7 Cara Agar Tidak Ketahuan Copy Paste di Ms Word (Ampuh)

Solaeman Nur Rahman

cara agar tidak ketahuan copy paste di ms word

Terkadang, saat membuat karya tulis, seperti skripsi, makalah, tugas akhir, laporan, presentasi dan semacamnya, kita mengambil sumber dari Google. Kalau kamu tidak ingin tulisan tersebut terdeteksi plagiat, maka harus tahu cara agar tidak ketahuan copy paste di Ms Word.

Banyak pengguna Microsoft Word yang tidak atau belum tahu cara mengambil konten yang bersih dari plagiat dari Google. Mereka hanya copy paste dengan asal, yang imbasnya terdeteksi sebagai plagiat, yang berujung pada penolakan karya tulis tersebut.

Kabar baiknya, di sini akan dijelaskan bagaimana cara copy paste yang bersih dan tidak terdeteksi plagiat. Perhatikan baik-baik, agar kamu bisa  membuat karya tulis yang bebas dari segala bentuk plagiat. Jadi, karya tulis akan langsung diterima guru/dosen, tidak perlu revisi berulang kali.

Cara Agar Tidak Ketahuan Copy Paste di Ms Word

Dalam keadaan mendesak, alias deadline, kita memang cenderung asal-asalan dalam menyelesaikan tugas. Tidak jarang, banyak yang mengambil konten dari Google seadanya, alias tidak diedit sama sekali, yang mana merupakan kesalahan fatal.

Pastinya, tulisan tersebut akan terdeteksi plagiat, karena mentah dan sama persis dengan sumber aslinya. Tentunya, hal seperti ini tidak disarankan, kalau kamu tidak ingin mengulangi tugas dari awal. Karena itu, kamu bisa cek cara agar tidak ketahuan plagiarisme di Word berikut ini :

Hapus Link

Pertama, agar tidak ketahuan copy paste di Ms Word, kamu harus menghapus link bawaan dari sumber. Biasanya, ketika kamu copy paste website, akan ada link di halaman tersebut, yang akan ikut tersalin dan tertempel di halaman Microsoft Word.

Baca Juga:  3 Cara Copy Header di Word dengan Formatnya

Karenanya, link akan terlihat jelas di Word, biasanya berwarna biru, dan jika link aktif, bisa diklik untuk mengunjunginya. Tentu, kamu tidak ingin mengalami hal ini sama sekali, pasti akan dimarahi oleh guru maupun dosen.

Karena itu, sebelum submit karya tulis atau tugas tersebut, disarankan untuk menghapus link-nya terlebih dahulu. Disarankan juga untuk tidak mengerjakan tugas mepet deadline, agar tidak terburu-buru mengerjakan, yang justru melakukan kesalahan fatal seperti ini.

2. Copy Paste ke Notepad

Cara  agar tidak ketahuan copy paste di Ms Word berikutnya adalah dengan menyalin dan menempelkan tulisan ke Notepad terlebih dahulu. Kalau kamu menggunakan Windows maupun Mac, pasti ada aplikasi Notepad, yang berfungsi untuk menulis.

Biasanya, kalau kamu menyalin konten dari website dan langsung menempelkannya di Word, tulisannya akan berantakan. Jadi, font, spasi, jarak dan semacamnya tidak akan sama dengan ketentuan, dan kamu harus mengeditnya lagi secara manual.

Kalau tidak mau edit, kamu bis menyalin dan menempel tulisan tersebut ke Notepad terlebih dahulu. Setelahnya, kamu bisa copy paste tulisan di Notepad, dan tempelkan di Word, nanti format tulisan akan sama dengan ketentuan.

Caranya :

  • Salin tulisan di website.
  • Buka Notepad.
  • Tempelkan tulisan tersebut dalamnya (CTRL + V).
Tempelkan tulisan tersebut dalamnya (CTRL + V)
  • Jika sudah, tekan CTRL + A lalu CTRL + C untuk menyalin tulisan di Notepad.
  • Lalu buka Microsoft Word, dan tekan CTRL + V untuk paste tulisan tersebut.
  • Selesai.

3. Copy Paste ke Word yang Baru

Copy Paste ke Word yang Baru

Cara agar tidak terdeteksi copy paste di Word selanjutnya adalah dengan membuat dokumen Word yang benar-benar milikmu sendiri. Cara ini harus kamu lakukan, ketika harus terpaksa menyontek tugas temanmu dan mengeditnya sedikit.

Tolong-menolong dalam kejahatan memang tidak disarankan, namun kalau dalam situasi dan kondisi yang darurat seperti ini, mau bagaimana lagi. Yang penting, kamu harus tahu bagaimana caranya, terutama agar tidak terdeteksi oleh guru, dosen maupun website untuk cek plagiarisme.

Baca Juga:  Cara Membuat Cue Card di Word, Komponen, dan Kegunaannya

Ketika kamu terpaksa melakukan persekongkolan jahat ini, maka harus memperhatikan bagian author atau penulis di Word. Dokumen tersebut akan ketahuan sebagai milik teman kamu, jika author atau penulisnya adalah orang yang sama.

Solusinya adalah dengan copy paste tulisan tersebut ke dokumen Word yang baru, kalau bisa berbeda komputer/laptop. Dengan begini, author dokumen tersebut berbeda orang, bukan milik teman kamu lagi. Jangan lupa untuk edit dokumen tersebut, agar tidak terlalu kentara kalau plagiat.

4. Atur Jangka Simpan Dokumen

Atur Jangka Simpan Dokumen

Cara ini bisa kamu lakukan jika sialnya mendapatkan guru atau dosen yang teliti. Bukan tidak mungkin, mereka akan cek secara detail tugas, termasuk waktu pengerjaan tugas tersebut, seperti jangka penyimpanan.

Memang, ketika dicek properti dokumen Word, akan tertera kapan dokumen tersebut dibuat dan terakhir diedit. Nah, membuat dokumen dengan metode copy paste tentu tidak butuh waktu lama, jadi mencurigakan.

Tipsnya adalah, dengan mengatur jangka simpan dokumen, agar antara waktu pembuatan dan pengeditan ada jaraknya. Setelah membuat dokumen dan menyimpannya, jangan langsung menyerahkannya ke dosen. Simpan dokumen sementara waktu, dan serahkan setelah beberapa jam atau bahkan hari.

5. Gunakan Lebih dari Satu Sumber

Gunakan Lebih dari Satu Sumber

Cara agar tidak ketahuan copy paste di Ms Word berikutnya adalah dengan menggunakan lebih dari satu sumber. Tulisan akan jelas terlihat plagiarismenya, jika isi dan susunan kalimat tersebut berasal dari satu sumber saja.

Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan lebih dari satu sumber referensi. Biasanya, semakin banyak semakin bagus, karena bisa menguatkan materai yang sedang kamu kerjakan tersebut. Kalau referensinya banyak, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan nilai tambahan.

Baca Juga:  5 Cara Menghilangkan Heading di Word Halaman Selanjutnya/Tertentu

Namun tidak mudah untuk menggunakan banyak referensi, dan merangkumnya dalam sebuah karya tulis. Pastinya, kamu harus mempelajari semua sumber tersebut, agar bisa memasukkan hal-hal yang penting dengan harmoni dalam satu karya tulis.

6. Menggunakan Teknik Parafrase

Menggunakan Teknik Parafrase

Sebenarnya, cara agar tidak ketahuan copy paste makalah, skripsi dan karya tulis lainnya adalah dengan menggunakan teknik parafrase. Maksudnya adalah, kamu menulis kembali ide, pemikiran dalam referensi, untuk kemudian menulisnya lagi dengan bahasa kamu sendiri.

Kamu bisa membolak-balik kalimat, menggunakan sinonim dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah, kamu harus memahami suatu tulisan, sampai benar-benar paham. Jika sudah paham, kamu bisa menuliskannya sesuai dengan pemahaman kamu, jangan melihat referensi lagi.

Kalau dilakukan dengan benar, cara ini bisa menghilangkan tulisan di karya tulis yang kamu kerjakan. Namun, jangan asal parafrase, pastikan untuk membuat tulisan baru yang intinya sama dengan referensi, meski menggunakan bahasa yang berbeda.

7. Cek dengan Plagiarism Tool

Cek dengan Plagiarism Tool

Kamu sudah melakukan parafrase dengan benar, namun tidak yakin apakah tulisan tersebut sudah bebas dari copy paste? Jangan khawatir, karena kamu bisa mengecek plagiarisme di tulisan tersebut, yaitu dengan plagiarisme checker.

Dengan tool atau situs ini, kamu bisa mengecek plagiarisme di tulisan dengan cepat dan mudah. Salah satu situs yang bisa Kamu gunakan adalah Dupli Checker, bisa cek sampai 1000 kata untuk versi gratisnya. Jika hasilnya ada yang plagiat, kamu tinggal mengeditnya dan melakukan parafrase lagi.

Cara agar tidak ketahuan copy paste di Ms Word ada banyak, perhatikan cara copy paste, cara menyimpan dokumen dan lain sebagainya. Kalau ingin cara yang aman dan jujur, kamu bisa menggunakan teknik parafrase sendiri, lalu cek kadar plagiarismenya di tool plagiarisme checker.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait