4 Cara Memunculkan Navigasi di Word 2007, 2010, 2013, 2016, dll

Solaeman Nur Rahman

Microsoft Word memiliki fitur Navigation Pane, memungkinkan pengguna bisa pindah halaman atau judul heading dengan mudah. Jadi, tidak perlu lagi menggulir sampai bawah karena bisa dicari secara langsung. Lalu, bagaimana cara memunculkan navigasi di Word?

Di peraturan bawaan, Navigation Pane akan sudah muncul di Word, dan akan hilang ketika ditutup. Kabar baiknya, kamu bisa memunculkan Navigation Pane di melalui pengaturan Word. Jangan khawatir, cara memunculkannya mudah saja, kamu bisa pelajari langkah-langkahnya di bawah ini.

Fungsi Panel Navigasi Microsoft Word

Fungsi Panel Navigasi Microsoft Word

Panel navigasi Word bisa kamu munculkan atau aktifkan dengan mudah. Berkat fitur ini, kamu bisa menjelajahi dokumen Word yang kamu buat dengan cepat. Pasalnya, kamu bisa mencari dengan spesifik halaman atau judul heading yang ingin kamu temukan.

Menggunakan panel navigasi ini pun sangat disarankan, daripada mencari lembar dokumen Word secara manual. Maksud manual di sini adalah mencari halaman dokumen Word spesifik hanya dengan menggulir dengan mouse dan semacamnya.

Jika kamu berencana menggunakan Word dalam waktu yang lama, alias menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari, wajib tahu kiat-kiat seperti ini. Jadi, kamu bisa memanfaatkan dan menggunakan Microsoft Word dengan maksimal.

Cara Memunculkan Navigasi di Word

Cara memunculkan navigasi di Word 2007, 2010 dan di versi Word yang lebih baru sangat mudah. Kalau kamu baru saja menggunakan Word, tidak perlu khawatir, karena menu untuk mengaktifkan panel navigasi ini bisa kamu akses di toolbar.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Tanda Tangan ke Word di PC atau HP dan Merapikannya

Nah, sekarang ini kami akan membahas bagaimana cara memunculkan navigasi di Word, lengkap mulai dari Word 2007, 2010 atau yang lebih baru. Sebaiknya, perhatikan tutorial di bawah ini agar bisa melakukannya sendiri nantinya.

1. Memunculkan Navigasi di Word 2007

Apakah kamu masih menggunakan Office 2007? Sekarang memang sudah ada Office 2019, namun sebagian orang masih nyaman dengan Word 2007. Meski fitur-fiturnya tidak se-update versi terbaru, namun masih sama dari  segi fungsinya.

Cara memunculkan navigasi di Word 2007 sangat mudah kok, kamu bisa mengakses menunya di toolbar.

  • Buka Microsoft Word 2007.
  • Setelah lembar kerja Word baru terbuka, klik Tampilan lalu centang di Peta Dokumen.
Setelah lembar kerja Word baru terbuka, klik Tampilan lalu centang di Peta Dokumen.
  • Setelahnya akan muncul panel navigasi, kamu bisa cari halaman Word yang kamu inginkan.
  • Untuk menghilangkan atau menonaktifkan panel navigasi, silakan hapus centang di Peta Dokumen, atau klik X di jendela panel navigasi.

2. Memunculkan Navigasi di Word 2010

Sebenarnya, cara memunculkan navigasi di Word 2007 dan 2010 tidak jauh berbeda, kamu bisa mengakses menu tersebut di tab View atau Tampilan. Caranya mengaktifkan dan menonaktifkannya pun sama-sama mudah, karena kamu cukup mencentang opsi panel navigasi.

Agar lebih jelas dan mudah paham, silakan cek tutorialnya di bawah ini :

  • Buka Microsoft Word 2010.
  • Buka dokumen yang ingin kamu cari dengan fitur navigasi.
  • Setelah dokumen tersebut terbuka, klik View dan aktifkan Navigation Panel.
Setelah dokumen tersebut terbuka, klik View dan aktifkan Navigation Panel.
  • Setelahnya akan muncul jendela navigasi, manfaatkan untuk mencari halaman dokumen sesuai kebutuhan.

Dengan fitur panel navigasi di atas, dokumen yang berisi ratusan bahkan ribuan lembar bisa kamu cari dalam beberapa detik. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat, disarankan untuk menggunakan kata kunci yang lebih spesifik dan panjang.

Baca Juga:  7 Cara Mengatasi File Word yang Tidak Bisa Dibuka (Ampuh)

3. Memunculkan Navigasi di Word yang Lebih Baru (2013, 2016, 2019)

Cara memunculkan navigasi di Word 2019, 2013 atau 2016 juga sama mudahnya, bahkan hampir sama dengan versi Word yang lebih lama.

  • Pertama, buka dokumen yang ingin kamu telusuri.
  • Setelah dokumen terbuka, klik Tampilan dan centang opsi Panel Navigasi.
Setelah dokumen terbuka, klik Tampilan dan centang opsi Panel Navigasi.
  • Setelahnya jendela navigasi akan muncul, dan cari judul atau halaman yang kamu inginkan.
  • Kamu bisa menghilangkan centang atau klik X di jendela navigasi untuk menutupnya.
  • Selesai.

Cara Memunculkan Navigasi di Word dengan Keyboard

Jika menurutmu cara di atas terlalu ribet, kamu bisa kok menggunakan kombinasi tombol keyboard untuk memunculkan navigasi. Jangan khawatir, kamu tidak perlu menggunakan tombol navigasi yang ribet, hanya perlu menekan dua tombol secara bersamaan saja.

Cek penjelasannya di bawah ini :

  • Pertama, buka dokumen yang ingin kamu telusuri.
  • Setelah dokumen terbuka, langsung tekan CTRL + F di keyboard.
Setelah dokumen terbuka, langsung tekan CTRL + F di keyboard.
  • Nanti akan muncul jendela navigasi di sisi kiri layar komputer/laptop.
  • Selanjutnya cari bagian dokumen yang kamu inginkan, berdasarkan kata, halaman atau heading.

Selain mencari halaman dan judul/heading, kamu pun bisa mencari hal lainnya seperti tabel, grafis, rumus, catatak kaki, komentar dan lain sebagainya. Jadi, semua elemen di dokumen tersebut bisa ditemukan dengan mudah, tidak perlu mencarinya per halaman yang sangat lama.

Cara Menggunakan Panel Navigasi di Word

Lalu, bagaimana cara menggunakan panel navigasi di Word? Tentunya mudah, meski belum banyak pengguna yang tahu bagaimana caranya. Sebagai informasi, selain untuk mencari dan menelusuri dokumen Word dengan mudah, kamu pun bisa menggunakan fungsi lainnya yang tidak kalah bermanfaat.

Pertama, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan panel navigasi di Word, yaitu :

  • Aktifkan atau munculkan panel navigasi di Word, bisa klik View > Navigation Panel atau tekan CTRL + F di keyboard.
  • Setelah muncul panel navigasi, klik Headings/Judul atau Pages/Halaman untuk mencari judul atau halaman yang kamu inginkan.
Setelah muncul panel navigasi, klik Headings:Judul atau Pages:Halaman untuk mencari judul atau halaman yang kamu inginkan.
  • Jika ingin mencari hal lainnya, bisa klik tanda panah ke bawah di samping ikon pencarian, dan pilih gambar, grafis, rumus atau catatan kaki.
  • Setelah memasukkan kata kunci, Word akan memroses permintaan.
  • Jika sudah, nanti akan muncul halaman atau judul sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan, biasanya di-highlight dengan warna kuning.
  • Selesai, kamu sekarang bisa menemukan dokumen tersebut dengan cepat, hanya butuh beberapa detik saja.
Baca Juga:  Cara Membuat Baris Baru di Word & Membuat Inden Otomatis

Cara Menggunakan Find & Replace Panel Navigasi

Kamu juga menemukan fitur Find & Replace di panel navigasi, memudahkanmu menemukan kata-kata yang salah dan menggantinya dengan kata-kata yang benar. Prosesnya sangat instan, jadi kamu tidak perlu mengganti satu per satu.

Fitur ini memang sangat memudahkan, khususnya ketika kamu salah ketik lebih dari satu kali. Tentunya, akan sangat merepotkan jika mengganti kata yang salah tersebut secara manual, maka dari itu disarankan untuk menggunakan fitur Find & Replace.

Caranya :

  • Aktifkan panel navigasi di Word, bisa klik View > Navigation Panel  atau CTRL + F di keyboard.
  • Setelahnya masukkan keyword atau kata-kata yang salah ketik, dan tekan Enter untuk melihat hasilnya.
  • Setelah ketemu semuanya, klik tanda panah ke bawah di samping ikon pencarian, dan klik Replace.
Setelah ketemu semuanya, klik tanda panah ke bawah di samping ikon pencarian, dan klik Replace.
  • Berikutnya ganti kata yang salah dengan kata yang benar, dan klik Replace All > OK.
  • Selesai.

Cara memunculkan navigasi di Word semua versi tidak jauh berbeda, bisa melalui toolbar atau dengan kombinasi tombol keyboard. Dengan fitur ini, kamu bisa menelusuri dan mencari bagian dokumen hanya dalam beberapa detik.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait