Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen dengan Mudah

Makin Rajin

Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen dengan Mudah

Twitter yang telah berganti nama menjadi X merupakan salah satu media sosial yang popularitasnya terjaga hingga saat ini. Namun, tak jarang beberapa orang malah mencari cara untuk berhenti menggunakan Twitter dengan menghapus akun pribadinya. 

Cara menghapus akun Twitter sendiri dapat Anda lakukan menggunakan berbagai media, baik smartphone maupun laptop atau komputer dengan masuk ke laman resminya. Pada artikel berikut, kita akan membahas bersama terkait tutorial menghapus dan mengaktifkan kembali akun Twitter.

Apa Itu Twitter?

Sebelum mengetahui cara menghapus akun Twitter, mari simak terlebih dahulu terkait apa itu Twitter. Meski merupakan platform media sosial yang populer di dunia, tak sedikit orang yang masih belum mengetahui dan menggunakan Twitter.

Menurut Wikipedia, Twitter merupakan media layanan jejaring sosial yang beroperasi di bawah naungan perusahaan Amerika Serikat untuk media berkomunikasi, mengulas, dan mencari berita terkait topik tertentu.

Perusahaan Twitter yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Elon Musk telah memiliki lebih dari seratus juta pengguna aktif di seluruh dunia. Twitter terbukti dapat menghubungkan berbagai kalangan dan berbagai tempat, bahkan tak jarang sebagai media promosi. 

Alasan Pengguna Ingin Menghapus Akun Twitter

Terdapat banyak alasan mengapa beberapa pengguna mungkin ingin menghapus atau menonaktifkan akun Twitter miliknya. Beberapa alasan yang umum terjadi pada pengguna Twitter adalah sebagai berikut:

1. Ingin Meninggalkan Media Sosial

Beberapa orang memutuskan untuk menerapkan cara menghapus akun Twitter miliknya karena ingin berhenti menggunakan media sosial. Mereka menganggap bahwa bermain media sosial menjadi kegiatan yang menguras banyak waktu.

Baca Juga:  2 Cara Menyadap WA Suami Jarak Jauh Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah!

Orang-orang yang telah sadar waktunya banyak terbuang sia-sia dengan bermain media sosial mulai memutuskan untuk menghapus akun media sosialnya, salah satunya adalah Twitter.

2. Terjadi Peretasan

Era digital tentunya memudahkan berbagai hal dapat terjadi, salah satunya cyber crime. Cyber crime merupakan kejahatan yang terjadi pada berbagai media teknologi, seperti pencurian data.

Salah satu alasan seseorang ingin menghapus akun Twitter miliknya adalah karena akunnya telah diretas oleh pelaku cyber crime. Apabila dibiarkan, hal ini tentunya akan berdampak negatif bagi pemilik asli akun, sehingga menghapus akun menjadi langkah terbaik yang bisa mereka lakukan.

3. Cyber Bullying

Twitter menjadi media yang dapat diakses dengan mudah oleh berbagai kalangan dari berbagai wilayah. Dampak negatif dari penggunaan media sosial semacam Twitter salah satunya adalah adanya cyber bullying. 

Penindasan yang terjadi di media sosial nyatanya memiliki dampak yang cukup besar bagi korban. Karena aksesnya yang mudah, korban akan merasa lebih tertekan, apalagi jika bentuk penindasan telah di Retweet banyak pengguna lainnya. 

Cara Menghapus Akun Twitter Secara Permanen

Adapun langkah-langkah cara untuk menghapus akun Twitter yang sudah tidak terpakai lagi adalah sebagai berikut:

  1. Buka website Twitter Melalui smartphone atau laptop. Lalu, masuk ke akun yang hendak Anda hapus. 
  1. Pada menu Profil, pilih opsi “More”, kemudian masuk ke menu “Setting and privacy”.
  1. Pilih opsi “Deactivate your account”. Setelah itu, akan muncul informasi terkait alasan kenapa Anda ingin menonaktifkan akun. 
  1. Kemudian, klik “Deactivate” pada bagian akhir.
  2. Lakukan konfirmasi dengan memasukkan kata sandi Anda.
  3. Untuk mempermudah proses, jangan masuk ke akun Twitter yang dinonaktifkan selama 30 hari kemudian. Setelah itu, akun akan terhapus otomatis dari sistem secara permanen. 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Menghapus Akun Twitter

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melaksanakan cara menghapus akun Twitter di atas. Adapun beberapa hal terkait penghapusan akun Twitter adalah sebagai berikut: 

  1. Pihak Twitter akan memberikan waktu selama 30 hari sebelum akun benar-benar terhapus dari sistem. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat berpikir ulang dan dapat membatalkannya jika berubah pikiran. 
  2. Selama masa penangguhan 30 hari, pengguna yang berubah pikiran dapat membatalkan kembali keputusan untuk menghapus akun tersebut.
  3. Setelah 30 hari, akun akan otomatis terhapus dari sistem. Sehingga, Anda tidak akan bisa kembali menggunakan akun tersebut. 
  4. Seluruh informasi pengguna, mulai dari username hingga profil, akan hilang dari website Twitter setelah akun dinonaktifkan. 
  5. Username lama dari akun yang terhapus bisa dipakai kembali oleh orang lain yang baru mendaftar. 
  6. Apabila sebelumnya pengguna lain pernah menandai (tagging) akun Anda, username tersebut tidak akan dapat di klik karena sudah tidak tertaut dengan profil yang telah terhapus. 
  7. Anda dapat melakukan backup data sebelum melakukan penghapusan akun Twitter dengan cara mengunduhnya. 
  8. Beberapa informasi penting akan tetap tersimpan di database Twitter yang bertujuan untuk kepentingan keamanan. 
Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Get Contact Sementara dan Permanen

Cara Mengaktifkan Kembali Akun Twitter

Jika sebelumnya kita membahas mengenai cara menghapus akun Twitter, maka Anda juga perlu mengetahui cara mengaktifkan kembali akun yang lama tidak terpakai. Biasanya, akun yang sudah lama tidak terpakai akan mendapat penangguhan atau suspend dari pihak Twitter. 

Apabila Anda masih ingin menggunakan akun tersebut, Anda bisa mengajukan pembatalan penangguhan pada pihak Twitter. Adapun caranya adalah sebagai berikut: 

1. Akun Mengalami Penangguhan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan masuk ke akun Twitter menggunakan username atau nama pengguna dan kata sandi. Setelah itu, isi data nomor telepon dan alamat email aktif untuk melakukan konfirmasi.

Selama melakukan proses tersebut, Anda akan melihat notifikasi yang berguna untuk membatalkan penangguhan akun. Ikuti petunjuk sesuai dengan arahan pada layar smartphone maupun laptop Anda untuk kembali mengaktifkan akun.

2. Verifikasi Akun yang Terkunci

Terdapat beberapa alasan mengapa akun Twitter mengalami penangguhan selain karena akun sudah lama tidak aktif. Misalnya karena sistem menilai akun telah  melakukan spam dan penghinaan. Apabila hal tersebut terjadi, langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan verifikasi data dengan cara masuk ke akun Anda.
  2. Kemudian, pilih pesan yang meminta Anda untuk melakukan verifikasi dan pilih “Mulai”.
  3. Tunggu proses berlangsung hingga muncul verifikasi menggunakan kode Captcha. Lalu, lakukan tes pemeriksaan kode Captcha. 
  4. Setelah berhasil mengkonfirmasi bahwa Anda bukan robot, pilih opsi “Lanjutkan” untuk membuka akun yang terkunci.
  5. Verifikasi bisa Anda lakukan dengan cara lain, yakni memasukkan kode verifikasi yang sistem kirim ke nomor telepon melalui SMS atau verifikasi menggunakan kode yang dikirim ke email Anda.
Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Shopee dengan Mudah dan Permanen

3. Mengajukan Permohonan Banding

Apabila dua langkah sebelumnya tidak dapat mengembalikan akun Anda, maka Anda bisa mengajukan permohonan banding. Permohonan banding bisa Anda lakukan dengan menghubungi customer service Twitter melalui website resmi maupun email.

Caranya adalah masuk ke akun Twitter yang mengalami penangguhan. Kemudian, masuk ke menu Pusat Bantuan untuk menghubungi customer service. Selanjutnya, isi data guna melakukan pengajuan permohonan banding.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Menghapus Akun Twitter?

Itulah tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika hendak menonaktifkan akun Twitter. Cara menghapus akun Twitter yang kami jelaskan pada artikel ini merupakan penghapusan secara permanen. Apabila selama masa penangguhan Anda berubah pikiran, maka Anda dapat melakukan pembatalan proses.

Bijak menggunakan media sosial perlu Anda pahami, sehingga akan menghadirkan banyak manfaat yang menguntungkan. Meski demikian, berbagai kejahatan dalam dunia digital ini juga perlu menjadi perhatian banyak kalangan. Dalam upaya menjaga keamanan dan privasi online, tidak hanya penting bagi individu tetapi juga bagi organisasi dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan memahami risiko dengan tepat, kita dapat memanfaatkan potensi positif media sosial sambil tetap berhati-hati terhadap potensi ancaman digital.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait