4 Cara Menggabungkan Shape di Word jadi Satu

Solaeman Nur Rahman

Cara Menggabungkan Shape di Word (Lengkap!)

Salah satu fitur yang ada di dalam Microsoft Word adalah shape. Umumnya, pengguna Word memakai fitur ini untuk menggambar beberapa bentuk seperti bintang, kotak, maupun bentuk-bentuk unik lainnya yang sesuai kreativitasnya. Lantas, bagaimana cara menggabungkan shape di Word yang benar?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggabungkan beberapa shape dalam Word menjadi satu. Metode penggabungan ini nantinya dapat memudahkan para pengguna ketika ada sejumlah shape yang harus dipindah secara lebih rapi.

Maka dari itu, orang-orang yang sering menggunakan aplikasi ini untuk mengerjakan tugasnya harus mengetahui secara jelas tentang cara menggabungkan shape di Word yang benar. Namun, sebelum kita membahas tentang hal itu, kami akan membahas tentang pengertian dan fungsinya terlebih dahulu.

Apa Itu Shape Tool di Microsoft Word?

Apa Itu Shape Tool di Microsoft Word?

Setiap fitur yang ada di Microsoft Word memiliki berbagai fungsinya masing-masing, tak terkecuali fitur shape tool yang satu ini. Shape tool merupakan alat dalam Microsoft Word yang dapat digunakan untuk menggambar maupun membuat bentuk yang dapat dimasukkan ke suatu dokumen tertentu.

Ada berbagai jenis bentuk yang tersedia di fitur ini, sebut saja seperti garis, bintang, lingkaran, kotak, persegi panjang, dan lain sebagainya. Umumnya, orang-orang menggunakan bentuk seperti ini dalam dokumennya untuk menyampaikan pesannya secara visual agar bisa lebih mudah dimengerti.

Fitur ini tidak hanya bisa digunakan untuk menggambar suatu bentuk tertentu saja, tapi juga bisa digunakan untuk menggambar garis atau batas yang ada di sekitar teks. Maka dari itu, para pengguna Microsoft Word harus mengetahui tentang fitur ini dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:  3 Cara Menambah Kertas Baru di Word PC dan HP

Fungsi Shape Tool di Microsoft Word

Fungsi Shape Tool di Microsoft Word

Sebelum membahas tentang cara menggabungkan beberapa shape di Word, kami juga akan membahas tentang fungsi dari fitur ini. Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, fungsi utama dari fitur ini adalah untuk menggambar suatu bentuk tertentu yang dapat dimasukkan ke dokumen.

Nantinya, fitur ini dilengkapi dengan berbagai bentuk yang unik dan dapat digunakan oleh para penggunanya secara bebas. Keberadaan berbagai bentuk unik yang tersedia di dalam fitur ini dapat membuat kalian lebih mudah untuk memilih salah satu di antaranya.

Biasanya, fitur shape tool ini juga sering digunakan oleh beberapa guru yang ingin menyampaikan materi pelajarannya secara lebih menarik. Sebab, sebagian besar murid akan lebih mudah paham ketika materi pelajaran disampaikan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan menggunakan fitur yang satu ini, kamu bisa memasukkan berbagai bentuk yang berbeda ke dalam dokumen Microsoft Word. Bahkan, bagian dalam kotak tersebut juga bisa diisi dengan beberapa teks yang sesuai kebutuhan kalian.

Cara Menggabungkan Shape di Word Menjadi Satu

Meskipun fitur ini sudah sering digunakan oleh beberapa pengguna Microsoft Word, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu bagaimana cara menggabungkan shape di Word yang benar.

Maka dari itu, di sini kami akan membagikan informasi terkait cara membuat dan menggabungkan shape dalam Microsoft Word, yaitu:

1. Cara Membuat Shape di Microsoft Word

Sebelum membahas tentang cara menggabungkan dua shapes di Word yang baik dan benar, kamu juga perlu tahu tentang bagaimana cara membuat shape di aplikasi ini. Pada dasarnya, salah satu fitur dalam Microsoft Word ini bisa digunakan dengan sangat mudah.

Untuk dapat membuat suatu bentuk dalam dokumen Microsoft Word, kamu bisa melakukan beberapa cara yang ada di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka lembar kerja baru dalam Microsoft Word atau dokumen yang akan ditambahkan suatu bentuk tersebut.
  • Kemudian, pada bagian atas aplikasi tersebut akan ada menu bar yang bertuliskan “Insert” dan kamu bisa menekan opsi tersebut.
  • Jika sudah, klik opsi “Shapes” yang ada di samping kanan opsi “Pictures” dan di bagian atas opsi “Icons”.
Jika sudah, klik opsi “Shapes” yang ada di samping kanan opsi “Pictures” dan di bagian atas opsi “Icons”.
  • Sampai di sini, kamu bisa memilih salah satu bentuk yang tersedia di opsi tersebut. Pastikan untuk memilih bentuk yang paling sesuai dengan kebutuhan, agar keberadaan bentuk itu tidak mengganggu tampilan dokumen tersebut.
  • Setelah itu, klik tombol kiri pada mouse dan tahan serta tarik bentuk tersebut hingga ke lembar kerja Microsoft Word.
  • Selesai.
Baca Juga:  6 Cara Memunculkan Ribbon di Word dengan Cepat

2. Cara Menggabungkan Shape di Word

Tidak semua orang dapat menggabungkan beberapa bentuk dalam Word dengan rapi dan mudah. Maka dari itu, mereka harus tahu bagaimana cara menggabungkannya yang tepat agar tetap rapi dan tidak berantakan.

Berikut adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menggabungkan beberapa shape menjadi satu secara rapi dan mudah, yaitu:

  • Pertama-tama, kamu perlu menekan tombol “CTRL” bersamaan dengan beberapa shape yang ingin digabungkan terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik tombol kanan mouse pada shape tersebut dan pilih opsi “Grouping – Group”. Pastikan kamu tidak salah menekan opsi yang lain.
Kemudian, klik tombol kanan mouse pada shape tersebut dan pilih opsi “Grouping – Group”. Pastikan kamu tidak salah menekan opsi yang lain.
  • Dengan melakukan langkah yang ada di atas, maka semua shape yang ada dalam dokumen dapat tergabung secara otomatis.
  • Selesai.

3. Cara Menambah Tulisan pada Shape Microsoft Word

Shape dalam Microsoft Word tidak hanya bisa digunakan sebagai gambar saja, tapi juga bisa diisi dengan berbagai teks yang bermanfaat. Untuk menambahkan elemen tulisan dalam shape ini, caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol kanan mouse pada bagian shape yang akan diisi dengan suatu tulisan tertentu. Lakukan tahapan ini secara satu per satu jika kamu hendak menambahkan tulisan pada semua shape.
  • Kemudian, klik opsi “Add Text” dan masukkan teks ke kolom bentuk tersebut. Nantinya, bentuk dan warna tulisan ini bisa diubah sesuai kebutuhan.
Kemudian, klik opsi “Add Text” dan masukkan teks ke kolom bentuk tersebut. Nantinya, bentuk dan warna tulisan ini bisa diubah sesuai kebutuhan.
  • Untuk mengubah bentuk maupun warna tulisan dalam shape, kamu bisa melihat menu “Shape Styles” dan pilih salah satu desain teks yang paling sesuai kebutuhan.
  • Selesai.
Baca Juga:  3 Cara Membuat Piramida di Word Simple dan 3Dimensi, Rapi Lho!

4. Cara Memasukkan Gambar pada Shape Microsoft Word

Tidak hanya cara menggabungkan shape di Word saja yang perlu kamu tahu, tapi kamu juga perlu tahu tentang bagaimana cara memasukkan gambar pada shape di Microsoft Word yang tak lain adalah:

  • Buka aplikasi Microsoft Word dan klik menu “Ribbon” serta “Insert” untuk masuk ke menu “Ilustrasi”.
  • Kemudian, klik opsi “Pictureyang ada di dalam menu tersebut dan pilih salah satu gambar yang akan ditambahkan ke dalam shape dokumen.
  • Setelah itu, klik tombol “Insertdan gambar itu langsung terpasang secara otomatis di dalam dokumen Word.
  • Atur terlebih dahulu ukuran dari gambar tersebut, agar sesuai dengan ukuran bentuknya. Selain itu, kamu juga perlu mengatur tingkat kecerahannya dengan baik.
  • Jika sudah, klik pada bagian gambar dan aktifkan tab Format” serta pilih opsi “Picture Shape”.
Jika sudah, klik opsi “Shapes” yang ada di samping kanan opsi “Pictures” dan di bagian atas opsi “Icons”.
  • Lalu pilih bentuk “Shape” dan gambar itu bisa langsung berpindah ke bagian bentuk yang dipilih tersebut.
  • Selesai.

Dengan melihat penjelasan yang ada di atas dapat dipastikan bahwa cara menggabungkan shape di Word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jadi, tidak perlu khawatir kamu akan mengalami kesulitan ketika hendak melakukan aktivitas yang satu ini.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait