Cara Membuat Kesimpulan Makalah Otomatis di Word dan Tipsnya

Solaeman Nur Rahman

Cara Membuat Kesimpulan Makalah Otomatis di Word

Masih banyak pengguna Windows yang belum mengetahui cara membuat kesimpulan makalah otomatis di Word. Padahal, tutorial seperti ini akan sangat membantu ketika membuat dokumen, baik itu tugas maupun pekerjaan kantor. Dengan demikian, hal ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Terlebih bagi sebagian orang pembuatan kesimpulan membutuhkan waktu tidak sedikit. Namun, hal tersebut hanya berlaku apabila mengerjakannya secara manual. Saat ini, pengguna Ms Word bisa membuat kesimpulan secara otomatis dengan mudah tanpa banyak langkah sulit.

Tidak perlu khawatir, pengguna tidak perlu menggunakan tool tambahan kecuali dari bawaan Ms Word itu sendiri. Tutorial yang akan dijelaskan berikut ini akan sangat membantu bagi yang ingin membuat kesimpulan otomatis.

Apa Itu Kesimpulan Otomatis?

Apa Itu Kesimpulan Otomatis?

Sebelum memahami cara membuat kesimpulan makalah otomatis di Word, ada baiknya mengetahui maknanya terlebih dahulu. Pada dasarnya, kesimpulan otomatis didapatkan melalui tools yang mendukung agar semua point penting dimasukkan dalam pembahasan.

Namun, bukan berarti kesimpulan sama panjangnya dengan pembahasan secara keseluruhan. Di dunia digital yang semakin berkembang seperti saat ini, sudah ada beberapa tools yang mendukung kesimpulan otomatis.

Terlebih kesimpulan tersebut nantinya bisa disalin dan tempel langsung di Microsoft Word. Tak heran jika tutorial satu ini memang sangat membantu bagi yang sedang mengerjakan tugas.

Baca Juga:  Cara Wrap Text di Word: Gambar, Objek, dan Tabel

Jadi, tidak perlu ragu mencobanya untuk berbagai kesempatan. Baik ketika mengerjakan skripsi, makalah biasa, maupun dokumen penting lainnya.

Cara Membuat Kesimpulan Makalah Otomatis di Word

Kesimpulan yang dibuat secara otomatis tentunya dapat meringankan tugas mahasiswa maupun pelajar yang mengerjakannya. Akan ada banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat untuk mengerjakan hal lainnya. Daripada membuang banyak waktu, lebih baik membuatnya secara otomatis.

Salah satu situs yang menyediakan tool untuk membuat kesimpulan otomatis adalah EduBirdie. Kesimpulan yang dibuat bisa disalin dan ditempel ke Ms Word. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat kesimpulan otomatis Ms Word dengan EduBirdie.

  • Buka browser yang biasa digunakan di laptop/komputer lalu kunjungi situs EduBirdie.com.
  • Pada halaman awal, gulir ke bawah lalu pilih menu Tools.
  • Berikutnya klik Free Essay Writing Tools.
Berikutnya klik Free Essay Writing Tools
  • Pada menu Conclusion Generator, akan ditampilkan dua buah kolom.
  • Kolom pertama yaitu judul makalah, sedangkan kolom kedua berisi bab pembahasan makalah.
  • Selanjutnya klik Summarize.
  • Tunggu beberapa saat sampai kesimpulan otomatis muncul pada kolom tersedia.
  • Blok semua tulisan lalu Copy.
  • Paste pada dokumen Ms Word.
  • Selesai.

Cara Membuat Kesimpulan Otomatis di Word 2010

Jika seringkali bingung membuat kesimpulan, maka media online bisa menjadi solusinya. Terlebih untuk membuat kesimpulan secara manual memang membutuhkan waktu tidak sedikit. Dengan kesimpulan yang tepat, tentunya pihak lain akan lebih mudah mencerna informasi dari pembahasan.

Sebenarnya, ada berbagai macam tools pembuat kesimpulan yang bisa dimanfaatkan lalu dicopas ke Microsoft Word. Bagi yang merasa penasaran, berikut cara membuat kesimpulan makalah otomatis di Word melalui media online.

  • Buka browser terlebih dahulu lalu kunjungi situs https://www.summarygenerator.com/.
  • Buka dokumen Word berisi makalah yang ingin dibuat kesimpulannya.
  • Block seluruh teks kecuali bagian sampul, daftar isi, lampiran, dan daftar pustaka.
  • Tekan kombinasi tombol Ctrl+C untuk menyalin semua teks tersebut.
  • Kembali ke halaman Summary Generator, selanjutnya tekan Ctrl+V pada kolom yang disediakan.
  • Pastikan semua teks sudah disalin lalu klik Summarize.
  • Tunggu proses pembuatan kesimpulan otomatis selesai lalu hasilnya tinggal di-copy dan paste ke dokumen Word.
Tunggu proses pembuatan kesimpulan otomatis selesai lalu hasilnya tinggal di-copy dan paste ke dokumen Word

Kelebihan Membuat Kesimpulan Otomatis di Word

Kelebihan Membuat Kesimpulan Otomatis di Word

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan dunia digital saat ini semakin memudahkan pekerjaan manusia. Tak terkecuali untuk membuat berbagai macam dokumen, baik itu untuk pekerjaan maupun pendidikan. Saat ini, pengguna Ms Word bisa membuat kesimpulan secara otomatis.

Baca Juga:  Cara Membuat Word Art di Microsoft Word dan Settingannya

Sebenarnya, apa saja kelebihan apabila membuat kesimpulan secara otomatis.

1. Menghemat Waktu

Sebagian orang membutuhkan waktu lama untuk sekedar membuat kesimpulan. Padahal, kesimpulan bisa dibuat cepat dan mudah sehingga banyak yang mencari tutorialnya. Jika biasanya membutuhkan banyak waktu untuk sekedar membuat kesimpulan, maka saat ini hal tersebut tidak perlu dilakukan.

2. Menyangkut Keseluruhan Isi Konten

Pada dasarnya, kesimpulan merupakan hasil akhir dari topik yang dibicarakan. Artinya, kesimpulan merupakan rangkuman dari suatu permasalahan yang dibahas. Membuatnya secara otomatis bukan berarti tidak mencakup seluruh inti dari materi.

3. Tugas/Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Terkadang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan memang membutuhkan waktu dan tenaga tidak sedikit. Termasuk ketika mengerjakan suatu makalah, tentunya dengan membuat kesimpulan otomatis akan lebih terbantu.

Kekurangan Membuat Kesimpulan Otomatis

Kekurangan Membuat Kesimpulan Otomatis

Teknologi yang ada saat ini memang semakin memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun, perlu diingat bahwa tidak semuanya berdampak positif akibat berbagai kemudahan tersebut. Adapun penggunaan kesimpulan otomatis sendiri memiliki kekurangan, yaitu sebagai berikut.

1. Hasilnya Kerap Kali Rancu

Hal ini bisa seringkali terjadi apabila menyalin bagian yang tidak seharusnya di-copy. Misalnya pada bagian daftar isi dimana bagian tersebut sebenarnya tidak perlu diikutsertakan. Penting untuk memperhatikan bagian mana yang ingin dimasukkan saat hendak membuat kesimpulan otomatis.

2. Beberapa Tools Berbayar

Sayangnya, tidak semua tools untuk membuat kesimpulan otomatis itu gratis digunakan. Pengguna terkadang harus membayar biaya berlangganan untuk membuat kesimpulan otomatis agar sesuai ekspektasi. Adapun biaya berlangganan untuk tools seperti ini sebenarnya beragam dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  4 Cara Menggabungkan Shape di Word jadi Satu

3. Tidak Ada Jaminan Memuaskan

Perlu diingat bahwa membuat kesimpulan manual memang membutuhkan waktu dan tenaga lebih lama. Jika tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, cara membuat kesimpulan makalah otomatis di Word memang bisa menjadi solusi.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tools seperti ini tidak ada jaminan memuaskan. Hal ini berbeda ketika pengguna membaca isi materi secara seksama lalu menuliskan kesimpulan hasil pemikirannya sendiri. Tentunya, hasilnya terkadang berbeda dibanding kesimpulan otomatis.

4. Membutuhkan Koneksi Internet Stabil

Pada dasarnya, membuat kesimpulan secara otomatis memang membutuhkan tools yang bisa diakses secara online.

Oleh karena itu, pastikan koneksi internet yang digunakan memang cukup stabil. Hal ini semata-mata agar hasil kesimpulan bisa muncul dengan tepat dan isinya sudah sesuai dengan materi pembahasan.

Tips Membuat Kesimpulan Otomatis di Word

Tips Membuat Kesimpulan Otomatis di Word

Membuat kesimpulan otomatis memang akan sangat membantu, namun pastikan untuk melakukannya dengan tepat. Terlebih bagi yang sudah terbiasa membuat kesimpulan manual sendiri, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Pilih Tool yang Kredibel

Semakin banyak tool online yang menyediakan fitur untuk membuat kesimpulan otomatis. Namun, pastikan untuk memilih tool kredibel saja agar hasilnya juga cukup bagus.

2. Tidak Perlu Copy Semua Bagian

Perlu diingat bahwa pengguna tidak perlu copy semua bagian materi untuk dicari kesimpulannya. Terkadang ada beberapa bagian yang memang tidak perlu disalin untuk mendapatkan kesimpulan yang sesuai.

Cara membuat kesimpulan makalah otomatis di Word membutuhkan tool yang sesuai dan bisa diandalkan. Jika kesimpulan sudah ada, maka selanjutnya tinggal menyalinnya ke Microsoft Word pada dokumen yang sudah dikerjakan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait