2 Cara Daftar Kartu Prakerja lengkap dengan Syarat dan Keuntungannya

Makin Rajin

2 Cara Daftar Kartu Prakerja lengkap dengan Syarat dan Keuntungannya

Bagi para pemuda-pemudi, bahkan para korban PHK patut sedikit berbahagia, karena mempelajari cara daftar Kartu Prakerja ini bisa sangat membantu. Melalui program bantuan pendanaan pelatihan ini, Anda bisa meningkatkan skill atau menumbuhkan kemampuan untuk membangun bisnis.

Apalagi caraya tak terlalu sulit dengan sistem bantuan pendanaan pembelajaran para peserta masih mendapatkan komisi, layaknya belajar tapi akan mendapat uang saku. Penasaran bagaimana cara daftarnya? Mari simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Sebelum mempelajari cara daftar Kartu Prakerja, ada baiknya Anda memahami program tersebut terlebih dahulu. Pada dasarnya, program ini adalah bantuan untuk pengembangan kompetensi kerja yang memiliki sasaran utama para pengangguran, pencari kerja, korban PHK, buruh, maupun fresh graduate.

Dengan pengemangan potensi tersebut, diharapkan para peserta dapat membuka peluang baru atau setidaknya mendapat skill mumpuni yang berguna di dunia kerja. Sehingga angka pengangguran dapat ditekan sebanyak mungkin. 

Walaupun sebenarnya program ini sudah lama di canangkan, namun akhirnya mulai terealisasi sejak PHK besar-besaran semasa pandemi. Demi mengurangi ketimpangan ekonomi, akhirnya program satu ini dibuat dan aktif hingga saat ini.

Dalam program ini, Anda bisa melakukan program pelatihan secara daring, sehingga Anda bisa mulai pelatihan dengan lebih mudah. Setelah pelatihan Anda akan mendapatkan skill dan juga sertifikasi yang bisa membantu membuat atau melamar pekerjaan.

Persyaratan Kartu Prakerja 

Agar dapat memudahkan pelaksanaan cara daftar Kartu Prakerja yang akan Anda pelajari. Maka, ada baiknya untuk menyiapkan dan menyesuaikan apakah Anda lolos persyaratan pendaftaran. Adapun syaratnya antara lain sebagai berikut:

  1. Karena program ini ditujukan untuk WNI, maka syarat utama yang harus Anda miliki adalah memiliki identitas diri, yakni eKTP. Dalam hal ini, Anda harus memiliki batas minimum umur 18 tahun dan selebih-lebihnya adalah 58 tahun.
  2. Anda juga harus membuktikan bahwa, Anda bukan seorang pelajar dalam pendidikan formal (SD, SMP, SMA, Kuliah).
  3. Dalam fase tidak bekerja (termasuk para pencari kerja, fresh graduate, atau korban PHK).
  4. Bukan penerima program bantuan (syarat lama saat masih pandemi).
  5. Bukan seoran pejabat atau petugas pemerintahan. Termasuk DPRD, ASN, TNI, Polisi, dan berbagai jabatan kenegaraan lain.
  6. Hanya berlaku untuk 2 nomor induk kependudukan (NIK) dalam 1 KK terdaftar.
Baca Juga:  Cara Daftar My Pertamina Cepat dan Mudah

Cara Daftar Kartu Prakerja dari Laptop

Cara pertama yang bisa Anda pelajari adalah pendaftaran dari perangkat laptop atau sejenisnya. Anda bisa jalankan dengan beberapa tahapan, mulai dari:

  • Bukalah browser di perangkat komputer yang Anda gunakan, pastikan perangkat sudah terhubung dengan internet.
  • Masukkan kata kunci Prakerja atau langsung buka URL “prakerja.go.id”.
  • Lalu, klik tombol garis tiga di bagian kanan atas dan lakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  • Dalam form pendaftaran, masukkan alamat email aktif dan buat password baru. Lalu, ulangi password untuk verifikasi. Jangan lupa untuk tekan pilihan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan” di bawah tombol.
  • Klik daftar untuk melakukan pendaftaran. Lalu, tahapan daftar berikutnya adalah login dengan akun yang Anda buat.
  • Setelah login, lengkapi data diri melalui form yang otomatis akan tampil. Anda akan diminta mengisi beberapa identitas diri secara lengkap. Setelah itu, lakukan verifikasi dengan mengunggah foto KTP dan foto diri sesuai dengan langkah yang Anda jalani.
  • Anda juga bisa memilih opsi “Gunakan Foto” untuk pengisian otomatis pada form pengisian identitas diri. 
  • Setelah langkah berhasil Anda akan diminta untuk memasukkan nomor OTP, yang akan masuk ke email yang Anda hubungkan saat pendaftaran. 
  • Untuk scan wajah, Anda hanya bisa melakukannya pada perangkat ponsel. Jadi, Anda bisa melewati tahapan ini. 
  • Setelah data diri sudah benar-benar Anda lengkapi, Anda bisa melakukan langkah peminatan dan melakukan pengujian dasar.
  • Anda hanya bisa masuk dan daftar pada saat gelombang terbuka, biasanya 2 minggu sekali. 
  • Setelah selesai klik “Gabung” dan tunggu verifikasi dan jika sudah lolos, Anda bisa melakukan kegiatan pelatihan.

Cara Daftar Kartu Prakerja dari Ponsel

Lewat cara yang tak jauh berbeda, Anda bisa mendaftarkan diri dengan perangkat ponsel pintar. Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini:

  • Buka browser lalu masukkan url “prakerja.go.id”. Lalu, Anda bisa mencari opsi “Masuk” (jika sudah memiliki akun) dan juga ”Daftar” (belum memiliki akun). 
  • Untuk metode pendaftaran sama, yakni memasukkan email dan password. Lalu, mulai dengan klik daftar.
  • Setelah berhasil terdaftar Anda akan memasukkan identitas diri. Mulai dari NIK, KK, identitas diri, nomor HP, dan beberapa informasi lainnya. 
  • Masukkan juga foto KTP, lalu foto diri. Kemudian, Anda akan melalui proses scan wajah dengan menekan tombol “Scan Wajah”. Ikuti arahan, pastikan posisi HP tetap stabil dan wajah berada di tengah layar. Kedip beberapa kali hingga proses scanning berhasil.
  • Jika langkah sudah selesai, Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor HP dengan memasukkan OTP yang dikirim ke nomor yang Anda daftarkan
  • Setelah memasukkan lahkah OTP, langkah mendaftar daftar selanjutnya adalah mengisi preferensi diri seperti melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Mulai tes dan selesaikan dengan batasan waktu yang berlaku.
  • Setelah berhasil, pastikan untuk sering melakukan pengecekan permukaan gelombang Kartu Prakerja. Anda bisa melihatnya di Instagram Prakerja.
  • Setelah gelombang terbuka segera bergabung, lalu tunggu persetujuan dan verifikasi pendaftaran Anda.
  • Jika berhasil lolos, Anda sudah bisa melakukan pendaftaran pelatihan sesuai peminatan tersebut.
Baca Juga:  Cara Daftar My Pertamina Cepat dan Mudah

Manfaat Terdaftar Menjadi Peserta Kartu Prakerja

Dengan mempelajari dan menjalankan cara daftar Kartu Prakerja, Anda bisa menerima beberapa manfaat seperti halnya:

1. Mendapatkan Intensif

Hal pertama yang bisa Anda dapatkan sudah pasti insentif pelatihan, sehingga akan menjadi modal tambahan atau sekedar menyambung hidup. Total nilai manfaat yang Anda dapatkan bahkan mencapai Rp4.200.000,00. Biaya tersebut terbagi jadi bantuan biaya pelatihan, transport atau internet, dan insentif pengisian survei.

Baca Juga:  2 Cara Daftar BPJS Kesehatan, serta Syarat dan Seluk Beluknya

2. Mendapatkan Pelatihan dan Sertifikasi

Anda bisa mendapatkan pelatihan sesuai peminatan, serta pelatihan ini bisa Anda lakukan secara online, offline, dan juga hybrid. Namun, untuk pelatihan offline dan hybrid hanya fokus pada 10 provinsi dengan 1 tahap saja. Pelatihan juga menghasilkan sertifikasi sebagai modal mencari kerja atau membuat bisnis.

3. Mengumpulkan Pengalaman

Poin penting dari ketika Anda sudah tahu cara daftar Kartu Prakerja dan menerapkannya adalah mendapatkan pengalaman walaupun hanya sekedar pelatihan. Hal tersebut pasti akan sangat berguna dalam dunia kerja atau bisnis yang akan Anda buat nantinya.

4. Mengurangi Tingkat Pengangguran

Program ini juga bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran, karena melalui skill yang meningkat akan meningkatkan peluang mendapatkan kerja. Bahkan tak menutup kemungkinan Anda juga bisa membuka bisnis dan menjadi pemilik bisnis baru dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

Sudah Tahu Cara Daftar Kartu Prakerja?

Setelah mempelajari cara daftarnya, kini Anda bisa menunggu gelombang selanjutnya terbuka. Namun, untuk pembuatan akun, Anda bisa mulai dari sekarang. Sehingga Anda bisa segera mendaftar seketika setelah pendaftaran terbuka. Gelombang selanjutnya atau yang ke-60 sendiri akan ada pada 25 Agustus 2023.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait