 Cara Download Video di YouTube, Singkat dan Mudah!

YouTube menjadi platform paling populer untuk menonton video saat ini. Biasanya, untuk menonton video di YouTube perlu adanya koneksi internet. Namun, jika Anda tidak bisa terkoneksi dengan internet, video di YouTube ternyata juga bisa Anda unduh. Bagaimana cara download video di YouTube? Cari tahu di sini!

Mengenal Youtube

YouTube merupakan platform berbagi video yang dapat Anda gunakan secara gratis mau[un berbayar. Platform ini dapat Anda akses melalui berbagai macam gawai (gadget) mulai dari ponsel, komputer, hingga smart TV. Di dalam Youtube sendiri Anda bisa mengunduh video, namun dengan beberapa ketentuan.

YouTube menawarkan kualitas gambar Medium (360p/480p) dan Low (144p) secara gratis. Bagi penikmat YouTube Premium, video yang sama dapat diunduh memiliki kualitas gambar yang lebih baik, yakni Full HD (1080p) dan High (720p).

Jika menikmati video YouTube di ponsel, kualitas medium sudah cukup baik, mengingat layar ponsel yang cukup kecil. 

Cara Download Video di YouTube Lewat Aplikasi

Sebagai platform video yang berpengalaman, YouTube telah menyediakan fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk menonton video tanpa koneksi internet. 

Aplikasi YouTube juga akan memudahkan pengguna smartphone atau tablet untuk mengakses video tanpa perlu melewati browser. Nah, lewat aplikasi tersebut Anda juga bisa mengunduh video. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi Youtube
  • Lalu, cari video yang ingin Anda unduh. Cara mencari video adalah dengan menyentuh logo kaca pembesar yang ada di pojok kanan atas layar, lalu mengetikkan judul video yang Anda mau.
  • Setelah menemukan video yang Anda mau, tekan tanda titik tiga (⋮) yang berada di sebelah kanan bawah gambar (thumbnail). Tepat berada di bawah durasi video. 
Baca Juga:  2 Cara Membuat Grup WA dengan Cepat tanpa Kendala
  • Setelah menekan tanda titik tiga, YouTube akan menampilkan beberapa pilihan di bawah layar smartphone. Anda bisa pilih Download Video.
  • Setelah itu, pilih kualitas gambarnya. Lalu, tekan tombol Download yang berada  di bawah layar. 
  • Video sudah terunduh dan bisa Anda tunggu hingga selesai.

Jika cara download video di YouTube di atas dapat Anda lakukan sebelum menonton video. Maka, Anda juga bisa mengunduh video saat sedang sedang menonton secara online. Berikut caranya:

  • Pertama, cari tombol Download yang ada di bawah tombol Subscribe atau logo lonceng. Bersama dengan deretan Like, Share, Remix, Download, Clip, dan Save. Tombol tersebut muncul setelah keluar dari mode full screen
  • Setelah itu,pilih kualitas gambar dan video berhasil diunduh.

Setelah mengunduh video, YouTube akan langsung menunjukkan daftar video yang telah Anda unduh. Apabila masih tersambung internet, video tersebut terdapat di dalam menu Library yang berada di pojok kanan bawah layar, di dalam kolom Download.

Cara di atas juga bisa Anda terapkan jika mengakses platform Youtube melalui browser. Langkah-langkah juga tidak jauh berbeda.

Cara Download Video di Youtube ke Perangkat

Berbeda dengan cara sebelumnya, YouTube tidak menyediakan fitur pengunduhan video ke perangkat. Namun, masih ada cara untuk mencapai tujuan ini, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa situs pihak ketiga. Berikut adalah beberapa yang bisa Anda coba gunakan:

1. Y2Mate

Situs yang pertama adalah Y2Mate. Ini adalah salah satu situs populer untuk mengunduh video dari berbagai jenis platform. Nah, berikut ini cara download video di YouTube yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama, Anda bisa mengakses Y2Mate dengan menggunakan link berikut https://www.y2mate.com/en816.
  2. Setelah itu, buka Youtube dan cari video yang ingin Anda unduh. Lalu, salin link video tersebut.
  3. Masukkan link tautan pada kotak merah yang ada di situs Y2Mate.
  4. Anda bisa tunggu sebentar dalam proses pencarian sampai terdapat pilihan unduh. Anda bisa memilih tipe file dan ukurannya sesuai kebutuhan.
  5. Jika sudah menentukan pilihan, Anda bisa klik Download. 
  6. Nantinya, akan muncul kotak informasi. Tunggu hingga ada pilihan Download.
  7. Jika sudah muncul, klik tombol Download. Video akan otomatis terunduh ke perangkat Anda. 
Baca Juga:  Cara Serlok di WA: Tata Cara, Fungsi, dan Alasannya

Sebagai catatan, domain dari situs ini cukup beragam. Jadi, kemungkinan bisa berubah. Karena itu, Anda juga bisa mencarinya langsung melalui Google Search Engine.

2. Savefrom.net

Situs lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk download video adalah Savefrom.net. Ini juga merupakan situs yang sangat populer dan memiliki banyak sekali pengguna. Berikut cara unduh video di YouTube yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama, buka situs Savefrom.net menggunakan link berikut https://en.savefrom.net/391GA/. Setiap link juga bisa berbeda seperti Y2Mate.
  2. Lalu, cari video yang ingin Anda unduh dan salin tautannya.
  3. Selanjutnya, letakkan link pada kolom hijau yang ada di situs download.
  4. Klik download dan tunggu hingga muncul gambar video dan pilihan download.
  5. Anda juga bisa memilih resolusi video sesuai keinginan. Setelah merasa yakin, silakan klik Download.
  6. Secara otomatis tab akan teralihkan. Namun, Anda bisa langsung close tab tersebut. Video juga sudah otomatis terunduh ke dalam perangkat.

Selain menyalin tautan, Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengunduh video lewat Savefrom.bet. Cara ini cukup unik karena Anda hanya perlu menambahkan kata “ss” di tautan link. Berikut caranya:

  1. Pertama, Anda bisa buka video yang ingin Anda unduh.
  2. Pada kolom address, tambahkan “ss” sebelum kata Youtube. Misalnya, menjadi https://ssyoutube.com/watch?v=Aol5QckFFQ.
  3. Setelah itu, halaman Anda akan otomatis berubah menjadi Savefrom.net. Anda hanya perlu melakukan langkah download seperti sebelumnya.
Baca Juga:  Cara Membuat Link Google Drive Dengan Mudah

3. TubeNinja

Cara download video di YouTube lainnya adalah dengan menggunakan situs TubeNinja. Caranya juga kurang lebih sama seperti situs-situs sebelumnya. Nah, ini dia langkah lengkapnya:

  1. Silakan cari video yang ingin Anda unduh, lalu salin tautannya.
  2. Setelah itu, buka situs TubeNinja dengan menggunakan tautan berikut https://tubeninja.net/welcome.
  3. Letakkan link video sebelumnya pada kolom yang sudah tersedia. 
  4. Tunggu sebentar hingga muncul pilihan download.
  5. Anda bisa memilih resolusi dan ukuran video sesuai keinginan. Lalu, silakan klik tombol Download.
  6. Nantinya, Anda akan diarahkan pada tab baru. Jika sudah demikian, silakan klik kanan atau ketuk dan tahan di video. Maka, akan muncul pilihan download. Anda bisa pilih Download Video jika menggunakan ponsel atau Save video as jika menggunakan laptop atau komputer.

Cara Download Video di YouTube Mudah, Bukan?

Itulah beberapa cara unduh video di Youtube yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika ingin mengunduh ke perangkat, Anda bisa mengguna beberapa website yang disebutkan di atas.

Namun, tetap hati-hati dengan pop iklan. Ketika menggunakan ponsel sebaiknya gunakanlah aplikasi YouTube untuk mengunduh video. Sebab, meskipun video tidak akan tersimpan dalam file perangkat, prosesnya lebih mudah dan Anda bisa bebas mengaksesnya di Youtube.

Namun, perlu Anda pahami bahwa tombol download video memang tidak selalu ada. Umumnya, ini tergantung pada pengaturan hak cipta atau penyimpanan yang penuh.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait