2 Cara Daftar BPJS Kesehatan, serta Syarat dan Seluk Beluknya

Makin Rajin

2 Cara Daftar BPJS Kesehatan, serta Syarat dan Seluk Beluknya

Memahami cara daftar BPJS kesehatan dan syaratnya akan sangat membantu pemohon lebih maksimal mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan ini. Apalagi program ini langsung dari pemerintah, sehingga secara finansial lebih terjangkau. Penasaran bagaimana caranya? Mari simak 2 caranya dalam artikel ini!

Apa itu BPJS Kesehatan?

Pada dasarnya, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan lembaga penyelenggara program jaminan kesehatan yang terjangkau dan merata untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial dalam hal biaya perawatan kesehatan, terlepas dari latar belakang ekonomi dari peserta terdaftar. Cakupannya cukup luas, yakni berbagai jenis layanan medis dan fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

BPJS sendiri diselenggarakan pada pertengahan tahun 2011 silam dan menarget sebagian besar lapisan masyarakat. Terutama PNS, pegawai swasta, maupun rakyat dengan keterbatasan ekonomi (dengan bantuan subsidi pemerintah).

Layanan yang Bisa Anda Dapatkan

Mempelajari dan mempraktikkan cara daftar BPJS kesehatan akan sangat membantu Anda mengakses berbagai layanan kesehatan dengan model asuransi. Berikut beberapa layanannya:

1. Program Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

Layanan pertama yang bisa Anda rasakan dari asuransi BPJS kesehatan adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama yang membiayai pelayanan kesehatan secara umum. Cakupannya cukup luas, Anda akan mendapatkan hal berikut:

  • Bantuan biaya administrasi layanan kesehatan.
  • Pemberian penyuluhan kesehatan, imunisasi, konseling seputar keluarga berencana (termasuk vasektomi maupun tubektomi), skrining kesehatan sebagai pelayanan promotif dan preventif.
  • Kegiatan dan proses penanganan medis mulai dari pemeriksaan, pengobatan, maupun konsultasi kesehatan. Termasuk penanganan khusus seperti operasi, pembedahan, dan kebutuhan medis selama perawatan.
  • Rawat inap tingkat pertama, sesuai kondisi dan kebutuhan pasien.
Baca Juga:  Cara Daftar My Pertamina Cepat dan Mudah

2. Program Pelayanan Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut

Setelah menjalankan cara daftar BPJS kesehatan dan lolos sesuai kriteria pemohon, Anda juga akan menerima pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjut. BPJS yang Anda terima atau Anda bayar akan menanggung beberapa program kesehatan, seperti:

  • Bantuan biaya administrasi layanan kesehatan.
  • Penanganan kesehatan mulai dari konsultasi ke dokter spesialis dan subspesialis, pemeriksaan hingga pengobatan.
  • Tindakan medis rujukan, baik kebutuhan dokter spesialis untuk penanganan pembedahan maupun non bedah.
  • Kebutuhan layanan medis mulai dari layanan diagnosis lanjutan sesuai anjuran, transfusi darah, rawat inap intensif (ICU) hingga rehabilitasi medis.
  • Layanan kedokteran forensik klinis seperti visum, baik diagnosis pencarian bukti kasus pidana maupun kriminal.
  • Pengurusan jenazah untuk pasien yang meninggal di fasilitas kesehatan (khusus RS mitra BPJS). Namun, tidak termasuk peti dan mobil jenazah.
  • Layanan akupuntur medis.

3. Program Persalinan

Khusus untuk ibu hamil dan keluarga, daftar BPJS kesehatan akan membantu untuk mendanai beberapa perawatan persalinan. Anda akan mendapatkan beberapa program, seperti:

  • Bantuan biaya administrasi layanan kesehatan dan persalinan. Termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bisa terfasilitasi hingga kelahiran anak ketiga.
  • Penanganan persalinan mulai dari konsultasi ke dokter spesialis dan subspesialis, pemeriksaan, subsidi biaya USG, hingga penanganan persalinan.
  • Tindakan medis persalinan, baik kebutuhan dokter spesialis untuk penanganan persalinan normal maupun sesar.
  • Kebutuhan layanan medis mulai dari layanan diagnosis lanjutan, obat dan vitamin, transfusi darah, rawat inap intensif (ICU) hingga rehabilitasi medis.

4. Fasilitas Ambulance 

Pemohon berhak mendapatkan fasilitas penjemputan atau pemulangan dengan ambulance, baik kebutuhan pasien rujukan maupun spesialis. Termasuk pula kebutuhan mendesak yang berhubungan dengan nyawa dari pemohon. Fasilitas sudah termasuk supir dan layanan pertolongan pertama dalam penjemputan.

Baca Juga:  2 Cara Daftar Kartu Prakerja lengkap dengan Syarat dan Keuntungannya

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Agar dapat mempermudah cara daftar BPJS kesehatan, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan mulai dari:

  • Dokumen identitas diri seperti eKTP, KK, Akta kelahiran, buku rekening (3 bulan terakhir), pas foto atau KITAS (khusus WNA) baik dalam bentuk soft copy atau hard copy.
  • Kebutuhan pendaftaran seperti halnya email, nomor telepon, pas foto (ukuran 3×4 atau 50 kb) baik dalam bentuk soft copy atau hard copy.
  • Kartu KIS non aktif (khusus untuk BPJS PBI-JK atau yang gratis dalam artian subsidi pemerintah).
  • Bukti keterangan sakit baik opname atau tidak, dari dokter, rumah sakit, maupun tenaga kesehatan terkait atau mitra BPJS.

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Offline

Untuk kebutuhan pendaftaran BPJS, Anda bisa melakukannya secara offline. Caranya cukup mudah, yakni mulai dari:

  • Siapkan dokumen persyaratan dalam bentuk hard copy atau fotokopi dokumen data diri. Serta kebutuhan pendaftaran maupun dokumen tambahan jika diperlukan, seperti surat nikah atau surat cerai.
  • Langkah selanjutnya langsung pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di wilayah Anda. Cari di Gmaps atau buka sumber website BPJS.
  • Setelah antri dan bertemu CS, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi yang akurat dan lengkap. Data pengisian formulir ini harus sesuai dengan data dokumen yang Anda setorkan.
  • Setelah data terisi penuh, formulir pendaftaran dan dokumen akan melakukan tugasnya untuk tahapan verifikasi data. Proses ini bisa berjalan paling cepat 2 hingga 3 hari.
  • Terakhir, jika sudah lolos verifikasi data, Anda bisa melakukan pembayaran premi pertama sesuai petunjuk dan anggaran sesuai kebutuhan program yang Anda ikuti.
  • Jika Anda sudah mendapatkan tanda terima dan kartu BPJS, berarti Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran.

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk pengurusan secara offline, Anda masih bisa melakukan pendaftaran secara online di perangkat yang terhubung internet. Caranya tak terlalu sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan dokumen persyaratan dalam bentuk soft copy, biasanya dalam bentuk pdf atau image tak lebih dari 100 mb.
  • Buka Play Store atau AppStore, lalu unduh aplikasi mobile BPJS bernama Mobile JKN.
Sumber: SS Pribadi
  • Pada halaman utama, pilih opsi Pendaftaran Peserta Baru. Pada tahap ini, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Anda hanya perlu menyiapkan NIK, nama, tanggal lahir, nomor aktif dengan pulsa, email, dan mengisi captcha untuk mendaftarkan akun.
Sumber: Youtube
  • Nah, jika sudah memiliki akun, Anda tinggal pilih menu “Penambahan Peserta”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu keluarga dan captcha. Lalu, klik proses dan lanjut.
  • Selanjutnya, Anda harus mengisi beberapa data yang terdiri dari 3 bagian. Pertama, Anda bisa menekan tombol tambah untuk mengisi data peserta.
Sumber: Youtube
  • Anda tinggal mengisi setiap data yang diperlukan dan klim simpan jika sudah selesai.
  • Lalu, Anda bisa mulai mengisi kelas rawat inap sesuai kebutuhan. Terakhir adalah data kontak keluarga. Jika sudah selesai, klik selanjutnya.
  • Lalu, Anda akan masuk ke dalam pendaftaran autodebit. Anda bisa rekening yang ingin Anda gunakan, lalu klik selanjutnya. Lengkapi pendaftaran ini dengan mengikuti form yang ada dan lakukan verifikasi.
  • Jika sudah selesai melakukan verifikasi, Anda bisa klik Kirim Virtual Account. 
  • Lalu, Anda akan diarahkan pada halaman yang menunjukkan nomor virtual account. Pada tahap ini, Anda bisa klik kembali ke halaman utama dan pendaftaran sudah selesai.
Baca Juga:  2 Cara Daftar Kartu Prakerja lengkap dengan Syarat dan Keuntungannya

Sudah Tahu Cara Daftar BPJS Kesehatan?

Kini Anda tahu bagaimana cara mendaftar BPJS. Sebagai tips, Anda sebaiknya tidak sembarangan memilih kelas rawat inap BPJS. Karena iuran yang Anda tanggung akan berbeda. Selain itu, jika memilih kelas 3 dengan iuran paling kecil, maka konsekuensinya Anda tidak bisa meningkatkan kelas. Semoga membantu!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait