Cara Daftar My Pertamina Cepat dan Mudah

Makin Rajin

Cara Daftar My Pertamina Cepat dan Mudah

Cara daftar My Pertamina saat ini menjadi tutorial yang paling banyak dicari oleh pengguna kendaraan bermotor roda 4 dan di atasnya. Hal tersebut karena kebijakan program Tepat Subsidi yang telah diperluas jangkauannya oleh Pertamina. 

Banyak pengguna kendaraan yang sudah tua dan tidak mengetahui cara membeli BBM subsidi menggunakan My Pertamina. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Apa Itu Aplikasi My Pertamina?

My Pertamina merupakan aplikasi digital buatan Pertamina dan anggota BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berkaitan dengan My Pertamina. Aplikasi ini terintegrasi dengan LinkAja, yaitu aplikasi yang produknya berupa jasa pelayanan berbasis server. Ia adalah salah satu produk paling unggul milik PT Fintek Karya Nusantara.

LinkAja telah terdaftar di Bank Indonesia dan mendapatkan lisensi sebagai Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum sejak Februari 2019. Harapan dari kehadiran My Pertamina sendiri bisa memudahkan konsumen dalam pembelian BBM bersubsidi. 

Pembelian BBM melalui My Pertamina juga akan memberikan keuntungan bagi konsumen. Kentungan ini berupa poin yang bisa Anda tukar dengan berbagai rewards yang tersedia di dalam aplikasi. 

Selanjutnya, bagaimana cara daftar My Pertamina untuk membeli BBM bersubsidi? Anda bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran pada bagian selanjutnya.

Kebijakan Baru BBM Subsidi

Saat ini, Pertamina membuat kebijakan berupa kewajiban pembelian BBM subsidi pertalite dan solar melalui aplikasi. Kebijakan ini adalah salah satu upaya mewujudkan program subsidi tepat atau uji coba full cycle. Aturan ini berdasarkan Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 dan Perpres No. 191 Tahun 2014.

Baca Juga:  2 Cara Daftar BPJS Kesehatan, serta Syarat dan Seluk Beluknya

Kewajiban pembelian BBM melalui aplikasi dilakukan terhadap kendaraan roda empat dan di atasnya. Khusus kendaraan roda dua, masih bisa melakukan pembelian tanpa aplikasi.

Pembukaan pendaftaran My Pertamina telah berjalan sejak Juli 2022. Pendaftaran bisa Anda lakukan secara daring melalui ponsel maupun PC (Personal Computer). Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara luring (offline) dengan mendatangi booth yang tersebar di beberapa wilayah.

Berikut adalah persyaratan yang wajib Anda siapkan jika memilih pendaftaran luring:

Cara Daftar My Pertamina secara Online

Berikut adalah persyaratan yang perlu Anda persiapkan untuk pendaftaran daring (online):

Pendaftaran daring dapat Anda lakukan melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka link https://subsiditepat.mypertamina.id atau scan QR code pendaftaran
  2. Pada halaman pertama, akan muncul konfirmasi bahwa Anda telah memahami penjelasan
  1. Klik Daftar sekarang
  2. Isi data sesuai dengan KTP Anda
  1. Unggah foto KTP yang telah Anda siapkan
  2. Buat password yang harus Anda ingat terus, klik Selanjutnya
  3. Isi data yang diminta, tekan Selanjutnya
  1. Pilih jenis subsidi sesuai kendaraan Anda
  1. Pilih jenis customer sesuai pilihan Anda
  2. Isi data kendaraan
  1. Isi data pengguna kendaraan
  1. Data terkait kendaraan, instansi, dan pengguna dapat Anda isi lebih dari satu
  2. Khusus tipe non kendaraan, isi informasi tambahan dan unggah berkas sesuai yang diminta
  3. Masukkan password untuk melakukan klaim kendaraan
  4. Pastikan semua data terisi dengan lengkap, klik Selanjutnya
  5. Tekan centang pada bagian privasi data. Klik Daftar Subsidi Tepat.

Cara Beli BBM melalui My Pertamina

Konsumen akan mendapatkan QR Code Subsidi Tepat yang berguna sebagai sarana pembelian BBM subsidi melalui aplikasi My Pertamina. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka link https://subsiditepat.mypertamina.id 
  • Buka QR yang telah Anda dapatkan. Kode ini bisa Anda tunjukkan melalui ponsel maupun Anda cetak terlebih dahulu.
  • Pilih jenis BBM sesuai dengan yang Anda isi pada saat mendaftar
  • Lakukan pembayaran secara tunai maupun non tunai
Baca Juga:  2 Cara Daftar Kartu Prakerja lengkap dengan Syarat dan Keuntungannya

Fitur My Pertamina

Selain tahu cara daftar My Pertamina, Anda juga perlu tahu fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi ini. Berikut ini adalah fitur-fitur My Pertamina yang perlu Anda ketahui:

1. Riwayat Pembelian BBM dan Poin

Melalui My Pertamina, riwayat pembelian dan poin yang Anda dapatkan akan otomatis tersimpan. Kedua informasi ini bisa Anda lihat pada bagian paling atas aplikasi. Pembelian Pertamina Dex dan Pertamax Turbo akan mendapatkan 10 poin, sedangkan pembelian Dexlite dan Pertamax akan mendapatkan 3 poin.

Jika Anda bisa mengumpulkan poin dengan jumlah tertentu, Anda bisa menukarnya dengan merchandise sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Fitur LinkAja

Jika Anda menyukai fitur pembayaran non tunai, Anda akan merasakan bahwa My Pertamina sangat memudahkan. LinkAja adalah fitur pembayaran non tunai yang sudah terintegrasi dengan aplikasi My Pertamina.

Dalam melakukan pembayaran menggunakan LinkAja, Anda harus menghubungkan akun LinkAja dengan My Pertamina terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara menghubungkan LinkAja dengan My Pertamina:

  1. Buka aplikasi My Pertamina, kemudian tekan opsi Aktifkan
  2. Pastikan Anda sudah memiliki akun LinkAja. Selanjutnya pilih opsi Sudah. Jika Anda belum memiliki akun, Anda harus melakukan pendaftaran akun LinkAja terlebih dahulu.
  3. Anda akan diminta memasukkan kode PIN akun LinkAja
  4. Lalu, Anda akan menerima kode verifikasi melalui pesan singkat. Masukkan kode tersebut pada tempat yang telah tersedia. Jika kode yang Anda masukkan benar, akun LinkAja sudah terhubung dengan My Pertamina.
  5. Selanjutnya, dalam setiap pembelian BBM subsidi menggunakan pembayaran LinkAja, saldo Anda akan otomatis terpotong.
Baca Juga:  2 Cara Daftar BPJS Kesehatan, serta Syarat dan Seluk Beluknya

Selain memastikan bahwa Anda sudah memiliki akun LinkAja, Anda juga harus mendaftar My Pertamina terlebih dahulu. Cara daftar My Pertamina bisa Anda ikuti langkahnya pada bagian sebelumnya.

3. Delivery Service

Fitur ini memungkinkan Anda melakukan pembelian BBM tanpa harus datang ke SPBU. Namun, fitur Delivery Service saat ini masih dalam tahap uji coba yang dilakukan di wilayah Jakarta Selatan saja. Produk yang bisa Anda beli pun masih terbatas pada Bright Gas berbagai varian.

4. Merchandise

Pertamina menjual merchandise yang bisa Anda beli dengan bebas melalui My Pertamina. Anda tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk bisa mendapatkan merchandise berupa kaos, stiker, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

5. Outlet Terdekat

Jika Anda sedang berada di wilayah baru, misalnya di luar kota, fitur Outlet Terdekat akan membantu Anda menemukan SPBU yang paling dekat dan bisa Anda datangi untuk membeli BBM. Jadi, Anda tidak akan khawatir kehabisan bahan bakar saat di jalan atau wilayah baru. 

Sudah Tahu Cara Daftar My Pertamina?

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya sudah memahami cara daftar My Pertamina untuk membeli BBM subsidi. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan runtut, Anda tidak akan kesulitan ataupun gagal. Pastikan semua data yang Anda isi sudah sesuai supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses registrasi.

Bagi beberapa orang, mungkin kebijakan ini akan menyulitkan. Namun, tujuan Pertamina memberlakukan kebijakan seperti ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan bangsa. Apabila masih bisa untuk Anda pelajari, lakukanlah sesuai kebijakan yang berlaku sebagai bentuk dukungan dari warga negara yang bijak.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait