5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express Anti Ribet

Makin Rajin

5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express Anti Ribet

Memahami cara mengetahui nomor kurir Shopee Express akan menjadi salah satu pencegahan dan pengamanan terbaik untuk transaksi online. Sayangnya, tak semua pembeli mengetahui cara ini, sehingga membuatnya cemas jika paket tak kunjung datang. Supaya tidak mudah panik, mari simak 5 cara berikut ini!

Mengenal Shopee Express

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee cukup peka atas kebutuhan distribusi paket atau produk transaksi online. Melalui peluang tersebut, Shopee juga menjalankan bisnis lain di bidang pengiriman paket dengan nama Shopee Express.

Umumnya, jasa pengiriman ini memang berfokus untuk melayani pengiriman paket dari aplikasi Shopee. Tujuan jasa pengiriman ini sendiri adalah untuk memudahkan atau memfasilitasi pihak penjual dan pembeli dalam mengirim dan menerima barang dengan lebih cepat.

Layanan yang Shopee Express sediakan

Sebelum mempelajari cara mengetahui nomor kurir Shopee Express, ada baiknya Anda mempelajari layanan yang bisa Anda gunakan, seperti:

1. Shopee Express Standar

Layanan pertama ini adalah jasa kirim yang Shopee sediakan untuk pengiriman reguler. Umumnya, pengguna yang bisa menggunakan layanan ini adalah seluruh pengiriman dari aplikasi Shopee di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

Pengiriman barang relatif cukup cepat, walaupun ada berat maksimal yang Shopee layani. Untuk pengiriman dalam pulau Jawa, maksimal hanya bisa mengangkut berat maksimal paket di 50 kg. Sedangkan untuk luar Jawa bisa mencapai 200 kg.

Baca Juga:  Kemenkominfo Gandeng IJPN Gelar Workshop Jurnalistik #2 Tingkatkan Kompetensi Generasi Muda Papua

2. Shopee Express Sameday

Layanan pengiriman satu ini punya masa pengiriman yang jauh lebih cepat, karena hanya butuh durasi sekitar 24 jam saja. Sayangnya, layanan ini cukup terbatas pada area Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat saja. Sedangkan untuk berat maksimal hanya 7 kg saja.

3. Shopee Express Instant

Sebenarnya, mempelajari cara mengetahui nomor kurir Shopee Express, cukup penting untuk layanan satu ini. Karena pengiriman yang dijanjikan maksimal dalam 3 jam ini biasanya sulit dilacak jika terjadi kendala. Dalam pengiriman ini, kurir hanya bisa mengirim maksimal 20 kg dengan dimensi maksimal hanya 50x50x50 cm.

4. Shopee Express Hemat

Layanan terakhir adalah paket yang punya biaya paling kecil dari jenis yang lainnya. Namun, harga tersebut sebanding dengan durasi pengiriman yang lebih lama. Selain itu, berat maksimal paket tidak lebih dari 50 kg dengan jangkauan layanan lebih terbatas.

5 Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express

Ada beberapa cara mudah untuk cek nomor kurir dari paket yang Anda pesan, berikut beberapa diantaranya:

1. Cara Mengetahui Nomor Kurir dari Fitur Chat 

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah melalui fitur pesan yang ada pada aplikasi Shopee yang Anda gunakan. Ini langkah yang bisa Anda coba:

  • Dalam tab tersebut ada banyak menu, cari menu “Chat dengan Shopee”. Scroll ke bawah untuk menemukan ikon semacam siluet Customer Service.
  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Shopee yang Anda miliki, lalu pindah tampilan ke tab “Saya”. Cari tombol dengan ikon siluet orang di bagian kanan bawah.
  • Setelah berhasil, Anda bisa beralih ke halaman “Live Chat” dengan cara memasukkan kata kunci “live chat”. Lalu, klik kiri atau ikon pesawat kertas di bawah kanan.
  • Pilih status pelanggan, apakah Anda pembeli atau penjual. Jika pembeli, Anda bisa lanjut dengan langsung menyampaikan tujuan terkait status paket dan nomor kurir.
  • Ikuti langkah yang ada dan tunggu hingga CS Shopee melakukan pengecekan pada pertanyaan Anda.
Baca Juga:  Kemenkominfo Gandeng IJPN Gelar Workshop Jurnalistik #2 Tingkatkan Kompetensi Generasi Muda Papua

2. Cara Mengetahui Nomor Kurir dari Email

Jika Anda tidak membawa ponsel yang terhubung dengan akun Shopee, cara mengetahui nomor kurir Shopee Express lainnya adalah langsung menghubungi email CS Shopee. Berikut langkahnya:

  • Buka email melalui browser atau perangkat yang Anda gunakan. Pastikan email yang Anda gunakan sesuai dengan yang terhubung dengan akun Shopee.
  • Pastikan Anda memegang atau menyiapkan nomor resi paket yang tertera atau transaksi yang Anda lakukan. Anda juga bisa mencantumkan keluhan atau masalah, nomor ponsel, dan username.
  • Untuk email terkait dari pihak Shopee Express sendiri ada di  help@support.shopee.co.id.
  • Setelah mengirim, tunggu hingga petugas menjawab dan lakukan langkah sesuai yang petugas minta.

3. Cara Mengetahui Nomor Kurir melalui Call Center

Langkah berikut ini bisa Anda coba jika pelacakan paket tak kunjung berhasil, yakin Anda bisa menghubungi pihak call center Shopee Express. Pada langkah ini, pastikan nomor yang Anda gunakan memiliki pulsa yang cukup. Berikut tahapannya:

  • Siapkan ponsel yang sudah Anda isi pulsa sebelumnya, ada baiknya menggunakan nomor yang terhubung dengan aplikasi Shopee.
  • Setelah itu, masukkan nomor 021-39500300 atau 1500702 pada dial number dan segera hubungi untuk melakukan laporan.
  • Jika sudah terhubung, Anda bisa menanyakan apa yang ingin Anda tahu. Sampaikan bahwa Anda sudah melakukan beberapa cara sebelumnya, namun paket tak kunjung terdeteksi.
  • Anda hanya perlu menunggu respon dan solusi dari pihak Shopee Express melalui pemeriksaan laporan Anda tersebut.
Baca Juga:  Kemenkominfo Gandeng IJPN Gelar Workshop Jurnalistik #2 Tingkatkan Kompetensi Generasi Muda Papua

4. Cara Mengetahui Nomor Kurir dari Service Point

Jika cara online tak kunjung mendapatkan hasil yang memuaskan, maka cara mengetahui nomor kurir Shopee Express berikutnya adalah mengunjungi dan melakukan laporan atau komplain ke service point Shopee Express terdekat. Langkah berikut akan sangat membantu:

  • Sebelum melakukan laporan, siapkan dulu semua kebutuhan. Meliputi dokumen pendukung, nomor resi dari aplikasi, SS laporan sebelumnya, dan lain sebagainya.
  • Jika semua sudah siap, Anda bisa mencari tahu informasi lokasi service point Shopee terdekat melalui aplikasi Maps. 
  • Anda juga bisa mengetahui alamat service point terdekat dengan mengunjungi website Shopee Express service point. Alamat atau nomor WA service point terdekat bisa Anda temukan melalui kolom pencarian.
  • Setelah itu, Anda tinggal ke kantor untuk melakukan laporan atau komplain secara langsung.

5. Cara Mengetahui Nomor Kurir dari Kurir Lain

Kebanyakan pelanggan akan mendapatkan WA konfirmasi atau sekedar pertanyaan terkait alamat rumah. Dari nomor tersebut, Anda bisa menanyakan terkait paket yang Anda pertanyakan. Umumnya, setiap kurir memiliki wilayah regional sendiri, jadi kemungkinan pengirimnya akan tetap.

Namun, jika tidak memiliki nomor tersebut, Anda bisa menanyakan kurir yang bertugas jika lewat di depan rumah. Tanyakan apakah ada paket yang sesuai dengan resi atau alamat rumah Anda. 

Sudah Tahu Cara Mengetahui Nomor Kurir Shopee Express?

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nomor kurir Shopee Express yang ada kaitannya dengan paket tak kunjung datang. Anda bisa menghubungi pihak Shopee kapanpun, karena tersedia layanan 24 jam. Jika sudah mendapatkan nomornya, Anda bisa melacak paket dengan lebih rinci. 

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait