Cara Membuat Undangan Tahlil di Word dan Contohnya

Solaeman Nur Rahman

Cara Membuat Undangan Tahlil di Word dan Contohnya

Cara membuat undangan tahlil di Word banyak dicari, terutama bagi yang sedang berduka karena anggota keluarganya yang meninggal. Pada budaya masyarakat Indonesia memang tahlilan adalah salah satu hal yang akan dilakukan oleh masyarakat muslim. Acara tersebut dilakukan ketika ada orang yang meninggal dan dilakukan pada malam hari.

Bagi pihak keluarga yang ditinggalkan, saat harus melakukan tahlilan biasanya juga membuat undangannya. Untuk melakukan hal tersebut kemudian biasanya memasang pada jasa percetakan undangan atau membuatnya sendiri. Kalau ingin membuat undangan tahlilan sendiri sebenarnya bisa dilakukan di Microsoft Word dan akan dijelaskan disini.

Apa itu Undangan Tahlilan?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat undangan tahlil di Word, mungkin penting juga untuk mengetahui apa pengertian tahlilan itu sendiri. Tahlilan adalah sebuah acara keagamaan yang dikhususkan memperingati wafatnya seorang muslim.

Di Indonesia sendiri, acara tahlilan umumnya diadakan secara berkala dan Pangeran Antang waktu dari hari pertama sampai ketujuh kematian. Berikutnya, kembali dilanjutkan di hari ke-40, hari ke 100, sampai setahun dan 3 tahun.

Di sini akan dijelaskan tentang bagaimana contoh pembuatan undangan tahlilan di Microsoft Word. Ada banyak jenis undangan baik memperingati 7 hari meninggal, 40, 100 sampai 1000 hari. Tapi pada prinsipnya, semua format undangannya sama karena hanya berbeda di beberapa bagian saja.

Bagian-Bagian Surat Undangan Tahlilan

Bagian-Bagian Surat Undangan Tahlilan

Dalam membuat cara membuat undangan tahlil di Word, memang tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan saja. Ada beberapa bagian-bagian yang harus disertakan seperti berikut:

  • Kepala surat: Bagian ini berisi informasi tentang penyelenggara acara, seperti nama keluarga yang mengundang dan alamat mereka.
  • Tanggal: Tanggal penulisan surat undangan tahlilan.
  • Salam pembuka: Salam atau kalimat pembuka yang sopan, seperti Assalamualaikum atau Salam sejahtera.
  • Kata pengantar: Bagian ini berisi pesan singkat yang menjelaskan tujuan dan makna acara tahlilan yang akan diadakan.
  • Detail acara: Bagian ini mencantumkan tanggal, waktu, dan tempat acara tahlilan, termasuk alamat lengkap dan petunjuk jika diperlukan.
  • Doa-doa dan bacaan: Bagian ini dapat mencantumkan doa-doa dan bacaan yang akan dilakukan selama acara tahlilan.
  • Instruksi khusus: Jika ada instruksi khusus, seperti dress code atau permintaan khusus, bagian ini akan mencantumkannya.
  • Penutup: Bagian penutup yang berisi harapan atau ucapan terima kasih kepada penerima undangan yang diharapkan hadir dalam acara tahlilan.
  • Nama penyelenggara: Nama atau tanda tangan dari penyelenggara acara tahlilan.
  • Informasi kontak: Informasi kontak yang dapat dihubungi jika penerima undangan memiliki pertanyaan atau perlu konfirmasi.
Baca Juga:  3 Cara Membuat 1 Halaman Menjadi 4 Bagian di Word

Cara Membuat Undangan Tahlil di Word Tanpa Template

Microsoft Word memang menjadi salah satu software yang serbaguna untuk membuat berbagai dokumen maupun undangan. Salah satu hal yang dapat dibuat yaitu undangan tahlilan juga. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Microsoft Word.
  • Pilih File di pojok kiri atas dan pilih New atau Blank document untuk membuat dokumen baru.
  • Pilih Layout di menu atas dan pilih Orientation untuk memilih apakah kamu ingin undangan berorientasi potret (portrait) atau lanskap (landscape).
Pilih Layout di menu atas dan pilih Orientation untuk memilih apakah kamu ingin undangan berorientasi potret (portrait) atau lanskap (landscape)
  • Pilih Size di menu atas dan pilih ukuran kertas yang sesuai untuk undangan tahlil, seperti A4 atau Letter.
  • Pilih Page Color di menu atas jika ingin mengubah warna latar belakang undangan. Kamu juga dapat memilih variasi warna atau mengatur warna kustom.
  • Pilih Insert di menu atas untuk menambahkan elemen-elemen ke undangan. Misalnya, kamu dapat memilih Text Box untuk menambahkan kotak teks tempat kamu akan menuliskan detail undangan.
Pilih Insert di menu atas untuk menambahkan elemen-elemen ke undangan. Misalnya, kamu dapat memilih Text Box untuk menambahkan kotak teks tempat kamu akan menuliskan detail undangan
  • Gunakan alat pengeditan teks di Word untuk mengatur format dan gaya teks. Kamu dapat mengubah font, ukuran, warna, dan atribut teks lainnya.
  • Tambahkan informasi penting seperti tanggal, waktu, dan tempat tahlil dengan mengetikkan atau menyalin dan menempelkan teks ke dalam kotak teks yang telah kamu buat.
  • Pilih Insert lagi untuk menambahkan elemen-elemen tambahan seperti gambar, garis, atau hiasan lainnya. Pilih Pictures untuk menyisipkan gambar dari komputer.
  • Jika ingin menggunakan template undangan yang sudah ada, kamu juga dapat mencari template undangan tahlil di Word atau mengunduh template undangan dari sumber daya online yang tersedia secara gratis.
  • Setelah undangan tahlil sudah selesai, pastikan untuk menyimpan dokumen kamu dengan memilih File dan kemudian Save atau Save As.
Baca Juga:  Cara Copy Format di Word Agar Sama Persis dan Rapi

Cara Membuat Undangan Tahlil di Word Menggunakan Template

Membuat undangan tahlilan juga bisa dilakukan dengan template yang tersedia di Microsoft Word. Jadi, kamu tidak perlu harus menyeting secara manual perihal undangan yang dibuat dan hanya menambahkan beberapa elemen penting saja. Untuk langkah-langkahnya, bisa diikuti berikut ini:

  • Bukalah aplikasi Microsoft Word di laptop maupun komputer.
  • Berikutnya, bisa membuka menu file yang ada di sudut kiri atas layar.
  • Lalu, pilih pada new document namun jangan klik pada blank dokumen.
  • Kamu dapat mencoba sejumlah template yang ada di sana.
  • Pada Microsoft Word versi yang terbaru bisa klik pilihan invitation.
  • Kalau sudah memilih salah satunya, maka lembar kerja di Microsoft Word, akan disesuaikan dengan template yang telah dipilih.
Kalau sudah memilih salah satunya, maka lembar kerja di Microsoft Word, akan disesuaikan dengan template yang telah dipilih
  • Lalu, di Word kamu bisa menambahkan berbagai hal mulai dari gambar, ornamen-ornamen sampai kata-kata yang terkait dengan tahlilan.
  • Jika sudah selesai, klik save supaya dokumen berhasil disimpan.

Fungsi Surat Undangan Tahlil

Fungsi Surat Undangan Tahlil

Cara membuat undangan di Word dan surat undangan tahlilan memang memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi pihak yang mengadakan acara. Berikut beberapa fungsi tersebut:

1. Menginformasikan Acara

Fungsi utama surat undangan tahlilan adalah untuk menginformasikan kepada penerima undangan tentang acara tahlilan yang akan diadakan. Surat tersebut mencantumkan tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaan acara, sehingga penerima undangan dapat mempersiapkan diri dan hadir tepat waktu.

Baca Juga:  Cara Membagi 3 Bagian di Word, 1 Halaman Jadi 3 Kolom

2. Mengundang Partisipasi

Surat undangan tahlilan juga berfungsi untuk mengundang partisipasi penerima undangan dalam acara tersebut. Dengan mengirimkan undangan secara formal, penyelenggara berharap penerima undangan akan menghadiri tahlilan dan ikut serta dalam doa bersama untuk orang yang telah meninggal.

3. Memberikan Informasi Rinci

Surat undangan tahlilan memberikan informasi rinci tentang tujuan acara, seperti mengenang atau mendoakan orang yang telah meninggal.

Surat ini juga dapat mencantumkan informasi tambahan, seperti doa-doa yang akan dibaca, penjelasan tentang tahlilan, dan instruksi khusus, misalnya tentang dress code atau kebutuhan khusus.

4. Menghormati dan Menghargai

Mengirimkan surat undangan tahlilan menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada penerima undangan. Dengan mengundang mereka secara formal, penyelenggara menunjukkan bahwa penerima undangan dianggap penting dan diharapkan untuk turut serta dalam acara tersebut.

5. Membangun Solidaritas dan Dukungan

Surat undangan tahlilan juga dapat berfungsi sebagai alat untuk membangun solidaritas dan dukungan dari keluarga, teman, dan kerabat yang dekat.

Melalui kehadiran mereka dalam acara tahlilan, penyelenggara dan keluarga yang ditinggalkan dapat merasakan dukungan emosional dan spiritual dari orang-orang terdekat mereka.

Contoh Undangan Tahlilan Word

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat undangan tahlil di Word, mungkin kamu ingin segera mempraktekkannya. Namun, mungkin juga bingung bagaimana contoh desain dan kata-kata yang dibuat. Untuk memudahkan kamu, berikut salah satu gambar contohnya.

Contoh Undangan Tahlilan Word

Dari desain undangan di atas, kamu bisa mengkreasikannya sesuai dengan kata-kata yang diinginkan. Bisa untuk mendengar tanggal 3 hari, 7 hari, 100 hari dan seterusnya. Kamu juga bisa mencari contoh desain yang banyak tersedia di internet maupun pada template di Word.

Cara membuat undangan tahlil di Word yang telah dijelaskan, bisa mulai dipraktekkan masing-masing. Perhatikan juga detail dan kata-katanya supaya tidak ada yang salah baik itu dalam pengetikan nama almarhum, alamat, tanggal, dan lain-lain. Semoga bermanfaat!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait