Cara Menulis Aksara Jawa di Word (Panduan Tutorial Lengkap)

Solaeman Nur Rahman

Cara Menulis Aksara Jawa di Word Paling Mudah

Seperti yang telah diketahui, Microsoft Word merupakan program pengolah kata paling populer hingga saat ini. Tidak hanya bisa mengetik huruf latin, melainkan juga berbagai macam aksara. Tak heran jika banyak yang mencari cara menulis aksara Jawa di Word.

Pada dasarnya, aksara Jawa kerap kali digunakan untuk karya sastra maupun di bidang pendidikan. Tidak perlu khawatir, untuk mengetikkan aksara Jawa sendiri bisa dilakukan langsung di Microsoft Word. Adapun untuk menuliskannya di dokumen Word perlu menginstall aksara tersebut terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa aksara Jawa berbeda dibandingkan latin sehingga terdapat pengaturan khusus agar bisa menuliskannya dengan lancar di Ms Word. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan ulasan cara menulis aksara Jawa di program Microsoft Word.

Cara Menginstall Aksara Jawa di Windows

Sebelum membahas cara menulis aksara Jawa di Word, ada baiknya memahami cara menginstall aksaranya terlebih dahulu. Mengingat pengaturan penggunaan bahasa ini tidak terjadi secara default. Untuk menuliskan aksara Jawa sebenarnya cukup mudah di Word.

Ketika memasang font sesuai bahasanya, maka susunan keyboard ketika diketik akan sesuai dengan bahasa yang dipilih. Oleh karena itu, simak langkah-langkah memasang aksara Jawa di Windows berikut ini.

  • Langkah pertama, buka menu Settings di laptop/komputer Windows.
  • Selanjutnya scroll dan pilih Control Panel.
  • Klik Clock, Language, and Region yang biasanya diwakili dengan ikon globe.
  • Klik Language lalu pilih Add Language.
Klik Language lalu pilih Add Language
  • Pada kolom pencarian, ketikkan ‘Jawa’.
  • Selanjutnya pilih opsi Javanese atau biasa dituliskan dalam aksara Jawa.
  • Klik Add.
  • Selesai, keyboard untuk aksara Jawa berhasil ditambahkan ke laptop/komputer Windows yang digunakan.
Baca Juga:  3 Cara Mengatur Tabel di Word Agar Rapi, Mengecilkan & Atur Font

Cara Menulis Aksara Jawa di Word

Perlu diingat bahwa aksara Jawa tidak menggunakan huruf latin, melainkan hancaraka. Oleh sebab itu, penting untuk memasangnya terlebih dahulu agar pengguna bisa mengetik dalam aksara Jawa. Tidak perlu khawatir, jenis aksara ini bisa dengan mudah didownload di browser yang digunakan.

Apabila font hancaraka sudah diterapkan, maka font satu ini akan muncul secara otomatis ketika menjalankan program Microsoft Word. Untuk lebih jelasnya, berikut tutorial memasang font hancaraka untuk aksara bahasa Jawa.

  • Langkah pertama, unduh font aksara Jawa atau hancaraka terlebih dahulu dengan cara klik disini.
  • Jika sudah didownload, buka filenya lalu klik Install.
  • Tunggu proses instalasi sampai selesai dan font siap digunakan.
  • Setelah terinstall, jalankan aplikasi Microsoft Word di laptop/komputer.
  • Ketikkan kalimat apapun untuk mengecek apakah font sudah berfungsi atau belum.
Ketikkan kalimat apapun untuk mengecek apakah font sudah berfungsi atau belum.
  • Selesai.

Cara menginstall aksara Jawa di Word yang sudah dijelaskan di atas memang sangat mudah. Pengguna tidak perlu repot melakukan konfigurasi keyboard seperti tutorial sebelumnya.

Tips Penulisan Aksara Jawa

Tips Penulisan Aksara Jawa

Pada dasarnya, aksara Jawa dikenal pula dengan Hancaraka yang memiliki ketentuan tersendiri mengenai penulisannya. Tidak hanya itu, jenis aksara ini juga memiliki beberapa aturan yang penting dipahami. Jadi, sebaiknya tidak sembarangan dalam menulis aksara Jawa.

Adapun beberapa ketentuan yang penting untuk dipelajari terlebih dahulu adalah sebagai berikut.

1. Aksara Wilangan

Aksara wilangan artinya aksara Jawa berupa angka atau bilangan. Dalam mengetikkan angka bahasa Jawa sebenarnya tidak ada aturan ketat yang harus dipatuhi. Jadi, untuk angka 1-10 sama saja penulisannya seperti bahasa lain pada umumnya, yaitu tetap 1-10.

Baca Juga:  4 Cara Menghilangkan Link di Word, Bisa Sekaligus Lho!

2. Aksara Swara

Aksara swara merupakan nama lain dari kumpulan huruf vokal, biasanya terbentuk dari serapan bahasa asing. Pelafalannya harus lebih tegas, berikut contoh pengetikannya.

HurufAksara Hanacaraka
aA
iI
uU
eE
oO

3. Aksara Carakan

Jenis aksara berikutnya dalam bahasa Jawa adalah Carakan, yaitu huruf-huruf dasar yang harus dipelajari dalam bahasa daerah satu ini. Aksara carakan digunakan untuk menuliskan kata-kata atau kalimat.

HurufLatinAksara Hancaraka
ahaa
nnan
ccac
rrar
kkak
fdaf
ttat
ssas
wwaw
llal
ppap
ddhad
jjaj
yyay
vnyav
mmam
ggag
bbab
qthaq
zngaz

4. Aksara Pasangan

Adapun yang dimaksud aksara pasangan artinya huruf hancaraka untuk mematikan pengucapan huruf vokal. Biasanya penggunaan aksara pasangan yaitu untuk menuliskan kata atau kalimat yang tidak ada huruf vokal di dalamnya.

HurufLatinAksara Hancaraka
HHH
NNN
CCC
RRR
KKK
FD  F
TTT
SSS
WWW
LLL
PPP
DDhD
JJJ
YYY
VNyV
MMM
GGG
BBB
QThQ
ZNgZ

5. Aksara Sandhangan

Jenis aksara berikutnya dalam bahasa Jawa yang penting dipahami adalah aksara sandhangan. Pada dasarnya, jenis huruf ini tidak berdiri sendiri karena biasanya diletakkan di tengah kata.

Aksara SandhanganLatinHurufHancaraka
Wuluiii
Sukuuuu
Pepete`[[
Talingeee
Taling tarungo[o[o
Layar_r//
Wignyan_hhh
Cecek-ng==
Pada Lungsititik..
Pada Lingsakoma,,
Pe`ngkal_ya– (minus)
Cakra_ra]]
Cekre (Cakra Keret)_re}}
Pa Cerekrexx
Nga leletleXX
Adeg-adegAwalan kalimat??

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Translate

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Translate

Saat ini, banyak yang menjadikan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah untuk dipelajari di sekolah. Tak terkecuali di kampus juga kerap kali menjadi pembahasan. Jika membutuhkan pengetikan aksara Jawa di Microsoft Word, maka sebenarnya caranya sangat mudah.

Mengingat tulisan hancaraka sendiri memiliki berbagai cara penulisan yang cukup mudah dipelajari. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami cara menulis aksara Jawa di Word. Padahal, aplikasi pengolah kata tersebut memungkinkan instalasi bahasa tambahan, misalnya bahasa Jawa.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Bingkai Cover di Word Paling Mudah & Praktis

Namun apabila ingin mengetahui cara lain menuliskan bahasa Jawa, maka penggunaan translator akan sangat membantu. Terlebih di era digital seperti saat ini, tentunya ada banyak translator yang bisa dimanfaatkan untuk menuliskan bahasa Jawa.

  • Langkah pertama, silahkan klik link translator bahasa Jawa berikut dengan cara klik disini.
  • Setelah halaman utama berhasil terbuka, gulir ke bawah lalu ketikkan Tulisan Kata.
  • Lanjutkan pada kolom bagian atas dengan memilih hasil Pratayang.
  • Silahkan salin dan tempel tulisan agar bisa memblokir aksara Jawa yang digunakan.
  • Selesai.

Cara menulis aksara Jawa di Word bisa menggunakan translator terlebih dahulu seperti tutorial di atas. Nantinya, kalimat yang sudah dibuat tinggal dicopy dan paste ke Microsoft Word.

Cara Menambahkan Font Bahasa Jawa ke Microsoft Word

Cara menambahkan aksara Jawa yang efektif ke komputer atau laptop adalah dengan mendownload fontnya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, ukuran file fontnya sendiri terbilang kecil sehingga tidak akan terlalu membebani smartphone.

  • Langkah pertama, download font Hancaraka terlebih dahulu dengan klik disini.
  • Kemudian buka menu Riwayat Unduhan lalu Show in Folder.
Kemudian buka menu Riwayat Unduhan lalu Show in Folder
  • Klik kanan pada opsi Hancaraka.
  • Selanjutnya tekan Install.
  • Tunggu proses pemasangan font sampai selesai.

Penyebab Gagal Menuliskan Aksara Jawa di Word

Penyebab Gagal Menuliskan Aksara Jawa di Word

Pada dasarnya, menuliskan berbagai jenis bahasa di Microsoft Word memang mudah. Dengan catatan sudah memasang font dan bahasa tersebut. Adapun untuk pengetikan aksara Jawa sendiri kerap kali menemui masalah sehingga font menjadi tidak sesuai.

Sebenarnya, apa saja penyebab gagalnya panduan menulis aksara Jawa di Word?

1. File Font Rusak

Bisa jadi link download font hancaraka yang digunakan sebenarnya sudah rusak atau corrupt. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencari link download font aksara Jawa lain yang masih berfungsi dengan baik.

2. Pengaturan Bahasa Keliru

Pada dasarnya, cara menulis aksara Jawa di keyboard baru bisa dilakukan apabila pengaturan bahasa sudah berhasil. Pasalnya, kebanyakan komputer atau laptop secara default menggunakan bahasa Inggris.

3. Belum Memasang Font Hancaraka

Meskipun sudah mengatur bahasa menjadi bahasa Jawa, namun pemasangan font Hancaraka tetap wajib dilakukan. Terlebih jika ingin mengetik menggunakan aksara Jawa yang tentunya berbeda dengan bahasa lain.

Cara menulis aksara Jawa di Word bisa menjadi solusi bagi yang ingin mengetik menggunakan bahasa daerah satu ini. Penting untuk mengatur bahasa terlebih dahulu lalu mendownload font yang sesuai, yaitu aksara Jawa.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait