7 Cara Menghapus History Youtube di Laptop dan Smartphone

Makin Rajin

7 Cara Menghapus History Youtube di Laptop dan Smartphone

YouTube adalah platform video yang memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai macam konten, mulai dari tutorial, hiburan, berita, dan banyak lagi. Namun, saat menggunakan YouTube, riwayat pencarian dan tontonan akan tersimpan. Untuk menjaga privasi, beberapa cara menghapus history YouTube ini bisa Anda ikuti.

Terdapat beberapa cara menghapus riwayat YouTube yang bisa Anda lakukan, mulai dari menghapus sebagian riwayat, menghapusnya secara keseluruhan, hingga menghapusnya secara otomatis. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan langkah ini baik melalui laptop maupun smartphone. Supaya Anda tidak bingung, berikut ini adalah panduan lengkap dalam membersihkan riwayat tontonan maupun pencarian yang ada di Youtube.

Menghapus History YouTube di Smartphone

Cara menghapus riwayat YouTube yang pertama bisa Anda lakukan melalui smartphone. Baik perangkat Android maupun IOS, Anda bisa menghapus history tontonan maupun penelusuran video dengan mudah dan cepat. 

Selain itu, terdapat beberapa opsi menghapus riwayat yang bisa Anda pilih, antara lain hapus riwayat satu persatu, menghapus seluruh riwayat tontonan, dan juga menghapus riwayat penelusuran YouTube. Berikut ini adalah panduan lengkapnya.

1. Membersihkan History Tontonan Satu Per Satu

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghapus riwayat satu per satu, antara lain:

  1. Pertama, buka aplikasi YouTube di smartphone Anda lalu klik bagian “Koleksi” di pojok kanan bawah layar.
  2. Kedua, pencet tombol “Lihat Semua” pada bagian kanan atas layar smartphone Anda.
  3. Ketiga, pilih history tontonan YouTube yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol titik tiga, dan pencet “Hapus dari histori tontonan”.
Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen dengan Mudah

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, semua penayangan video yang Anda pilih akan otomatis terhapus dari history tontonan. Cara menghapus history YouTube ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghapus beberapa riwayat tontonan saja.

2. Cara Membersihkan Semua History Tontonan

Selain menghapus beberapa video dari history tontonan, Anda juga bisa langsung membersihkan semua riwayat tontonan video YouTube dalam satu kali pencet. 

Caranya tidak kalah mudah dengan sebelumnya. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk melakukannya.

  1. Pertama, pencet bagian profil YouTube Anda melalui menu yang terletak di pojok kanan atas layar.
  2. Kedua, klik menu setelan kemudian pilih bagian “Kelola semua histori”, dan pilih akun Google yang histori tontonannya ingin Anda kelola.
  3. Ketiga, klik tombol hapus yang tersedia, kemudian pilih menu “Hapus semua”.

Setelah itu, semua history tontonan YouTube Anda akan otomatis terhapus secara permanen. Selain menghapusnya secara total, Anda juga bisa menghapus history tontonan pada hari terbaru maupun pada rentang tanggal tertentu.

3. Cara Menghapus Riwayat Penelusuran

Ketika Anda menghapus semua history tontonan, history penelusuran juga akan hilang secara otomatis. Namun, jika Anda ingin menghapus beberapa penelusuran saja, berikut ini adalah cara lengkapnya:

  1. Pertama, buka search box aplikasi YouTube yang memiliki ikon kaca pembesar.
  2. Kedua, cari history penelusuran yang ingin Anda hapus.
  3. Ketiga, tekan layar pada bagian history penelusuran yang ingin dihapus, lalu pilih opsi hapus pada pop up yang muncul di layar.

Cara Menghapus History YouTube di Laptop

Selain melalui smartphone, menghapus riwayat YouTube juga bisa Anda lakukan dengan mudah melalui laptop. Pada tutorial kali ini, panduannya akan dilakukan pada browser Chrome. Namun, meskipun browser yang Anda gunakan berbeda, caranya tetap sama. Adapun cara menghapusnya adalah sebagai berikut:.

Baca Juga:  Kode Bank BNI dan Bank Lainnya untuk Transaksi Transfer di ATM

1. Menghapus Riwayat di Laptop Satu per Satu

Tidak jauh berbeda dengan aplikasinya di smartphone, YouTube juga memungkinkan Anda untuk menghapus history tontonan satu per satu menggunakan laptop. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk menghapusnya.

  1. Pertama, buka website YouTube di browser laptop Anda.
  2. Kedua, klik tombol garis tiga di pojok kiri atas layar lalu pilih menu History.
  1. Ketiga, arahkan kursor mouse Anda ke video yang ingin dihapus lalu klik tanda X lalu pencet tulisan “Hapus dari histori tontonan”.

2. Menghapus Semua Riwayat Tontonan YouTube di Laptop

Selanjutnya, jika Anda ingin menghapus semua history tontonan YouTube di laptop, maka caranya tidak jauh berbeda dengan ketika menghapus history Youtube di smartphone. Adapun cara menghapus history Youtube ini bisa Anda ikuti lewat panduan lengkap di bawah ini.

  1. Pertama, buka website YouTube di browser laptop Anda.
  2. Kedua, klik tombol garis tiga di pojok kiri atas layar lalu pilih menu History.
  3. Ketiga, pilih menu bertuliskan “Hapus semua histori tontonan” dengan ikon keranjang sampah.

Setelah itu, maka semua riwayat tontonan YouTube Anda akan terhapus secara permanen. Perlu diingat juga, menghapus history tontonan akan membuat beranda YouTube Anda menjadi lebih tidak personal.

3. Menghapus Riwayat Penelusuran YouTube di Laptop

Panduan selanjutnya adalah mengenai cara membersihkan riwayat penelusuran YouTube di laptop. Langkah-langkah yang harus Anda ikuti sangat sederhana. Adapun cara menghapus riwayat Youtube ini adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka YouTube di browser laptop Anda.
  2. Kedua, buka search box dengan logo kaca pembesar di halaman YouTube.
  3. Ketiga, klik tulisan bertuliskan “Hapus” di samping riwayat penelusuran YouTube Anda.

Sama seperti sebelumnya, history penelusuran juga akan otomatis terhapus jika Anda membersihkan history tontonan secara total. Cara manual ini sangat efektif untuk Anda lakukan jika hanya ingin menghapus beberapa riwayat penelusuran saja.

Baca Juga:  3 Cara Membuka Blokir WA dan Ciri-Ciri Nomor Anda Diblokir

Cara Menghapus History YouTube Secara Otomatis

Jika Anda ingin membersihkan history YouTube secara otomatis setiap beberapa bulan sekali, terdapat cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah panduan lengkapnya.

  1. Pertama, pastikan Anda telah masuk ke dalam menu History di dalam platform YouTube.
  2. Kedua, klik menu dengan tulisan “Kelola semua histori”, setelah itu tab baru akan terbuka.
  3. Ketiga, pada tab baru klik tulisan “Hapus otomatis (36 bulan)”. Setelah itu, atur waktu hapus otomatis yang Anda inginkan mulai dari 3, 18, dan 36 bulan. Jika tidak ingin menghapusnya, Anda juga bisa memilih opsi “Jangan hapus otomatis” yang tersedia di halaman tersebut.

Setelah memilih waktu hapus otomatis, jangan lupa untuk klik tombol “berikutnya” untuk menyimpan preferensi akun Anda, ya.

Sudah Tahu Cara Menghapus History Youtube?

Nah, itu dia beberapa cara membersihkan riwayat YouTube di laptop dan smartphone. Untuk menjaga privasi Anda setiap waktu, ada baiknya rutin menghapus history tontonan atau penelusuran yang tidak relevan dengan minat konten Anda. 

Hal ini berguna untuk memastikan kalau YouTube hanya menyarankan konten yang Anda minati. Perlu Anda ketahui juga bahwa YouTube akan memanfaatkan riwayat penggunaan Anda untuk mempersonalisasi konten. 

Semakin banyak data yang mereka kumpulkan, maka akan semakin akurat juga konten yang bisa mereka rekomendasikan untuk Anda. Oleh karena itu, jangan heran jika ketika kalian membuka YouTube, konten yang pertama kali ditampilkan sangat sesuai dengan konten yang sedang Anda butuhkan.

Meskipun begitu, data penggunaan kita juga dimanfaatkan oleh YouTube untuk mempersonalisasi iklan. Hal ini seringkali dianggap mengganggu dan melanggar privasi pengguna oleh beberapa orang. 

Oleh karena itu, jika Anda keberatan dengan kebijakan yang YouTube terapkan, silakan gunakan berbagai cara menghapus history Youtube yang sudah dijelaskan di artikel ini, ya!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait